Azad Kashmir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Azad Jammu dan Kashmir
آزاد جموں و کشمیر
Azad Jammu o Kashmir
Bendera Azad Jammu dan Kashmir
Lambang resmi Azad Jammu dan Kashmir
Azad Jammu dan Kashmir (AJK) ditampilkan berwarna merah. Pakistan dan teritori terkontrol Pakistani dari Gilgit-Baltistan ditampil berwarna putih.
Azad Jammu dan Kashmir (AJK) ditampilkan berwarna merah. Pakistan dan teritori terkontrol Pakistani dari Gilgit-Baltistan ditampil berwarna putih.
Didirikan1947
IbukotaMuzaffarabad
Kota besarMuzaffarabad
Pemerintahan
 • JenisOtonomi
 • PresidenSardar Muhammad Yaqoob Khan
 • Perdana MenteriChaudhry Abdul Majid
Luas
 • Total13,297 km2 (5,134 sq mi)
Populasi
 (2008; est.)
 • Total4.567.982
 • Kepadatan0,34/km2 (0,89/sq mi)
Zona waktuUTC+5 (PKT)
Kode ISO 3166PK-JK
Bahasa utamaPahari
Situs webwww.ajk.gov.pk

Azad Kashmir (bahasa Urdu: آزاد جموں و کشمیر) adalah adalah wilayah entititas politik yang dikuasai Pakistan bagian dari Jammu dan Kashmir, yang tidak lagi ada sebagai akibat dari perang Kashmir pertama. Bagian utara lebih besar dari dua entitas politik adalah wilayah Pakistan yang dikuasai Gilgit-Baltistan. Azad Jammu dan Kashmir berbatasan dengan negara bagian India Jammu dan Kashmir di sebelah timur (dipisahkan dari itu oleh Garis Kontrol ), Provindi Pakistan Khyber Pakhtunkhwa di sebelah barat, dan Punjab di selatan. Dengan ibu kota di Muzaffarabad, Azad Jammu dan Kashmir meliputi wilayah seluas 13.297 kilometer persegi dan memiliki perkiraan populasi sekitar empat juta.

Azad Jammu dan Kashmir dan Gilgit Baltistan-bersama-sama merupakan daerah disebut sebagai "Kashmir yang dikuasai Pakistan" oleh PBB dan organisasi internasional lainnya dan sebagai "Pakistan-Kashmir yang diduduki" di India, di Berbeda dengan nama India-Kashmir Administered dan "Kashmir India yang diduduki" (di Pakistan) mengacu pada negara bagian India Jammu dan Kashmir.

Penduduk Azad Jammu dan Kashmir adalah mayoritas Muslim. Mayoritas penduduk berbudaya, bahasa, yang terkait dengan orang Punjab utara. Bahasa-bahasa utama yang dipakai adalah Pahari, Gojri, Dogri, Potohari, Urdu, Kashmir, Pashto, dan Punjabi . Sejumlah besar penduduk daerah ini memiliki kerabat yang tinggal di Inggris. Khususnya Mirpur Yang masih mempertahankan hubungan kuat dengan Inggris.

State symbols of Azad Jammu and Kashmir
State animal
State bird
State tree
State flower
State sport

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Azad Jammu dan Kashmir (AJK) adalah sebuah negara berpemerintahan sendiri di bawah kontrol Pakistan, tetapi di bawah konstitusi Pakistan yang seperti bagian dari Pakistan. Azad Kashmir memiliki presiden terpilih sendiri, perdana menteri, DPR, pengadilan tinggi, dan bendera resmi sendiri. Negara memiliki itu peradilan sendiri juga dengan Khawaja Shahad Ahmad sebagai Ketua MA Azad Kashmir sekarang.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]