Bahasa Latin Umum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bahasa Latin Rakyat, seperti tertulis pada grafiti di Pompeii, adalah cara rakyat jelata di Kekaisaran Romawi berbicara. Bahasa ini berbeda dengan bahasa Latin Klasik yang dipakai oleh golongan atas Romawi.

Bahasa Latin Rakyat atau bahasa Latin Umum atau bahasa Latin Vulgar (dalam bahasa Latin sermo vulgaris dan bahasa Inggris Vulgar Latin) adalah sebuah istilah luas yang mencakup banyak dialek sehari-hari dan sosiolek (dialek sosial) dari bahasa Latin sampai berkembang menjadi bahasa Roman awal – perbedaan ini biasanya baru dibuat pada sekitar abad ke-9. Istilah ini mencakup bahasa Latin Akhir dan seringkali kedua istilah ini dipakai sebagai sinonim satu sama lain. Walaupun begitu istilah bahasa Latin Rakyat juga dipakai untuk merujuk kepada bahasa sehari-hari dari periode lain, termasuk periode klasik.

Di sini perlu diberi catatan sedikit; dalam bahasa Inggris dan beberapa bahasa Eropa lainnya, bahasa Latin Rakyat ini disebut dengan nama Vulgar Latin yang juga bisa diartikan sebagai "bahasa Latin vulgar" atau "bahasa Latin kasar". Namun kata vulgar di sini artinya tidak lain adalah "umum" atau "rakyat".

Perbedaan antara bahasa Latin sehari-hari dan bahasa Latin Klasik terpadat pada pengucapan, kosakata,dan tatabahasa. Beberapa ciri khas bahasa Latin Rakyat belum muncul sampai pada era terakhir Kekaisaran Romawi. Beberapa ciri khas lainnya, paling tidak bentuk-bentuk dasarnya diperkirakan sudah ada lebih awal.