Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Banyuroto
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Kabupaten Kulon Progo
Kecamatan Nanggulan

Banyuroto adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Nanggulan, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Proses terbentuknya Desa Banyuroto didasari oleh Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 1946 mengenai Penggabungan Kelurahan, maka kelurahan-kelurahan di wilayah ini bergabung menjadi satu "Kelurahan Yang Otonom” dengan nama kelurahan Banyuroto. Nama kelurahan tersebut kemudian secara resmi ditetapkan dengan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 tahun 1948 tentang perubahan daerah-daerah Kelurahan.

Secara geografis Desa Banyuroto merupakan kawasan pedesaan dengan struktur tanah berbukit, dengan jumlah jiwa sekitar 4.043 jiwa. Desa ini merupakan salah satu daerah yang secara rutin mengalami kekeringan saat musim kemarau.

Lurah Desa :[sunting | sunting sumber]

  1. Suroso (2008-)

Desa Banyuroto Terdiri 8 Dusun yaitu:Tawang,Gendol,Angin Angin,Keso,Gayam,Sambiroto,Brangkal Dan Dlingo Sebagian besar penduduknya bertani dan beternak. Pada umumnya memelihara sapi dan ayam. Sekarang sudah banyak berdiri kandang ayam di Banyuroto,Baik ayam pedaging ataupum ayam petelur.