Benda Kecil Tata Surya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
951 Gaspra, adalah salah sebuah Benda Kecil Tata Surya dalam sabuk asteroid, berukuran panjang sekitar 18 km (foto oleh Wahana Galileo)

Benda Kecil Tata Surya (bahasa Inggris: Small Solar System Body) adalah istilah yang didefinisikan pada 2006 oleh Persatuan Astronomi Internasional untuk menyebut benda-benda dalam Tata Surya yang bukan planet atau planet katai:

Semua benda lain yang mengorbit Matahari akan dirujuk secara bersama-sama sebagai "Benda Kecil Tata Surya" ... Benda-benda tersebut saat ini termasuk kebanyakan asteroid, kebanyakan Obyek Trans-Neptunus, komet, dan semua benda kecil.[1]

Definisi ini meliputi pula seluruh semua planet minor selain yang didefinisi ulang sebagai planet katai, yaitu:

Distribusi centaur dan obyek-obyek trans-Neptunus

Saat ini tidak begitu jelas apakah pada masa depan ikatan dengan ukuran lebih kecil akan ditetapkan sebagai bagian dari definisi Benda Kecil Tata Surya, atau akan mencakup semua material hingga ukuran meteoroid, benda-benda mikroskopik terkecil yang mengorbit Matahari. (Pada level mikroskopik terdapat obyek-obyek seperti debu antar planet, partikel-partikel angin surya dan partikel-partikel hidrogen bebas.)

Kecuali untuk yang besar-besar yang berada dalam kesetimbangan hidrostatis, satelit alami berbeda dari Benda Kecil Tata Surya bukan dalam ukuran, melainkan dalam orbitnya. Orbit-orbit satelit alami tidak berpusat mengelilingi Matahari tetapi mengelilingi obyek-obyek Tata Surya seperti planet, planet katai, dan bahkan Benda Kecil Tata Surya itu sendiri.

Beberapa Benda Kecil Tata Surya berukuran besar mungkin akan diklasifikasi ulang pada masa depan sebagai planet katai, menunggu penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan apakah mereka berada dalam kesetimbangan hidrostatis atau tidak.

Orbit kebanyakan Benda Kecil Tata Surya berada dalam dua daerah, yaitu sabuk asteroid dan sabuk Kuiper. Dua sabuk ini memiliki beberapa struktur internal yang terhubungkan dengan perturbasi oleh dua planet besar, Yupiter dan Neptunus, dengan definisi yang longgar mengenai batasnya. Juga terdapat konsentrasi benda kecil dalam jumlah yang sedikit di daerah lain di Tata Surya, di antaranya asteroid-asteroid dekat Bumi, centaur, komet, dan obyek-obyek piringan tersebar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]