Bayah, Lebak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bayah
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Banten
Kabupaten Lebak
Pemerintahan
 • Camat - Saleh
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan - 11 Desa

Bayah adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Indonesia. Bayah terkenal dengan salah satu tempat penambangan batubara. Untuk mengangkut batubara ini pada zaman penjajahan Jepang dibangun jalan kereta api dari Saketi ke Bayah yang berjarak sekitar 90 km. Pembangunan jalan kereta ini konon mengorbankan jiwa sekitar 93.000 orang romusha. Di Bayah juga pernah tinggal salah seorang tokoh pemikir republik yaitu Tan Malaka yang menyamar dengan nama Iljas Husein dan berperan besar dalam membantu para romusha.

Bayah terletak di selatan pulau jawa dan pesisir pantainya yang indah merupakan tempat wisata yang menarik. ada beberapa pantai di Bayah, yaitu pantai Bayah, pantai Pulomanuk, pantai Sawarna, pantai karang Taraje, pantai tanjung Karang, pantai Ciantir dan lain-lain.Bayah memiliki 11 desa. Desa yang perkembangan ekonominya cukup pesat adalah Desa Bayah Barat. Desa Bayah Barat dimulai dari Kota Bayah 1 sampai Cikumpay. Bayah 1 adalah awal pusat perkembangan kecamatan Bayah. Dimana disinilah penduduk Bayah tinggal pada zaman dahulu. Bayah 1 merupakan wilayah yang memiliki penduduk terpadat di Kecamatan Bayah. Memiliki banyak gang. Bayah 1 juga berbatasan langsung dengan Desa Bayah Timur disebelah timur.


PENDIDIKAN

 Bayah sampai saat ini memiliki 6 SMP Negeri, 1 MTS Negeri, 2 SMP Swasta, 1 SMA Negeri, 1 MA Negeri, 1 SMA Swasta, 1 SMK Negeri. Rinciannya sebagai berikut :

1. SMPN 1 BAYAH 2. SMPN 2 BAYAH 3. SMPN 3 BAYAH 4. SMPN 4 BAYAH 5. SMPN 5 BAYAH 6. SMPN 6 BAYAH 7. MTsN BAYAH 8. SMP PGRI BAYAH 9. SMP DAAR EL KUTUB BAYAH 1O. SMAN 1 BAYAH 11. MAN BAYAH 12. SMA DAAR EL KUTUB 13. SMKN 1 BAYAH