BTR-90

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
BTR-90
Tipe Pengangkut personel lapis baja (APC)
Negara asal  Rusia
Sejarah produksi
Tahun 1994
Diproduksi 2004 – sekarang
Spesifikasi
Berat 20,9 ton
Panjang 7,64 m
Lebar 3,20 m
Tinggi 2,98 m
Awak 3 (+7 penumpang)

Tempur Rahasia
Senjata
utama
Meriam otomatis 2A42 kaliber 30 mm (kapasitas 500 butir amunisi)
Senjata
pelengkap
Senapan mesin PKT 7,62 mm (kapasitas 2000 butir amunisi),
AT-5 Spandrel ATGM,
satu unit pelontar granat otomatis 30 (kapasitas 400 butir amunisi).
Jenis Mesin Mesin diesel turbocharged
510 hp (380 kW)
Daya kuda/ton 24 hp/tonne
Suspensi Independen pada semua roda (8x8)
Daya jelajah 800 km
Kecepatan 100 km/jam,
9 km/jam dalam air

BTR-90 (GAZ-5923) (bahasa Rusia: бронетранспортер, Bronetransportyor (kendaraan lapis baja), disingkat BTR) adalah kendaraan pengangkut lapis baja (APC) berpenggerak roda 8x8 buatan Rusia, APC ini dirancang pada tahun 1993 dan pertama kali tampil di khalayak umum pada tahun 1994. Merupakan varian yang lebih besar dari seri sebelumnya yaitu BTR-80, kendaraan ini dilengkapi dengan bagian atas (turret) dari BMP-2. Pelindung yang lebih baik dai BTR-80 memberikan perlindungan terhadap penetrasi proyektil kaliber 14,5 mm.

Kendaraan ini dilengkapi dengan meriam otomatis 2A42 kaliber 30 mm, senapan mesin kaliber 7,62 mm dan meriam anti tank (ATGM) AT-5 Spandrel juga pelontar granat otomatis AGS-17 kaliber 30 mm. Produksi dalam jumlah terbatas telah digunakan oleh militer Rusia.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pengembangan kendaraan ini dilakukan di Arzamas Machine Building Plant (AMZ) yang merupakan anak perusahaan dari GAZ Joint Stock Company. Pengembangan dimulai sejak awal tahun 1990an, purwarupa pertama selesai pada tahun 1994 dan pada tahun yang sama diperkenalkan ke publik. Kendaraan ini diperuntukan sebagai kendaraan pendukung militer Rusia yang berfungsi sebagai kendaraaan pengangkut personel, kendaraan intai, dan patroli. Varian yang beragam dapat dibuat dengan memakai chassis BTR-90 ini. Kendaraan ini dirancang dengan kemampuan mobilitas yang tinggi di berbagai medan jalan dan pertempuran sekaligus memberikan kepada kru dan penumpangnya. BTR-90 dilengkapi dengan persenjataan yang digunakan pada BMP-2.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Bagian depan dari BTR-90 bentuk lancip sama halnya seperti kendaraan APC LAV-25. Dengan ukuran yang dibuat lebih besar dan tinggi dari pendahulunya BTR-80.

Mesin diesel turbo charger, liquid cooled dan sistem multi-fuel digunakan sebagai mesin BTR-90 dan dapat menghasikan power sebesar 510 bhp. Bagian roda dibuat dengan desain delapan roda dan kemampuan bergerak mundur, lengkap dengan kemampuan pergerakan kecepatan roda yang berbeda pada masing-masing rodanya. Teknologi Duplicated electrical dan compressed air engine start systems juga melengkapi kemampuan kendaraan ini. Setiap roda dilengkapi dengan suspensi independen.

Peralatan komunikasi internal dan eksternal antara lain : satu set radio R-163-50U untuk komunikasi eksternal, penerima radio R-163UP dan interkom R-174 untuk komunikasi internal antar kru kendaraan.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Susunan dan posisi peralatan dan bagian-bagian pada BTR-90 sama seperti tata letak pada BTR-80 dan BTR-80A. Komandan kendaraan dan gunner (penembak) berada kompartemen (ruangan) tempur pada bagian turret kendaraan. Kompartemen ini berisi alat bidik BPKZ-42 modus siang/malam bagi gunner (penembak), dan alat bidik optik 1P-13 bagi komandan kendaraan. Sebagai opsi tambahan, alat bidik thermal BPK-M dapat pula dipasang dalam kompartemen ini sebagai tambahan alat bantu membidik bagi gunner.

Posisi pengemudi berada di bagian tengah lambung kendaraan tepat di depan turret. Tempat duduk penumpang berada di belakang pengemudi dan turret, sedangkan mesin terdapat pada bagian belakang lambung kendaraan.

Pintu masuk berada pada bagian atas turret dan lambung kendaraan, sedangkan pintu samping terdapat pada bagian tengah. Posisi ini sengaja dirancang untuk memudahkan masuk dan keluarnya awak dan penumpang dari dan masuk ke dalam kendaraan meskipun kendaraan ini sedang dalam posisi bergerak.

Bagian roda terbagi dalam dua kelompok, dua pasang terdapat pada bagian depan lambung kendaraan dan dua pasang tedapat pada bagian belakangnya. Pintu samping terdapat di antara dua pasang roda ini. Dua pasang roda bagian depan dilengkapi dengan kemampuan power steering.

Fitur dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Pada jalanan rata dan lurus kendaraan ini mampu menembus kecepatan sampai dengan 100 km/jam dan pada kondisi medan berat kecepatan rata-ratanya berkisar pada 50 km/jam.

Kendaraan ini mempunyai kemampuan amfibi dan dapat masuk dan berjalan dalam air tanpa perlu adanya persiapan terlebih dahulu. Penggerak dalam air berupa dua unit propeler jet dengan kecepatan maksimum 9 km/jam. Kendaraan ini dapat diluncurkan dari kapal ampibi dari kedalaman air. Secara keseluruhan BTR-90 mampu diluncurkan dari kendaraan darat seperti dari truk atau kereta api, dari dalam air dan juga udara.

Transmisi hidro mekanis meningkatkan manuver dengan cara memberikan kecepatan yang berbeda pada masing-masing rodanya. Hal ini menjadikan BTR-90 memiliki kemampuan belok rendah dengan radius 6 meter. Ketika berbelok dengan menggunakan roda bagian depannya, kendaraan ini mempunyai radius putar sebesar 14 meter. Rintangan yang dapat ditembus oleh BTR-90 antara lain : parit dengan lebar 2,1 meter, turunan dengan kemiringan 60 %, lereng dengan kemiringan 30 % dan pijakan vertikal 0,8 meter.

Kapasitas isi kendaraan sebesar 12 meter kubik, dan dapat mengangkut beban seberat 7000 kilogram. Sebagai pilihan tambahan sistem pendinginan ruangan (AC) dapat ditambahkan ke dalam sistem kendaraan. Komandan kendaraan dapat mengambil alih kendali peralatan pengamatan dan juga dapat mengambil alih kendali persenjataan. Sistem onboard information control system (OICS) memungkinkan adanya kontrol otomatis pada sistem transmisi, mesin, dan bagian-bagian penting pada kendaraan, sistem ini merupakan yang pertama kalinya terdapat dalam sebuah kendaraan pengangkut lapis baja (APC). Pengontrol tekanan ban terpusat terdapat pada kendaraan ini dan memungkinkan kendaraan untuk tetap bergerak meskipun empat dari delapan rodanya rusak.

Lapisan pelindung[sunting | sunting sumber]

Pelindung lapis baja kendaraan ini terbuat dari pelat baja yang dilas. Pelindung ini memberikan perlindungan terhadap penetrasi proyektil kaliber 14,5 mm pada bagian depan kendaraan. Pelindung bagian samping dapat menahan penetrasi peluru dari senapan mesin kaliber berat dan pecahan peluru meriam.

Pelat pelindung tambahan dapat dipasang sebagai opsi tambahan perlindungan pada kendaraan ini. Perlindungan aktif bagi kendaraan juga dapat digunakan, antara lain pelindung ledakan aktif (explosive reactive). Pelindung aktif ini dapat dipasang pada pelindung kendaraan yang sudah ada sebelumnya. Untuk perlindungan tambahan lainnya yaitu periskop dapat dipasang sebagai pengganti bagian kaca depan kendaraan.

Pelindungan terhadap senjata nuklir, biologi dan kimia (NBC) tersedia untuk dipasang pada kendaraan, pelindung ini dapat melindungi awak dan penumpang dari bahaya radiasi nuklir, debu radioaktif, dan ancaman senjata bakteri dan senjata kimia.

Ban kendaraan dapat menahan ledakan dari ranjau dan proyektil senjata api ringan. Ketika kendaraan mengalami kerusakan dalam air, sistem drainase yang sudah ada akan memopa air yang masuk. Sistem menembak otomatis melengkapi fitur dari kendaraan ini, juga terdapat sitem bom asap yang dapat didetonasi dari jarak jauh. Tiga unit pelontar granat terdapat pada tiap sisi kendaraan.

Persenjataan[sunting | sunting sumber]

Senjata utama kendaraan ini adalah meriam otomatis Shipunov 2A42 kaliber 30 mm dengan kapasitas amunisi yang dapat diangkut dalam kendaraan sebanyak lima ratus butir.

Senapan mesin PKT 7,62 mm dengan kapasitas 2000 butir peluru dan pelontar granat otomatis AGS-17 kaliber 30 mm merupakan senjata sekunder dari kendaraan ini.

Sistem rudal kendali untuk sasaran lapis baja juga tersedia. Senjata ini terdiri dari empat unit AT-5 Spandrel (Konkurs) yang dipasang pada bagian turret, senjata ini dapat dilepas pasang dan dapat digunakan untuk meluncurkan rudal dari darat.

Semua persenjataan dipasang pada turret dan dipandu oleh sebuah sistem pengontrol tembakan. Sistem kontrol persenjataan ini dapat digunakan baik pada saat kendaraan melaju dan berbagai kondisi cuaca. Bagian turet kendaraan dapat berputar 360 derajat dengan sudut antara -5 sampai dengan +75 derajat. Persenjataan mampu mencapai sasaran sampai dengan jarak 4 km. Helikopter dan benteng dapat dicapai dengan jarak maksimum 2,5 km.

Selain persenjataan yang terdapat pada kendaraan, awak dan penumpang juga dapat memberikan tembakan dukungan atau tembakan perlindungan melalui lubang yang tersedia pada beberapa bagian kendaraan.

Perbandingan beberapa APC modern[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah perbandingan beberapa model APC modern termasuk BTR-90.

Perbandingan dengan beberapa model APC modern
Fahd 280-30[1][2] BTR-3U [3] VBCI[4] LAV-25[5] Type-92 IFV[6] BTR-90[5][7] VBM Freccia[8]
Negara asal  Mesir  Ukraina  Perancis  Kanada  Tiongkok  Rusia  Italia
Berat 125 t (138 berat kotors) 164 t (181 berat kotors) 26 t (29 berat kotors) 128 t (141 berat kotors) 125 t (138 berat kotors) 209 t (230 berat kotors) 26 t (29 berat kotors)
Senjata utama 30 mm (1.2 in) 2A42 meriam otomatis 30 mm (1.2 in) dual-feed cannon 25 mm NATO dual-feed cannon 25 mm NATO M242 chain gun 25 mm (0.98 in) Autocannon 30 mm (1.2 in) 2A42 meriam otomatis 25 mm (0.98 in) Oerlikon KBA
Senjata sekondari 762 mm (30.0 in) FN MAG senapan mesin 762 mm (30.0 in) coaxial senapan mesin 762 mm (30.0 in) coaxial senapan mesin 2 x 762 mm (30.0 in) M240 senapan mesin 762 mm (30.0 in) coaxial senapan mesin 762 mm (30.0 in) PKT senapan mesin
pelontar granat
762 mm (30.0 in) coaxial senapan mesin
Rudal AT-5 Spandrel (70-4,000 meters) AT-5 Spandrel (70-4,000 meters) AT-5 Spandrel (70-4,000 meters) Spike LR (200-4000 meters)
Road range 700 km (430 mil) 600 km (370 mil) 750 km (470 mil) 660 km (410 mil) 800 km (500 mil) 800 km (500 mil) 800 km (500 mil)
Kecepatan maksimum 100 km/j (62 mph) 85 km/j (53 mph) 100 km/j (62 mph) 100 km/j (62 mph) 85 km/j (53 mph) 100 km/j (62 mph) 110 km/j (68 mph)
Kapasitas maksimum 3 awak + 7 penumpang 3 awak + 6 penumpang 2 awak + 9 penumpang 3 awak + 6 penumpang 3 awak + 9 penumpang 3 awak + 9 penumpang 3 awak + 8 penumpang

Varian[sunting | sunting sumber]

Purwarupa mulai dibuat dengan kode BTR-90M dengan fitur senjata utama 100 mm dan sistem rudal kaliber 30 mm, turrent untuk purwarupa ini menggunakan turret dari BMP-3. Pertama kali diperkenalkan ke khalayak pada tahun 2001 tapi tidak langsung dipakai oleh militer. Varian lain dari BTR-90 dengan fitur senjata anti tank 125 mm yang merupakan modifikasi dari senjata 2S25 juga dibuat.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Saat ini BTR-90 hanya digunakan oleh militer Rusia. Sejumlah kecil dari kendaraan ini digunakan juga oleh Kementrian dalam negeri Rusia. Kendaraan ini tersedia untuk pasar ekspor, tapi belum ada negara lain yang berminat untuk membelinya. Militer Rusia lebih memilih untuk meningkatkan kemampuan BTR-80 yang sudah ada menjadi BTR-80A Standar seraya membeli beberapa unit BTR-90 untuk digunakan oleh Kementrian dalam negeri dan kemungkinan untuk membeli beberapa unit bagi pasukan khusus Spetsnaz.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FAHD armoured vehicle". Arab Organization for Industrialization. Diakses 2009-01-27. [pranala nonaktif]
  2. ^ "FAHD". Kader factory. Diakses 2009-01-27. [pranala nonaktif]
  3. ^ "BTR-3U Armoured Personnel Carrier". KMDB. Diakses 2009-01-27. 
  4. ^ "VBCI Wheeled Infantry Fighting Vehicle, France". SPG Media Limited, army-technology. Diakses 2008-09-28. 
  5. ^ a b "BTR-90 (GAZ 5923) specifications". globalsecurity.org. Diakses 2008-09-28. 
  6. ^ "ZSL92 Wheeled Armoured Vehicle". SinoDefence. Diakses 2008-09-28. 
  7. ^ "BTR-90". Modern Armored Vehicles. On War. Diakses 2008-09-28. 
  8. ^ "VBM Freccia". military-today.com. Diakses 2011-09-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]