Baba Yaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Baba Jaga, by Viktor Vasnetsov.

Baba Yaga adalah karakter jelek dalam cerita rakyat Slavia.[1] Dia terbang dan juga menculik anak-anak kecil serta memakannya juga.[1] Ia tinggal di sebuah gubuk kecil.[1] Dalam cerita rakyat Slavia, ia digambarkan sebagai tokoh antagonis.[1] Nama Baba Yaga terdiri dari dua elemen.[1] Baba berarti "wanita tua" atau "nenek" yang digunakan dalam bahasa Slavia.[2] Unsur kedua adalah Yaga yang berarti pemalas.[2] Baba Yaga memiliki nama yang berbeda dalam masyarakat Slavia.[2] Bagi masyarakat Ceko, Polandia dan Slovekia, Baba Yaga dieja dengan Jezibaba.[2] Di Slovenia, nama Baba Yaga dibalik menjadi Jaga Baba.[2] Di Rusia, Bulgaria, Ukraina dan Belarusia, Baba Yaga diterjemahkan sebagai Baba Yaha di Ukraina dan Baba Jaha di Belarusia).[2] Dalam bahasa Slavia Selatan dan tradisi, ada penyihir tua yang sama, yang ditulis Baba Yaga di Kroasia, Serbia dan Bosnia, dan Рога Баба di Serbia dan Macedonia.[2] Di Rumania nama ini disebut Baba Cloanţa.[2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris)Mircea Aliade. 1987. The Encyclopedia of Religion. New York: Macmillan Publishing Company. Pg.32.
  2. ^ a b c d e f g h (Inggris)Wendy Doniger. 2006. Britannica Encyclopedia of World Religion. London: Encyclopedia Britannica. pg.104.