Itik paruh-gergaji jambul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bebek merganser-jambul)
Itik paruh-gergaji jambul
Jantan
Betina
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Genus:
Lophodytes

Spesies:
L. cucullatus
Nama binomial
Lophodytes cucullatus
(Linnaeus, 1758)
Sinonim

Mergus cucullatus

Lophodytes cucullatus

Itik paruh-gergaji jambul (Lophodytes cucullatus) adalah sejenis bebek berukuran kecil dan satu-satunya spesies dari genus Lophodytes, famili Anatidae. Meskipun mirip, bebek ini bukan tergolong itik paruh-gergaji yang sejati (marga Mergus).

Itik paruh-gergaji jambul dinamai demikian karena jambulnya yang unik. Bebek ini memiliki tampilan yang berbeda antara jantan dengan betina (dimorfisme seksual). Bebek betina berwarna cokelat, dengan sisi bawah berwarna putih dan jambul cokelat terang di atas kepalanya. Jika bukan musim kawin, jantan memiliki penampilan serupa, kecuali matanya yang kuning sementara yang betina bermata cokelat. Namun pada musim berbiak, jantan berganti bulu menjadi hitam di kepala, leher dan punggungnya, dengan jalur putih di dada dan ekornya. Jambulnya kini berwarna putih, yang dapat dikembangkan untuk memikat betinanya.[2]

Habitat yang disukainya untuk berbiak adalah rawa-rawa dan kolam berpohon-pohon di Amerika Serikat bagian utara dan Kanada bagian selatan. Itik ini membuat sarangnya di lubang-lubang pohon dekat air. Segera setelah bertelur, itik betina ditinggalkan oleh si jantan, dan mengerami serta menetaskan telur-telurnya sendiri. Sehari setelah menetas, meri (anak itik) telah dapat berenang dan mencari makanannya sendiri, meskipun ia akan tinggal bersama induknya hingga berumur lima minggu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2004). Lophodytes cucullatus. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. Diakses 11 May 2006. .
  2. ^ a b ""Hooded Merganser Fact Sheet, Lincoln Park Zoo"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-14. Diakses tanggal 2012-09-23.