Basilika Santo Mikael di Forum, Lucca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Mikael di Forum
Basilika Minor Santo Mikael sang Malaikat Agung di Forum
bahasa Italia: Basilica di San Michele in Foro
Basilika Santo Mikael di Forum
LokasiLucca
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Lucca

Tampak dekat fasad utama

Basilika Santo Mikael di Forum (bahasa Italia: San Michele in Foro) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di Lucca, Toskana, pusat Italia, dibangun di atas forum Romawi kuno. Hingga tahun 1370, komune ini menjadi tempat kedudukan Consiglio Maggiore (Dewan Utama), majelis terpenting komune tersebut. Basilika ini didedikasikan untuk Malaikat Agung Mikael.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini disebutkan pertama kali pada tahun 795 sebagai ad foro (dalam forum). Dibangun kembali setelah tahun 1070 atas wasiat Paus Aleksander II.

Yang menonjol adalah fasadnya, dari abad ke-13, dengan serangkaian besar patung dan inlay, banyak di antaranya dibuat ulang pada abad ke-19. Bagian bawah memiliki serangkaian arcade buta, yang bagian tengahnya mencakup portal utama. Bagian atasnya, dibangun dengan banyak bahan besi untuk menahan angin, memiliki empat tatanan loggia kecil. Di puncak, diapit oleh dua malaikat lainnya, terdapat patung Santo Mikael sang Malaikat Agung. Menurut legenda, jari malaikat akan memiliki berlian yang sangat besar. Di sudut kanan bawah fasad terdapat patung salutis portus Madonna (1480), yang dipahat oleh Matteo Civitali untuk merayakan berakhirnya wabah tahun 1476.

Bagian dalam gereja memiliki bagian tengah dan dua lorong dengan transep dan apsis berbentuk setengah lingkaran; bagian tengahnya didukung oleh arcade pada kolom monolitik. Dari transept selatan menjulang menara lonceng, dibangun pada abad ke-12-14, dengan rangkaian jendela berjendela tunggal, ganda, dan rangkap tiga. Lantai terakhir dihancurkan pada masa pemerintahan Giovanni dell'Agnello (1364-1368), Doge dari Pisa.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Di antara karya seni di interiornya, terdapat terakota Madonna dengan Kanak-kanak Yesus oleh Luca della Robbia dan panel dengan Empat Orang Kudus oleh Filippino Lippi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 43°50′35″N 10°30′10″E / 43.84306°N 10.50278°E / 43.84306; 10.50278