Basilika Santa Maria dari Gunung Karmel, Firenze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria dari Gunung Karmel
Basilika Minor Santa Maria dari Gunung Karmel
bahasa Italia: Basilica di Santa Maria del Carmine
Basilika Santa Maria dari Gunung Karmel
LokasiFirenze
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanta Maria dari Gunung Karmel
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Firenze

Interior.
Kapel Corsini
Langit-langit panti umat karya Domenico Stagi.

Basilika Santa Maria dari Gunung Karmel (bahasa Italia: Basilica di Santa Maria del Carmine) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di distrik Oltrarno, Firenze, Toskana, Italia. Tempat ini terkenal sebagai lokasi Kapel Brancacci yang menampung lukisan dinding Renaissance yang luar biasa karya Masaccio dan Masolino da Panicale, kemudian diselesaikan oleh Filipina Lippi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja, yang didedikasikan untuk Beatae Virginis Mariae de monte Carmelo, didirikan oleh sekelompok biarawan Karmelit dari Pisa. Pembangunan gereja dimulai pada tahun 1268 sebagai bagian dari biara Karmelit,[1] yang masih ada sampai sekarang. Dari bangunan aslinya hanya beberapa sisa Romawi-Gotik yang dapat dilihat di sisinya.

Pada abad ke-14, tempat ini menjadi pusat sejumlah bruder awam. Kompleks ini diperbesar pertama kali pada tahun 1328 dan sekali lagi pada tahun 1464, ketika aula utama dan ruang makan ditambahkan, meskipun gereja tetap mempertahankan Salib Latin, satu denah bagian tengah.

Direnovasi dengan gaya Gaya Barok pada abad 16-17, gereja ini rusak akibat kebakaran pada tahun 1771 yang menghancurkan bagian dalam gereja.[1] Gereja ini dibangun kembali secara internal di Gaya Rococo pada tahun 1782. façade, seperti di banyak gereja Florentine, masih belum selesai. Api tidak menyentuh sakristi: oleh karena itu Kisah St. Sesilia dikaitkan dengan Lippo d'Andrea (c. 1400) dan monumen marmer Pier Soderini oleh Benedetto da Rovezzano (1511–1513). Kubah bagian tengah memiliki lukisan dinding trompe-l'œil, quadratura karya Domenico Stagi.

Kapel Brancacci[sunting | sunting sumber]

Kapel Brancacci juga selamat dari kebakaran, dan terselamatkan melalui restorasi selanjutnya melalui campur tangan seorang wanita bangsawan Florentine yang dengan tegas menentang penutupan lukisan dinding. Kapel ini adalah rumah bagi lukisan dinding terkenal karya Masaccio dan Masolino, yang dianggap sebagai karya besar pertama Renaisans Italia. Master Masaccio Masolino, yang ditugaskan oleh seorang pedagang kaya, Felice Brancacci, mulai mengerjakan kapel pada tahun 1425 dan segera bergabung dalam proyek tersebut oleh muridnya, Masaccio. Adegan yang dibuat oleh Masolino adalah Santo Petrus Menyembuhkan Orang Lumpuh dan Membangkitkan Tabitha dari Kematian, Khotbah Santo Petrus, serta Adam dan Hawa. Yang paling banyak ditulis oleh Masaccio adalah The Tribute Money, St Peter Healing with his Shadow, The Crucifixion of St Peter, The Baptism of the Neophytes, dan The Expulsion from Paradise.[2] Perlakuan mereka terhadap figur-figur dalam ruang yang dapat dipercaya membuat lukisan dinding ini menjadi salah satu lukisan paling penting yang muncul pada masa Renaisans Awal. Kitaran ini diselesaikan oleh Filippino Lippi.

Langit-langit Rococo Italia yang rumit berasal dari salah satu seniman terpenting abad ke-18 di kota ini, Giovanni Domenico Ferretti.

Kapel Corsini[sunting | sunting sumber]

Corsini, salah satu keluarga terkaya di Firenze selama abad ke-17–18, membangun kapel ini pada tahun 1675–1683, untuk menyimpan jenazah anggota leluhur keluarga tersebut, Santo Andrea Corsini (1301–1374), yang menjadi biarawan Karmelit dan Uskup Fiesole, dan dikanonisasi pada tahun 1629.

Arsitek Pier Francesco Silvani memilih Gaya Barok yang kemudian populer di Roma. Altar ini memiliki relief marmer yang menggambarkan Kemuliaan St Andrea Corsini, yang dipahat oleh Foggini, dan di atasnya ada patung Allah Bapa yang dipahat oleh Carlo Marcellini . Di sisi altar terdapat dua relief marmer Foggini lagi: yang satu menggambarkan Sant'Andrea turun dengan membawa pedang untuk memimpin Florentine menuju kemenangan selama Pertempuran Anghiari dan yang lainnya mengenang Penglihatan ajaib Perawan oleh Sant'Andrea muda (terjadi di gereja Biara delle Selve).

Kubah kecil ini diberi lukisan dinding oleh Giordano pada tahun 1682. Lukisan dinding tersebut rusak akibat kebakaran besar gereja, dan dipulihkan oleh Stefano Fabbrini.[3]

Biara[sunting | sunting sumber]

Siklus lunette di biara diwarnai dengan lukisan dinding pada abad ke-17 dan ke-18 dengan episode-episode dari sejarah Karmelit yang dilukis oleh seniman Firenze, Galeazzo dan Giovan Battista Ghidoni, Domenico Bettini, Cosimo Ulivelli dan Antonio Nicola Pillori. Biara ini sepanjang sejarahnya menderita berbagai bencana, mulai dari kebakaran tahun 1771 hingga Banjir Sungai Arno 1966. Oleh karena itu, sebagian besar karya seni bersifat terpisah-pisah: termasuk Penganugerahan Aturan Karmelit oleh Filippo Lippi dan Perjamuan Terakhir oleh Alessandro Allori pada tahun 1582, dan sisa-sisa karya dari karya lain. kapel oleh Pietro Nelli dan Gherardo Starnina.

Ruang makan kedua dihiasi dengan Perjamuan di rumah Simon orang Farisi ​​oleh Giovanni Battista Vanni (c. 1645); itu juga menampung fragmen lukisan dinding karya Lippo d'Andrea.

Pemakaman lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b .fi.it/en/brancacci/ ""Cappella Brancacci", Musei Civici Fiorentini" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). 
  2. ^ Paul Joannides (1993) Masaccio dan Masolino: Katalog Lengkap. Phaidon: London.
  3. ^ /books?id=jcYpAAAAYAAJ Firenze antica, e modernaillustration, Volume 8, oleh V. Follini, M. Rastrelli, (1802), halaman 103-105.