Ayesha (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ayesha
Sampul edisi pertama
PengarangH. Rider Haggard
Negara Britania Raya
BahasaInggris
SeriAyesha Series
Genre
PenerbitWard Lock
Tanggal terbit
1905
Jenis mediaPrint (sampul keras & sampul lunak)
Halaman384 pp
ISBNISBN 978-1515054283
Didahului olehAllan Quatermain 

Ayesha, the Return of She adalah novel beraliean gothic - fantasi oleh penulis asal Inggris bernama H. Rider Haggard, yang diterbitkan pada tahun 1905, sebagai sekuel dari She. Secara kronologis, ini adalah novel terakhir dari seri Ayesha dan Allan Quatermain. Ini adalah serial di Windsor Magazine edisi 120 (Desember 1904) hingga 130 (Oktober 1905), diilustrasikan oleh Maurice Greiffenhagen.

Novel tersebut diterbitkan oleh Newcastle Publishing Company sebagai volume keempat belas dari seri Newcastle Forgotten Fantasy Library pada Oktober 1977.

Di bagian pendahuluan, Haggard menghubungkan nama Aisyah dengan istri Muhammad, dan nama Arab. (Arabic: عائشة, ʻĀʼishah, diucapkan [ˈʕaːʔɪʃa]), menyatakan bahwa itu harus diucapkan "Assha" /ˈɑːʃə/,[1] meskipun pengucapan A·ye·sha /ɑːˈjɛʃə/ atau /ɑːˈjʃə/ mungkin lebih umum. Bersama dengan tiga novel lainnya dalam seri ini, Ayesha, Return of She diadaptasi menjadi film tahun 1935 berjudul sama She.

Riwayat sastra[sunting | sunting sumber]

Haggard mempersembahkan novel ini kepada temannya bernama Andrew Lang.[2] Delapan belas tahun berlalu di antara buku-buku, dan berada dalam kehidupan para karakter.[3]

Berlatar di Tibet, reinkarnasi tersebut menjadi prinsip Buddha di Tibet yang akrab Namun kisah belakang diatur di Mediterania kuno, Mesir, Arab, dll.

Putri Haggard, Lilias dalam biografinya menjelaskan asal usul nama-nama itu: 'Dan-Siapa-Yang-Harus-Ditaati' adalah boneka di kamar bayi penulis. Aisyah yang bersumber dari bahasa Arab, yang secara tradisional menjadi salah satu dari nama istri Muhamad sebuah catatan dibuat Haggard menunjukkan bahwa kata tersebut harus diucapkan "Assha");[1] Ia adalah nama alternatif untuk Isis.[4]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Haggard, H. Rider (1905). Ayesha: The Return of She. New York: Grosset & Dunlap. hlm. 7. 
  2. ^ Haggard, H. Rider (1905). Ayesha: The Return of She. New York: Grosset & Dunlap. hlm. 5. 
  3. ^ Burns, Christopher. "Ayesha: The Return of She". The Literature Network. 
  4. ^ Foreman, J. B. "Introduction". In: Haggard, H. Rider (1957) Ayesha, the return of She. London: Collins

Pranala luar[sunting | sunting sumber]