Bentrokan Bagdad 2021

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bentrokan Baghdad 2021
Bagian dari Krisis politik Irak 2021–2022
Zona Hijau, Baghdad
Tanggal5 November 2021
LokasiZona Hijau, Baghdad, Iraq
Sebab
  • Hasil dari Pemilu Irak 2021
  • Partai-partai pro-Iran kehilangan kursi di parlemen Irak
Tujuan
  • Penghitungan suara pemilu
  • Partai-partai Pro-Iran mendapatkan kembali kursi yang hilang
  • Pertahankan pengaruh Iran di Irak
Metode
Hasil
Pihak terlibat
Tokoh utama
IrakBerkas:Hashd Al-Sha'abi flag.svg Kepemimpinan yang tidak terpusat
Jumlah korban
2 terbunuh; 125 luka-luka
0 terbunuh; 9 luka-luka

Bentrokan Baghdad 2021 adalah konflik sipil antara pengunjuk rasa Irak dan pasukan keamanan Irak setelah pemilihan Irak 2021. Para pengunjuk rasa merupakan pendukung milisi dan partai politik yang didukung Iran.[1] Bentrokan tersebut menyebabkan lebih dari 125 orang terluka dan 2 orang tewas.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Kekerasan dipicu oleh hasil pemilihan umum Irak 2021 yang berlangsung pada Oktober. Pendukung kelompok pro-Iran, yang mengalami kerugian besar dalam jajak pendapat, mencoba menyerbu Zona Hijau. Mereka melemparkan batu ke pasukan keamanan, yang menembakkan gas air mata ke udara untuk membubarkan kerumunan. Para pengunjuk rasa sebagian besar adalah orang-orang yang berafiliasi dengan milisi yang didukung Iran dan partai politik Pro-Iran. Beberapa milisi tersebut adalah Kata'ib Hizbullah, Asaib Ahl al-Haq, Organisasi Badar (sayap milisi), Kata'ib al-Imam Ali dan Quwat al-Shaheed al-Sadr (sayap milisi Partai Dakwah Islam), yang semuanya bagian dari PMF. Beberapa partai politik tersebut adalah Partai Dakwah Islam, dan Aliansi Fatah, yang meliputi Organisasi Badr (sayap politik), Blok Al-Sadiqoun (sayap politik Asa'ib Ahl al-Haq), dan masih banyak lagi. Aliansi Fatah adalah sekutu dekat PMF.[2][3][4][5]

Bentrokan[sunting | sunting sumber]

Hal ini merupakan bentrokan besar pertama di Irak sejak pemilihan. Para pengunjuk rasa melemparkan batu dan mencoba menyerbu ke Zona Hijau, sebuah daerah di Baghdad yang menampung semua gedung pemerintah dan kedutaan. Para pengunjuk rasa melemparkan proyektil dan memblokir semua akses ke Zona Hijau, sampai polisi mendorong mereka keluar. Polisi menembaki para pengunjuk rasa dan menyerang dengan gas air mata. Pasukan keamanan dituduh membakar tenda yang didirikan oleh pengunjuk rasa.[6]

Akibat[sunting | sunting sumber]

Bentrokan tersebut menyebabkan 125 orang luka-luka dan dua orang tewas. 21 pengunjuk rasa terluka karena menghirup asap dan sembilan petugas polisi terluka karena dilempari batu.[7] Perdana Menteri Mustafa Al-Kadhimi memerintahkan penyelidikan penuh atas peristiwa tersebut, sementara Presiden Barham Salih menyerukan agar menahan diri. Nouri Al-Maliki, mantan Perdana Menteri Irak, mengatakan di Twitter bahwa "para pengunjuk rasa 'mengklaim hak-hak mereka yang sah', tetapi seharusnya tidak memicu kekerasan dan seharusnya menghindari memprovokasi pasukan keamanan sejak awal". Qais al-Khazali, pemimpin Asaib Ahl al-Haq yang didukung Iran, mengutuk kekerasan itu dan mendesak keadilan bagi para demonstran yang terluka. Dalam kata-kata Khazali sendiri, “Siapa pun mereka, mereka harus bertanggung jawab”, merujuk pada pasukan keamanan.[8]

Dua hari kemudian pada 7 November, upaya pembunuhan dilakukan terhadap Perdana Menteri Mustafa Al-Kadhimi melalui serangan pesawat tak berawak. PM selamat dari serangan itu tanpa cedera tetapi mengakibatkan enam pengawalnya terluka. Pasukan keamanan menembaki demonstran, yang menyebabkan setidaknya dua kematian. Upaya pembunuhan itu terkait dengan protes ini, sebagai sumber milisi yang meminta untuk tetap anonim mengatakan itu dilakukan oleh milisi Syiah, kemungkinan besar Kataib Hezbollah atau Asaib Ahl al-Haq. Senjata yang digunakan dalam upaya pembunuhan itu dibuat di Iran.[5][9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Iraq ministry: Scores injured in rally over election results". WTOP News. 5 November 2021. 
  2. ^ Arab, The New. "Iraqi militias and PM Abadi to contest general election separately". alaraby (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 January 2018. 
  3. ^ "IRAQI PM SIGNS ELECTORAL PACT WITH SHIA-LED COALITION FOR MAY ELECTIONS". nrttv. 14 January 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2018. Diakses tanggal 14 January 2018. 
  4. ^ "Backers of Iran-linked militias try to storm Baghdad's Green Zone after election losses". Washington Post (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 6 November 2021. 
  5. ^ a b Reuters (2021-11-08). "Iran-backed militia staged drone attack on Iraqi PM - officials". Reuters (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-11-08. 
  6. ^ "2 protesters rejecting Iraqi election results killed in clash in central Baghdad". www.news.cn. 
  7. ^ "Baghdad clashes hurt 30 as Iran-aligned parties dispute Iraq vote". The Jerusalem Post | JPost.com. 
  8. ^ "More than 100 injured as police clash with pro-Iran groups in Baghdad". The National. 5 November 2021. 
  9. ^ "Iraqi PM al-Kadhimi survives drone attack on his home". BBC News. 7 November 2021. 
  10. ^ Davison, John; Rasheed, Ahmed (7 November 2021). "Iraqi PM safe after drone attack on residence, military says". Reuters. Reuters. Diakses tanggal 7 November 2021.