Basilika Santo Martinus, Bologna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Martinus
Basilika Minor Santo Martinus Agung dari Tours
bahasa Italia: Basilica di San Martino Maggiore
Basilika Santo Martinus
LokasiBologna
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Peletakan batu pertamaAbad ke-15
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bologna

Basilika Santo Martinus (bahasa Italia: Basilica di San Martino Maggiore) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di sudut Via Marsala dan Via Guglielmo Oberdan di Bologna, wilayah Emilia Romagna, Italia. Gereja ini didirikan oleh para biarawan Karmelit yang berdekatan. Pada tanggal 10 Agustus 1704 melalui wewenang Kapitel Vatikan, patung Perawan Gunung Karmel yang dihormati dimahkotai oleh Paus Klemens XI. Pada tanggal 25 Agustus 1941, Paus Pius XII menaikkan statusnya menjadi basilika.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah gereja di lokasi tersebut dibangun pada tahun 1217. Kubah dekorasi batu bata di langit-langit ditambahkan pada tahun 1457. Fasad yang sekarang ditambahkan pada tahun 1879, dalam gaya Gotik, dan menampilkan patung berbagai orang suci. Di atas pilar piazza tepat di depan gereja terdapat patung Madonna dan Anak dengan Skapulir (1705) karya Andrea Ferreri. Di ruang makan di atas portal pintu masuk samping terdapat relief St Martin yang sedang menunggang kuda memberikan separuh jubahnya kepada seorang Pengemis (1531) oleh Francesco Manzini; portal ini memiliki dekorasi klasik dengan bucranium (tengkorak sapi).

St Martin lunette di Portal lateral (Selatan)

Di sepanjang bagian tengah kanan terdapat kapel pertama ini terdapat lukisan Adoration by the Magi (1532) karya Girolamo da Carpi. Yang berikutnya menampilkan Carmelite Saints (pertengahan abad ke-17) oleh Cesare Gennari. Di sepanjang sebelah kanan bagian tengah, pada kolom batu, terdapat lukisan dinding abad ke-15 yang menggambarkan St Anthony, Onofrius, dan Elias oleh Lippo Dalmasio.

Vitale da Bologna's Penyaliban selesai pada abad ke-15 untuk gereja ini. Altar utama adalah Madonna Bertahta dengan Orang Suci (1548) oleh Girolamo da Sermoneta.

Kapel pertama di sebelah kiri dihiasi dengan Assumption of the Virgin (1506) oleh Lorenzo Costa. Nama patung Santa Maria Maddalena de Pazzi diambil dari nama keluarga Pazzi kuno dan bangsawan yang berasal dari Florence. Patung itu dipindahkan ke gereja dari biara Karmelit Santa Maria di Florence.

Di sebelah kiri, adalah sebuah kapel yang didedikasikan untuk Madonna del Carmine. Dekorasi pahatan diselesaikan oleh Alfonso Torreggiani pada tahun 1756. Vittorio Bigari, Guglielmo Borgognone, Alessandro Tiarini dan Giacomo Sementi juga mengerjakan dekorasi tersebut.

Di kapel terakhir ini, yang pertama di atas altar di sini adalah Madonna dan Orang Suci karya Francesco Francia dari akhir abad ke-15, sedangkan di bawah meja altar terdapat Deposisi (awal abad ke-16) oleh Amico Aspertini. Lukisan St Elias sang Nabi ini dibuat oleh Alessandro Guardassoni diikuti dengan penggalan Nativity (pertengahan abad ke-15) oleh Paolo Uccello, dan patung terakota Madonna del Carmine karya Jacopo Della Quercia dari abad ke-15.

Di ruangan sebelah gereja ada sakristi. Di sepanjang sisi kanan sakristi terdapat potongan kecil Nativity karya Paolo Uccello dulunya. Faktanya, lukisan dinding itu membentang di seluruh sisinya, tetapi hancur selama rekonstruksi.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 44°29′50″N 11°20′48″E / 44.49722°N 11.34667°E / 44.49722; 11.34667