Base58

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Base58 adalah salah satu dari sekelompok skema pengkodean Enkripsi dari biner-ke-teks (binary-to-richtext) yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan bulat besar sebagai teks yang alfanumerik, ini awalnya diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto untuk digunakan bersamaan dengan Bitcoin. Sejak itu telah diterapkan pada Cryptocurrency (kriptokurensi) dan aplikasi lainnya. Ini mirip dengan Base64 tetapi bedanya telah dimodifikasi untuk menghindari karakter dan huruf yang non-alfanumerik yang memiliki kemungkinan akan terlihat ambigu ketika dicetak. Oleh karena itu Base58 dirancang untuk pengguna manusia yang secara manual memasukkan data, dan / atau menyalin dari beberapa sumber visual, tetapi juga memungkinkan salin dan tempel yang mudah karena klik dua kali biasanya akan memilih seluruh String.

Dibandingkan dengan Base64, huruf-huruf yang tampak mirip berikut dihilangkan:

  • 0 (nol), O (huruf besar), I (huruf besar) dan l (huruf kecil L) serta karakter non-alfanumerik + (plus) dan / atau (memotong). Berbeda dengan Base64, digit pengkodean tidak sejalan dengan batas byte dari data asli. Karena alasan ini, metode ini sangat cocok untuk menyandikan bilangan bulat besar, tetapi tidak dirancang untuk menyandikan bagian data biner yang lebih panjang. Urutan huruf sebenarnya dalam alfabet tergantung pada aplikasi, yang merupakan alasan mengapa istilah "Base58" saja tidak cukup untuk sepenuhnya menggambarkan format. Varian, Base56, tidak termasuk 1 (satu) dan o (huruf kecil) dibandingkan dengan Base 58.

Base58Check[sunting | sunting sumber]

Base58Check adalah format penyandian (Enkripsi) Base58 yang dengan jelas menyandikan tipe data dalam beberapa karakter pertama dan memasukkan kode deteksi input-output yang salah dalam beberapa karakter terakhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Andreas M. Antonopoulos. "Mastering Bitcoin". section "Base58 and Base58Check Encoding". (O’Reilly, 2015).