Bandar Udara Internasional Viru Viru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional Viru Viru (IATA: VVIICAO: SLVR) adalah sebuah fasilitas penerbangan yang berlokasi di Santa Cruz de la Sierra, Bolivia.

Ide untuk membangun bandara yang baru dan modern di Santa Cruz dikeluarkan tahun 1976, karena keberadaan bandara tua yang sudah kuno dan dikenal sebagai El Trompillo. Segera setelah itu, pembangunan bandara dimulai. Sejak dibuka, Viru Viru menjadi bandara terpenting di Bolivia dan menjadi gerbang penerbangan internasional utama, meskipun Santa Cruz hanyalah kota metropolitan kedua terbesar di Bolivia. Karena La Paz berada sangat tinggi di atas pemukaan air laut, posisinya sulit dicapai dengan mobli dari kota Bolivia lainnya, dan banyak penumpang memilih terbang dari Viru Viru. Viru Viru sekarang adalah bandar udara internasional terbesar di Bolivia.

Viru Viru mampu menangani pesawat jet komersial terbesar. Sebagian besar penerbangan adalah penerbangan domestik, penerbangan dari negara tetangga di Amerika Selatan, penerbangan dari Amerika Utara, dan beberapa penerbangan dari Eropa.

Operator[sunting | sunting sumber]

Pada 1 Maret 1997 Pemrintah Bolivia menandatangani kontrak kerja sama selama 25 tahun dengan Airport Group International untuk mengoperasikan tiga bandara terbesar di Bolivia – Bandar Udara Internasional El Alto di La Paz, Bandar Udara Internasional Jorge Wilstermann di Cochabamba dan Bandar Udara Internasional Viru Viru. Servicios de Aeropuertos Bolivianos Sociedad Anonima (SABSA) didirikan untuk melaksanakan konsesi tersebut. Tahun 1999 Airport Group International dibeli oleh TBI plc, dan pada tahun 2004, perusahaan Spanyol Abertis/AENA membeli TBI. Pesawat terbesar yang dapat mendarat di landasan pacu tersebut adalah Boeing 747-400 milik Aerosur.

Insiden[sunting | sunting sumber]

Pada 8 Maret 2006, sebuah Learjet 35 milik angkatan udara Argentina terbang dari Bandar Udara Internasional El Alto di La Paz menuju Viru Viru jatuh setelah lepas landas, menewaskan seluruh enam orang di pesawat.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
Aerocon Cochabamba, La Paz, Puerto Suarez, Tarija, Trinidad
Aerolíneas Argentinas Buenos Aires-Ezeiza
Aerosur Asunción, Buenos Aires-Ezeiza, Cobija, Cochabamba, Cusco, La Paz, Madrid, Miami, Puerto Suárez, Salta, São Paulo-Guarulhos, Sucre, Tarija, Tucumán, Washington-Dulles
Amaszonas Cochabamba, La Paz, Trinidad
American Airlines Miami
Boliviana de Aviación Buenos Aires-Ezeiza, Cobija, Cochabamba, La Paz, Sucre, São Paulo-Guarulhos, Tarija
Copa Airlines Panama City
Gol Airlines Campo Grande, São Paulo-Guarulhos
LAN Airlines Iquique, Santiago de Chile
LAN Perú Lima
TACA Perú Lima
TAM - Transporte Aéreo Militar Cobija, Cochabamba, La Paz, Puerto Suárez, Sucre, Tarija, Trinidad
TAM Airlines Paraguay Asunción

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]