Basilika Perawan Montserrat, Hormigueros

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Perawan Montserrat
Basilika Minor Perawan Montserrat
Basilika Perawan Montserrat
LokasiHormigueros
NegaraPuerto Riko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Perawan Hitam dari Monserrat (bahasa Spanyol: El Santuario de la Monserrate de Hormigueros dan Casa de los Peregrinos) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang dibangun pada tahun kota Hormigueros, Puerto Riko yang didedikasikan kepada Perawan Maria Terberkati sebagai Madonna Hitam di bawah gelarnya dari “Perawan Montserrat”.

Paus Yohanes Paulus II memberikan dekrit kepausan penobatan kanonik bertajuk Omnibus Manifestum terhadap gambar Maria yang dihormati pada tanggal 18 Juli 1994. Uskup Agung San Juan, Kardinal Luis Aponte Martínez melaksanakan upacara penobatan pada tanggal 12 Februari 1995.[1] Paus Yohanes Paulus II kemudian mengeluarkan dekrit bertajuk Celeberrimum in Civitate yang menaikkan status tempat suci tersebut menjadi basilika minor pada tanggal 19 Mei 1998.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Arsip Rahasia VatikanPaus Yohanes Paulus II memberikan keputusan Kepausan tentang penobatan pada tanggal 18 Juli 1994, ditandatangani dan dilaksanakan oleh Kardinal Angelo Sodano di Vatikan. Sigillium Vaticanus — Prænotanda Numerorum 353/211.
  2. ^ Arsip Rahasia VatikanPaus Yohanes Paulus II mengabulkan dekrit kepausan berjudul Celeberrimum in Civitate sebagai basilika minor yang ditandatangani dan dilaksanakan oleh Kardinal Angelo Sodano di Vatikan. Sigillium Vaticanus — Prænotanda Angka 433/037.