Basilika Santo Servatius, Maastricht

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Servatius
Basilika Minor Santo Servatius
Belanda: Sint-Servaasbasiliek
Basilika Santo Servatius
LokasiMaastricht
Negara Belanda
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Roermond

Basilika Santo Servatius (Belanda: Sint-Servaasbasiliek) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di kota Maastricht, Belanda. Gereja yang berarsitektur hibrida tetapi sebagian besar Romawi terletak di sebelah gereja Gotik Santo Yohanes, menghadap alun-alun utama kota, Vrijthof. Gereja ini didedikasikan untuk Santo Servatius.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja saat ini mungkin adalah gereja keempat yang dibangun di lokasi makam Santo Servatius, seorang misionaris Armenia yang merupakan uskup Tongeren dan diduga meninggal pada tahun 384 di Maastricht.[1] Sebuah kapel peringatan kecil di makam santo digantikan oleh sebuah gereja batu besar yang dibangun oleh uskup Monulph sekitar tahun 570. Gereja ini digantikan oleh gereja peziarah yang lebih besar pada akhir abad ke-7, yang kemudian digantikan oleh struktur masa kini, yang dibangun dalam beberapa tahun tahapan dalam jangka waktu lebih dari 100 tahun. Panti umat dibangun pada paruh pertama abad ke-11, transept pada paruh kedua abad ini, dan panti paduan suara dan westwork pada abad ke-12. Gereja Romawi ini dibangun pada masa di mana bab Santo Servatius tetap menjalin hubungan dekat dengan Kaisar Romawi Suci, sehingga menghasilkan bangunan yang memiliki ciri khas dari [[gereja kekaisaran] Jerman. peresmian gereja pada tahun 1039 dihadiri oleh kaisar Henry III dan dua belas uskup. Sebagian besar provost Abad Pertengahan gereja adalah putra dari keluarga bangsawan Jerman dengan peringkat tertinggi. Beberapa memegang jabatan Kanselir Kekaisaran Jerman; setidaknya delapan rektor kemudian menjadi uskup agung.[2]

Bergportaal yang dipahat, di sisi selatan gereja, dimulai sekitar tahun 1180 dan dapat dianggap bergaya Romawi akhir atau Gotik awal. Semua kapel di sepanjang lorong samping bergaya Gotik (abad ke-14 dan ke-15), begitu pula langit-langit berkubah di nave dan transept. Pada tahun 1556 [puncak menara]] Gotik akhir ditambahkan ke bagian barat di antara dua menara yang ada. Pada tahun 1770 seluruh bangunan barat dimahkotai dengan menara helm Baroque, yang dirancang oleh arsitek Liège Etienne Fayen.

Selama berabad-abad interior gereja mengalami banyak perubahan. Pada abad ke-17, paduan suara Gotik rood screen dengan pahatan yang menggambarkan kehidupan Servatius dihancurkan. Fragmen dari layar abad ke-14 ditemukan selama pekerjaan restorasi tahun 1980-an dan sekarang disimpan di lapidarium gereja di ruang bawah tanah Timur. Pada akhir abad ke-18, seluruh interior gereja telah dicat putih, jendela kaca patri Abad Pertengahan yang berwarna-warni telah diganti dengan kaca tidak berwarna, dan gereja tampak jelas bergaya Barok.

Transept utara menyimpan beberapa tulisan di batu nisan, yang salah satunya untuk Egidius Ruyschen dalam gaya Renaissance mungkin yang paling orisinal. Di dekatnya terdapat makam Count dan Countess van den Bergh (Johannes Bossier, 1685) yang mengesankan, yang dipindahkan dari gereja Dominika di Maastricht. Dari gereja Dominika juga dipindahkan ruang pengakuan dosa yang penuh hiasan oleh Daniël van Vlierden (Hasselt, 1700), yang terletak di berbagai bagian gereja.

Pada tahun 1797 cabang ini dibubarkan oleh kaum revolusioner Perancis dan gereja tersebut digunakan sebagai kandang kuda oleh pasukan. Perabotan gereja dijual, dicuri atau dibuang. Demikian pula, sebagian besar harta gereja hilang selama tahun-tahun pertama pendudukan Perancis. Pada tahun 1804 gereja tersebut dikembalikan ke paroki tetapi bangunannya hanya berupa reruntuhan kosong. Pada periode berikutnya, sebagian besar kerusakan terjadi. Kapel Saint Maternus abad ke-11 dan Koningskapel abad ke-15 (dibangun oleh raja Prancis Charles VII dan Louis XI) dianggap sebagai tidak dapat diperbaiki dan dihancurkan. Untuk alasan liturgi, dianggap perlu untuk menurunkan paduan suara yang ditinggikan, sehingga ruang bawah tanah yang dibangun pada abad ke-11 dihancurkan. Pada tahun 1846, empat panel milik peti relik Santo Servatius (Noodkist) dijual ke pedagang barang antik dan disimpan di Museum Seni dan Sejarah Kerajaan di Brussel.

1937 dengan menara pusat

Antara tahun 1866 dan 1900, gereja ini mengalami restorasi besar-besaran yang mana beberapa kerusakan yang terjadi pada awal abad ini dapat diperbaiki. Pemugarannya dipimpin oleh arsitek terkenal Belanda Pierre Cuypers. Pada 1955 kebakaran menyebabkan puncak menara bagian barat Kebangkitan Gotik Cuypers jatuh melalui atap gereja, sehingga perlu dilakukan restorasi menyeluruh (1982–1991). Selama restorasi terakhir ini, sebagian besar skema dekorasi interior warna-warni Cuypers telah dihilangkan. Selama restorasi terbaru ini, penggalian ekstensif yang dilakukan di gereja dan bangunan di sekitarnya, mengungkap banyak informasi tentang sejarah gereja dan pendahulunya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menurut daftar 21 uskup suci Maastricht Abad Pertengahan, Servatius adalah uskup pertama Maastricht.
  2. ^ Lihat Daftar rektor kapitel Saint Servatius di Wikipedia bahasa Belanda.