Bagian Miri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miri
Logo resmi Miri
Location of Miri
Letak Kantor DivisiMiri
Pemerintah kawasan lokalMajlis Bandar Miri (MBM)
Majlis Daerah Subis (MDS)
Majlis Daerah Marudi (MDM)
Luas
 • Total26.777,1 km2 (103,387 sq mi)
Populasi
 (2000)
 • Total316.400
 • Kepadatan1,2/km2 (3,1/sq mi)
ResidenAntonio Kahti Galis
Prefiks plat lisensiQM

Bagian Miri adalah salah satu dari dua belas divisi administratif di Sarawak, Malaysia. Divisi tersebut memiliki wilayah seluas 26,777.1 kilometer persegi, dan merupakan divisi terbesar kedua setelah Divisi Kapit.

Populasi Divisi Miri Division (sensus tahun 2000) berjumlah 316,400 orang. Dalam hal etnis, penduduknya meliputi suku Iban, Tionghoa, Melayu, Melanau, Kayan, Kenyah, Lun Bawang dan Kelabit. Karena industri petroleum, terdapat juga populasi pekerja asing yang besar.

Divisi Miri terdiri dari dua distrik: Miri dan Marudi.

Ekonominya sebagian besar berbasis pada petroleum dan gas alam dari wilayah pesisir dan sumur-sumur lepas pesisir, dan pemurnian petroleum, gas alam cair dan produksi kimia. Industri besar lainnya meliputi pengolahan kayu dari hutan hujan tropis di Miri. Mengolah produk-produk kayu, ketimbang ekspor kayu telah memberikan prioritas bagi pemerintah. Pertaniannya meliputi minyak sawit, karet, dan lada sebagai produk-produk utama. Pariwisata, terutama pariwisata ekologi, merupakan sebuah komponen yang bertumbuh dari ekonomi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]