Backdraft

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Backdraft adalah situasi yang dapat terjadi ketika produk kebakaran-gas yang kekurangan oksigen; sehingga pembakaran melambat (karena kurangnya oksigen) tetapi bahan bakar gas mudah terbakar (terutama CO) dan asap (terutama hidro-karbon bebas radikal dan partikel) tetap berada pada suhu di atas titik-api gas bahan bakar. Jika oksigen kembali diperkenalkan ke dalam api, misalnya dengan membuka pintu (atau jendela) ke ruangan tertutup, pembakaran akan restart, sering mengakibatkan efek 'ledakan' sebagai gas yang dipanaskan oleh pembakaran dan berkembang pesat karena suhu yang meningkat pesat (lihat juga flashover ).

tanda-tanda Karakteristik situasi backdraft termasuk asap kuning atau coklat, asap lubang kecil yang keluar dalam tiupan (semacam efek pernapasan) dan sering ditemukan di sekitar tepi pintu dan jendela, dan jendela yang muncul berwarna cokelat atau hitam bila dilihat dari bagian luar . Warna-warna gelap disebabkan oleh pembakaran tidak sempurna (lebih partikel dalam gelap gas mereka). Jika ruangan berisi banyak jelaga (partikel), ini menunjukkan bahwa ruangan tidak memiliki cukup oksigen untuk memungkinkan pembakaran dari partikel-partikel jelaga. Petugas pemadam kebakaran sering terlihat untuk melihat apakah ada jelaga di bagian dalam jendela dan di celah-celah di sekitar ruangan. Jendela mungkin telah retak karena panas. Jendela struktur juga mungkin memiliki getaran sedikit karena perbedaan tekanan yang bervariasi. Lingkungan sekitar (misalnya lorong di luar ruangan backdraft diduga) akan sangat panas.

Jika petugas pemadam kebakaran menemukan sebuah ruangan menarik udara ke dalam dirinya, misalnya melalui celah, mereka umumnya evakuasi segera, karena ini merupakan indikasi kuat bahwa backdraft adalah dekat. Karena perbedaan tekanan, ini gumpalan asap kadang-kadang "tersedot" kembali ke dalam ruang tertutup dari mana mereka berasal, yang mana "backdraft" istilah berasal.

Backdrafts situasi sangat berbahaya, sering petugas pemadam kebakaran mengejutkan, terlepas dari tingkat pengalaman. Taktik yang paling umum digunakan oleh petugas pemadam kebakaran dalam melepas mata rantai suatu backdraft potensial untuk ventilasi dari titik tertinggi, sehingga panas dan asap melarikan diri tanpa memicu eksplosif.<-! Out Komentar, 22 Juli 10 karena unreadability (jika keluar (di bawah kondisi yang dijelaskan di atas) terjadi kontak udara dan segera akan membakar!) ->

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Backdrafts memasuki kesadaran populer lewat film 1991 Backdraft , mana pembakar serial menggunakan mereka sebagai alat membunuh orang.

Sebuah variasi yang menarik pada fenomena ini terjadi setelah 1906 gempa bumi San Francisco dan api. Pada hari-hari setelah orang-orang api beberapa bisnis membuka lemari besi hangat untuk melihat apakah kertas mereka aman. Lonjakan tiba-tiba oksigen ke dalam gas yang masih panas dari interior yang sekarang berisi bahan bakar gas pyrolyzed karena kertas dipanaskan (hidrokarbon) di dalamnya, menyebabkan pembakaran segera dan bahan peledak dari isi utuh yang tersisa.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]