Beatallica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Beatallica-logo.gif

Beatallica adalah band satir yang memainkan musik gabungan dari lagu-lagu The Beatles dan Metallica. Lirik dan musik lagu-lagu ini mengandung kata-kata dari kedua band.

Proyek ini didirikan pada tahun 2001 secara iseng oleh vokalis Jaymz Lennfield dan gitaris Krk Hammetson. EP A Garage Dayz Nite direkam untuk festival tahunan "Spoof Fest" di Milwaukee untuk dibagi-bagikan setelah konser pada teman-teman. Tahun itu juga, salah satu CD itu sampai ke tangan penduduk Milwaukee David Dixon, yang menciptakan sebuah situs web dan menyediakan lagu-lagu tersebut sebagai mp3 dan menamai band tersebut "Beatallica". Jaymz dan Krk tidak menyadari keberadaan situs ini hingga Dixon akhirnya bertemu dengan mereka pada musim panas 2002, membawa setumpuk surat penggemar dari seluruh dunia. Beatallica memberi izin mereka untuk situs tersebut, dan setelah diminta oleh para penggemarnya, merekam EP Beatallica dan merilisnya di Internet pada tanggal 1 April 2004.

Tahun itu, band ini (sekarang juga beranggotakan basis Kliff McBurtney dan drummer Ringo Larz) mulai mengadakan konser-konser, dengan pertunjukan yang menggabungkan unsur-unsur Beatles dan Metallica.

Untuk menghindari masalah hukum, mereka mengambil kebijakan non-komersil (semua lagu dapat didownload secara gratis) dan menutupi identitas mereka (semua nama di atas tentu saja adalah nama-nama panggung). Metallica mengetahui keberadaan band ini dan sejauh ini belum mengancam untuk mengambil tindakan hukum; Lars Ulrich, James Hetfield dan Kirk Hammett telah mengatakan pada khalayak ramai bahwa mereka menikmati musik Beatallica.

Pada 17 Februari 2005, sebuah perintah cease-and-desist dikirim kepada Beatallica oleh Sony/ATV Music Publishing, perusahaan yang memegang hak sebagian besar katalog Beatles. Perintah ini mengatakan bahwa bagian-bagian "music", "news" dan "merchandise" di situs resmi Betallica adalah pelanggaran hak cipta dan harus dihapus. Sebagai jawabannya, diciptakan sebuah petisi agar Sony/ATV Music Publishing menarik kembali ancaman tindakan hukum ini. Beatallica diselamatkan dari tindakan hukum selanjutnya oleh drummer Metallica Lars Ulrich, yang menawarkan bantuan dalam perundingan hukum dan juga meminta pengacara Metallica untuk mencoba mendinginkan situasi dengan Sony. Sony kemudian memutuskan untuk tidak melakukan tindakan hukum apapun pada saat ini, namun tetap memegang hak untuk melakukan hal ini pada masa yang akan datang bila perlu.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Beatallica
  • Jaymz Lennfield (nama asli Michael Tierney) - vocals, lyrics, songwriting, rhythm guitar (live)
  • Krk Hammetson (nama asli Michael Brandenburg) - semua instrumen (studio), arrangements, songwriting, lead guitar (live)
  • Kliff McBurtney (nama asli Lee Bruso, Paul Terrien) - bass (live)
  • Ringo Larz (nama asli Ryan Charles) - drums (live)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]