Basilika Bunda Maria dari Kemenangan, Lackawanna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Maria dari Kemenangan
bahasa Inggris: Our Lady of Victory Basilica
Eksterior depan Basilika Our Lady of Victory.
Agama
AfiliasiGereja Katolik Roma
DistrikKeuskupan Buffalo
Ecclesiastical or organizational statusBasilika minor, Tempat suci
KepemimpinanUskup: Michael W. Fisher[1]
Pastor: Mgr. David G. LiPuma
Diberkati1926
Lokasi
Lokasi767 Ridge Road
Lackawanna, New York
Amerika Serikat
Koordinat42°49′33″N 78°49′25″W / 42.82583°N 78.82361°W / 42.82583; -78.82361Koordinat: 42°49′33″N 78°49′25″W / 42.82583°N 78.82361°W / 42.82583; -78.82361
Arsitektur
ArsitekEmile Ulrich
TipeBasilika
Peletakan batu pertama1921
Rampung1926
Spesifikasi
Arah fasadUtara
Kapasitas1.200 duduk
Tinggi luar kubah165 kaki (50 m)
Tinggi dalam kubah120 kaki (37 m)
Diameter dalam kubah80 kaki (24 m)
Puncak menara2
Bahan bangunanMarmer
Situs web
www.ourladyofvictory.org
Pemandangan sisi luar Basilika Bunda Maria dari Kemenangan.

Basilika Bunda Maria dari Kemenangan dalam bahasa Inggris Our Lady of Victory Basilica adalah sebuah gereja paroki dan basilika Katolik dan tempat ziarah nasional di Lackawanna, New York. Karena sumbangan dari berbagai badan amal yang didirikan oleh Pastor Nelson Baker, basilika ini menjadi tempat peziarahan yang populer dan tujuan pengunjung di Lackawanna. Basilika ini merupakan bagian dari Keuskupan Buffalo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebuah tanda yang menggambarkan status penting basilika di antara beberapa lembaga amal Pastor Nelson Baker di paroki Our Lady of Victory.

Pada tahun 1916, api merusak parah Gereja Paroki St. Patrick di Lackawanna, New York. Perbaikan dilakukan, tetapi Pastor Baker, imam pengawas dari paroki yang sibuk, mengembangkan rencana untuk mengganti gereja. Pada tanggal 7 Mei 1921, Pastor Baker merayakan Misa terakhir di St. Patrick's.

Struktur bangunan itu segera dibongkar untuk memberi jalan bagi sesuatu yang lebih besar. Pembangunan basilika dimulai pada tahun 1921 setelah Pastor Baker mengumumkan rencana pada pertemuan dewan paroki untuk membangun sebuah tempat suci dalam penghormatan kepada Bunda Terberkati. Karena pengaruh Baker di masyarakat dan reputasi amal yang terkenal di seluruh negeri, dia bisa mendapatkan dukungan keuangan yang cukup untuk memulai pembangunan dengan cepat. Baker meminta dukungan untuk proyeknya, dan ribuan dari seluruh negara menyumbangkan dana baik besar maupun kecil, kebanyakan melalui klub penggalangan dana surat langsung. Dirancang oleh Emile Ulrich, basilika ini dibangun dengan biaya $3,2 juta, tetapi proyek tersebut diselesaikan tanpa paroki menanggung hutang apa pun.[2]

Menjelang akhir tahun 1925, pembangunan tempat kudus Our Lady of Victory selesai, dan Misa pertama diadakan di sana pada Natal tahun itu. Pada tanggal 25 Mei 1926, sebuah upacara penahbisan diadakan yang dipimpin oleh Romo Baker, Uskup William Turner dari Keuskupan Buffalo, dan Kardinal Patrick Hayes. Ribuan pastor Katolik, suster, dan umat beriman dari seluruh penjuru negeri menghadiri acara tersebut. Dua bulan kemudian, Paus Pius XI menetapkan tempat suci tersebut dengan gelar kehormatan "Basilika Minor" melalui dekrit apostolik. Baker bertanggung jawab atas basilika dan berbagai lembaga amal paroki, sampai kematiannya pada 29 Juli 1936.

Basilika hanya memiliki dua perubahan signifikan pada desain aslinya. Yang pertama datang pada tahun 1941 selama petir badai yang hebat yang menyebabkan kerusakan signifikan pada menara kembar basilika (gaya yang diasosiasikan dengan gereja-gereja Portugis).

Penerus pertama Baker, Monsinyur Joseph Maguire, mengambil alih upaya untuk memperbarui struktur. Dia mengganti menara marmer dengan menara berujung kubah yang lebih rendah, tertutup, tembaga yang masih berada di atas basilika hingga saat ini. Setelah musim dingin yang keras pada tahun 2001–2002, atap Kuil Nasional ditemukan mengalami kerusakan yang signifikan. Tembaganya telah berubah menjadi rona kehijauan karena paparan berlebihan terhadap unsur-unsur (efek kimia yang sama seperti yang terlihat pada Patung Liberty) dan tidak lagi tahan cuaca. Atap tembaga baru dipasang.

Pada tahun 2001, sebuah perayaan Yubileum Berlian Kuil Nasional dan 75 tahun pembuatan basilika diadakan di Paroki Our Lady of Victory. Pada tanggal 26 Mei, Misa khusus diikuti dengan pesta makan malam, di mana ratusan pejabat, pastor anggota, dan kolega berkumpul untuk merayakan basilika dan peninggalan Pastor Baker.

Relikui Romo Baker[sunting | sunting sumber]

Sarkofagus yang menyimpan sisa-sisa jenazah Pastor Baker.

Pada Juli 1998, melalui upaya Uskup Henry J. Mansell, diumumkan bahwa jenazah Pastor Baker akan dipindahkan dari Pemakaman Salib Suci terdekat dan dimakamkan kembali di basilika. Langkah itu diperintahkan oleh Kongregasi bagi Penyebab Penganugerahan Gelar Santo-Santa di Roma, untuk menandakan langkah menuju deklarasi Baker sebagai santo.

Pada tanggal 11 Maret 1999, peti mati Pastor Baker dibawa oleh enam pria yang dibesarkan oleh Baker, dan ditempatkan di sarkofagus di dalam Grotto ke Bunda Maria dari Lourdes, ditemukan di ujung selatan transept basilika. Diperkirakan hampir 6.000 orang menghadiri acara di basilika hari itu untuk menghormati Baker dan karyanya. Pemakaman kembali membantu meningkatkan kesadaran akan Baker, misinya, dan warisannya di seluruh dunia. Pada tanggal 14 Januari 2011, Paus Benediktus XVI mendeklarasikan Pastor Baker sebagai "venerabilis".

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]