Bandar Udara Internasional Ernesto Cortissoz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
  1. ALIH Templat:Infobox airport

Bandar Udara Internasional Ernesto Cortissoz (bahasa Spanyol: Aeropuerto Internacional Ernesto Cortissoz) (IATA: BAQ[1]ICAO: SKBQ) berlokasi di kota Soledad 12 km (7 mil) dari Barranquilla,[2] ibukota dari Departemen Atlántico di Kolombia. Bandara ini memperoleh namanya dari salah satu pionir penerbangan Kolombia, Ernesto Cortissoz.

Bandara ini menjadi hub internasional bagi AIRES, dan kota fokus bagi Avianca. bandara ini mampu menangani pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747, Boeing 767, dan Airbus A340. bandara ini merupakan bandara terpenting dalam hal insfrastruktur di bagian utara negara ini dan yang terpenting dalam pergerakan kargo.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bandara ini berlokasi di kota Soledad, hanya 12 km dari pusat kota Barranquilla. bandara ini mempu menangani pesawat berbadan lebar seperti Boeing 747, McDonnell Douglas DC-10 dan Airbus A340. faktanya, bandara ini merupakan salah satu bandara yang terbesar di Kolombia. Saat ini bandara ini berada di urutan kelima dalam hal jumlah penumpang dan ruang kargo. bandara ini memiliki dua terminal: terminal domestik, dengan gerbang 6-13, dan internasional, dengan gerbang 1-5 dan 5A. Bandara ini menjadi hub internasional bagi maskapai AIRES dan menjadi hub kedua bagi maskapai Avianca sat musim sibuk. Pada bulan Juli 2007, Aeronáutica Civil menjadikan bandara ini menjadi bandara "langit terbuka/open skies", yang berarti bahwa setiap maskapai di dunia dapat terbang menuju Barranquilla dalam setiap rute dan berbagai frekuansi. Hal ini dilakukan untuk secara luas meningkatkan pariwisata karena Barranquilla adalah titik akses menuju Karibia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa awal penerbangan komersial di Kolombia, pembangunan bandara diberikan kepada setiap maskapai yang memiliki keinginan untuk melayani kota tersebut. Kemudian konstruksi untuk bandara besar di Kolombia jatuh kepada SCADTA, termasuk Bandara Soledad.

Bandara Soledad segera menjadi pusat operasi dan perawatan bagi SCADTA untuk operasi domestik mereka. Layanan internasional dioperasikan oleh Pan American Airways, yang melakukan layanan penerbangan berjadwal menggunakan DC-3, yang kemudian digantikan oleh Boeing 307 Stratoliners, menuju Panama, Kingston dan Miami. Tahun 1946 layanan internasional dari Bandara Soledad dimulai kembali dengan Avianca DC-4, yang pertama menuju Miami dan kemudian menuju Kingston dan New York.

Avianca airbus A320 di gerbang 5 tiba dari Miami

Juga pada tahun 1946 British South American Airways memulai operasi di Barranquilla, menggunakan sebuah Lancastrian untuk menyediakan satu penerbangan mingguan menuju London melalui Bermuda. Layanan ini memakan waktu 26 jam dan disebut sebagai "Rute Kilat Menujju Eropa". Juga pada waktu tersebut diadakan beberapa penerbangan khusus dengan menggunakan pesawat DC-4 yang dioperasikan dari Barranquilla menuju Miami dan New York di bawah kontrak dengan maskapai Transocean Airlines. Perusahaan penerbangan KLM (Departemen Hindia Barat) juga memulai operasi di Barranquilla dengan pesawat DC-4, memberikan penumpang kesempatan untuk mendapatkan penerbangan berjadwal menuju Curaçao, Netherlands Antilles, Jamaika, Haiti, Republik Dominika, Venezuela dan Trinidad. Pada awal dekade limapuluhan LANSA membuka layanan dari Barranquilla menuju Havana, namun tidak pernah memperoleh izin untuk terbang menuju Miami. Meskipun begitu pada dekade enam puluhan TAXADER membuka pelayanan menuju Miami, namun hanya berjalan beberapa bulan.

Bandara Soledad segera menjadikan dirinya sebagai bandara internasional utama di Kolombia dan menjadi hub utama bagi negara ini. Pada pertengahan tahun 1950an Avianca membuat Soledad menjadi salah satu pusat perawatan penting di Amerika Latin, dua hangar raksasa dibangun untuk menampung beberapa pesawat dalam satu waktu. Di sana terdapat bengkel untuk baling-baling, sistem hidraulik, perangkat keras, sistem mekanik-elektronik dan pelengkung logam. Fasilitas perawatan ini juga memiliki sebuah bengkel pengecatan, gudang suku cadang, dan sekolah teknik. Bengkel ini disertifikasi oleh Civil Aeronautics Board (CAB) of the United States untuk memperbaiki dan melakukan perawatan besar untuk semua jenis pesawat domestik dan asing.

Dengan pembukaan Bandar Udara Internasional El Dorado di Bogota pada Desember 1959, Soledad terdegradasi menjadi bandara terpenting kedua di negara ini. Satu-satunya penyebab landasan pacu bandara ini diperpanjang adalah pengiriman Boeing 727 pertama kepada Avianca tahun 1966. Meskipun begitu, dalam usaha untuk menangani pesawat penumpang jet modern, dan peningkatan lalu lintas penumpang, muncul kebutuhan untuk membangun bandara internasional baru dengan terminal modern, landasan pacu dan jalur taksi yang lebih besar dan semua fasilitas yang dibutuklan kota Barranquilla. Kamudian muncul harapan bahwa proyek ini akan membawa Barranquilla kembali dalam peta dunia sebagai bandara yang menangani banyak maskapai internasional.

Akhirnya pada siang hari pada 7 April 1981, Julio Cesar Turbay, Presiden Republik dan Alvaro Uribe Velez, Ketua dari Aeronáutica Civil meresmikan bandara internasional Barranquilla baru bernama Ernesto Cortissoz. Terminal baru ini, dengan wilayah seluas 35 ribu meter persegi, bersama dengan menara kontrol, apron, jalur taksi, dan landasan pacu (sekarang sepanjang 3.000 meter dan lebar 45m) baru dibangun di sebelah utara Bandara Soledad lama. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Aníbal González Moreno-Ripoll dan terminal baru dibangun oleh firma Walls, Bridges, Ltda Vasquez. Terminal baru memiliki tujuh gerbang domestik dan empat gerbang internasional yang masing-masing memiliki ruang tunggu terpisah. Sisa dari terminal lama diubah menjadi area kargo.

Saat ini, perusahaan Caribbean Airports S. A. "ACSA" adalah operator dari konsesi bandara. ACSA didirikan pada bulan Desember 1996 dan aktivitas utamanya adalah administrasi dan eksploitasi ekonomi dari Bandar Udara Internasional Ernesto Cortissoz. Status ini diberikan oleh negara melalui konsesi kontrak yang dapat diperbarui, dengan nomor 001-CON-97, diputuskan oleh Unit Administrasi Khusus Penerbangan Sipil untuk jangka waktu 15 tahun. Dengan kontrak ini ACSA memulai operasi pada 1 Maret 1997. Berdasarkan kontrak, administrasi dan eksploitasi ekonomi juga meliputi semua layanan bandara, perawatan dan pengaturan terminal, landasan pacu, perhentian pesawat, fasilitas bandara, bantuan visual untuk pendaratan, dan jalan akses. Aeronáutica Civil merupakan manajemen cadangan dan bertanggun jawab atas pengendalian dan pengawasan rute lalu lintas udara dan fungsi khusus bantuan navigasi udara, termasuk pendaratan, komunikasi, dan perlengkapan lain yang penting dan dibutuhkan untuk pangaturan lalu lintas udara.

Bandar Udara Internasional Ernesto Cortissoz diberi nama sesuai salah satu pionir penerbangan paling penting di Kolombia. Ernesto Cortissoz adalah seorang enterpreneur, yang lahir di Barranquilla, bersama dengan empat orang Kolombia dan tiga orang Jerman mendirikan SCADTA pada Desember 1919. Pada 8 Juni 1924 ketika melakukan perjalanan dengan Junkers F.13 "Tolima" bersama dengan eksekutif perusahaan lain, dia meninggal akibat salah satu kecelakaan pesawat pertama di negara ini.

Bandar Udara Internaional Barranquilla adalah sebuah kebanggan bagi penduduknya dan memiliki potensi untuk terus tumbuh dan menjadi hub kargo utama di daerahnya.

Karakteristik Fisik[sunting | sunting sumber]

Wilayah Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Landasan pacu memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter. Pendaratan melalui kedua ujung landasan pacu dipandu oleh perangkan instrumen penerbangan kategori I.

Bandara memiliki sebuah jalur taksi yang paralel denganlandasan pau agar bisa mencapai kedua ujung landasan pacu. Ada tiga titik tikungan di bagian tengah landasan pacu berhubungan dengan jalur taksi dan tempat parkir pesawat, dengan lebar 22.5 m dan dibuat dari beton.

Wilayah parkir[sunting | sunting sumber]

bandara ini memiliki tiga tempat untuk parkir pesawat, tempat tersebut digunakan untuk pesawat penumpang komersial, pesawat kargo, dan pesawat militer. Tempat yang digunakan untuk pesawat penumpang komersial posisinya berlawanan dengan banguanan terminal penumpang dan memiliki 16 tempat parkir. Parkir kargo terletak di sebelah utara terminal penumpang, berada di bagian akhir landasan pacu 23.

Terminal Penumpang[sunting | sunting sumber]

Bandara ini memiliki satu terminal penumpang untuk menangani semua lalu lintas komersial bandara. Di sana terdapat 36 pos pemeriksaan, deretan toko, termasuk sebuah toko bebas pajak, dan kafe dan restoran penumpang. Terdapat dua daerah terbatas bagi penumpang, tergantung destinasi penerbangan (nasional atau internasional). Pada sisi nasional, penerbangan ditempatkan di gerbang 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12 dan 13, masing-masing dengan ruang tunggu penumpang. Untuk akses menuju pesawat, empat gerbang (6, 7, 8 dan 9) memiliki jembatan jet, masing-masing dengan dua pilihan ketinggian.

Di area internasiona; terdapat gerbang 1, 2, 3, 4 dan 5, masing-masing dengan ruang tunggu penumpang. Pesawat mengakses melalui jembatan jet, kecuali untuk gerbang 1. Jembatan pada gerbang 2, 3 dan 5 dapat dipindahkan dengan tiga pilihan ketinggian, sedangkan jembatan jet pada gerbang empat sama dengan yang dipasang di terminal domestik. Penumpang memperoleh bagasinya dalam ruangan untuk keperluan tersebut di lantai pertama, dengan dua sabuk penggerak. Penumpang internasional menerima bagasi mereka di ruang yang sama setelah melalui ruang imigrasi. Setelah meninggalkan bangunan terminal penumpang dapat mengakses area publik yang menampung kantor untuk persewaan kendaraan dan ruang tunggu taksi.

Terminal Kargo[sunting | sunting sumber]

Terminal kargo berlokasi di timur laut terminal penumpang dan memiliki luas bangunan 9,000 m², dan merupakan bekas bangunan terminal. Dek pemuatan dapat menangani dua pesawat secara bersamaan. Penggunaan terminal kargo belum pernah melebihi 30% kapasitas total.

Terminal, maskapai, dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Terminal penumpang[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan Terminal
Aerolínea de Antioquia Corozal, Medellín-Olaya Herrera D
Aires Bogotá, Fort Lauderdale D, I
Avianca Bogotá, Medellín-Córdova, Miami D, I
Copa Airlines Panama City I
Copa Airlines Colombia Bogotá, Panama City, San Andrés Island D, I
EasyFly Bucaramanga, Montería D
Satena Medellin-Olaya Herrera D
Searca Charter Airline D, I
Spirit Airlines Fort Lauderdale I

Terminal Kargo[sunting | sunting sumber]

Insiden[sunting | sunting sumber]

  • Pada 17 Maret 1995, sebuah Intercontinental DC-9 dihancurkan oleh api saat parkir di apron, tidak ada satu orangpun di dalam pesawat.[3]
  • Pada 19 November 2006, sebuah DC-10 yang dioperasikan oleh Cielos Airlines melebihi landasan pacu saat mendarat dalam cuaca buruk, seluruh 6 awak pesawat cedera.
  • Pada 21 November 2006, Avianca Penerbangan 9522 yang tiba dari Bogotá juga melebihi landasan pacu. Seluruh 135 orang selamat.
  • Pada 23 Agustus 2008, Aires Penerbangan 0051 dari Curaçao melewati landasan pacu karena permasalahan pada roda pendarat. Semua 25 orang selamat.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barranquilla-Ernesto Cortissoz Airport (BAQ / SKBQ) at Aviation Safety Network
  2. ^ SKBQ - BARRANQUILLA / Ernesto CortissozPDF (6.492 KB). AIP Colombia. Unidad Administrativa Especial de Aeronáutica Civil. 27 Aug 2009.
  3. ^ Deskripsi kecelakaan untuk 17-Mar-1995 di Aviation Safety Network
  4. ^ Deskripsi kecelakaan untuk 23-Aug-2008 di Aviation Safety Network

Pranala luar[sunting | sunting sumber]