Bahasa Frisia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Frisia Barat
Frysk
Dituturkan di Belanda
Wilayah Friesland, Groningen
Jumlah penutur 467.000  (2001)
Rumpun bahasa
Status resmi
Bahasa resmi di Provinsi Friesland
Diatur oleh Fryske Akademy
Kode-kode bahasa
ISO 639-1 fy
ISO 639-2 fry
ISO 639-3 fry
Linguasphere 52-ACA-b
Frisian languages in Europe.svg
Persebaran rumpun bahasa Frisia di Eropa:
  Frisia Barat

Frisia Barat (Frysk, bahasa Belanda: Westerlauwers Fries [ˈʋɛstərˌlʌu̯ərs ˈfris]) adalah bahasa yang dituturkan di provinsi Friesland (Fryslân), Belanda utara. Frisia Barat merupakan nama yang digunakan di luar Belanda untuk membedakannya dari bahasa-bahasa Frisia yang lain, yaitu Frisia Saterland dan Frisia Utara yang dituturkan di Jerman. Di Belanda sendiri, bahasa Frisia Barat hanya disebut "Frisia": Fries dalam bahasa Belanda dan Frysk dan bahasa Frisia; Westfries (secara harfiah: Frisia Barat) adalah istilah bahasa Belanda untuk dialek bahasa Belanda yang dituturkan di Friesland Barat, sebuah wilayah di provinsi Noord-Holland.

Nama resmi yang digunakan para ahli bahasa di Belanda untuk bahasa Frisia Barat Westerlauwers Fries (West Lauwers Frisian). Lauwers merupakan aliran yang menjadi batas antara provinsi Friesland dan Groningen.

Di antara 643.000 penduduk Friesland, 94% dapat mengerti bahasa Frisia yang dituturkan, 74% dapat berbicara bahasa Frisia, 74% mampu membaca bahasa Frisia, dan 27% dapat menuliskannya.[1] Bahasa ini juga menjadi bahasa ibu untuk sekitar 55% penduduk Friesland.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Provinsje Fryslân (2007), Fluchhifking Fryske Taal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]