Autodelta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Autodelta SpA adalah nama departemen kompetisi dari Alfa Romeo. Didirikan tahun 1961 sebagai Auto-Delta, perusahaan dimulai oleh Carlo Chiti, mantan mekanik Alfa Romeo dan Ferrari, dan Ludovico Chizzola, mantan penjual resmi Alfa Romeo. Tim secara resmi menjadi departemen dari Alfa Romeo pada 5 Maret 1963.[1] Tim awalnya berbasis di Feletto Umberto, Udine, sebelum pindah ke dekat fasilitas Alfa Romeo di Settimo Milanese pada tahun 1964 dan secara resmi menjadi Autodelta SpA. Hal ini memungkinkan Autodelta menggunakan lintasan uji coba Balocco untuk prototip mobil balap baru.

Tujuan dari perusahaan adalah membawa Alfa Romeo lembali ke level atas balap mobil setelah sukses tahun 1950an. Mobil pertama yang dikembangkan bersama oleh Alfa Romeo dan Autodelta adalah Giulia TZ yang diperkenalkan pada Juni 1962.[2] TZ dikembangkan menjadi TZ2 pada tahun 1965, dimana keduanya memperoleh banyak kemenangan di berbagai kejuaraan. Alfa Romeo dan Autodelta kemudian memperkenalkan GTA untuk mendapat sukses lebih.

Setelah sukses di balap grand tourer, Chiti meminta Alfa Romeo untuk membangun mobil balap untuk World Sportscar Championship. Alfa Romeo membangun mesin baru flat-12 untuk kemudian menjadi Tipo 33. Program ini membawa Alfa Romeo memenangkan gelar konstruktor pada tahun 1975 dan 1977.

Setelah memenangkan sportscars championships, Alfa Romeo beralih untuk memasok mesin ke tim formula satu Brabham[3] dan kemudian kembali sebagai tim pada tahun 1979, dengan operator Autodelta. Tim juga mempersiapkan mobil reli Alfa Romeo seperti keluarga Alfetta GTV.

Meskipun divisi secara resmi ditutup, Alfa Romeo menggunakan nama Autodelta lagi sebagai tim AutoDelta Squadra Corse dalam European Touring Car Championship di awal abad 21. Sejak ditutup, nama Autodelta hadir setelah digunakan oleh tuner Alfa Romeo asal Inggris Jano Djelalian mulai 1987 dan masih terus berjalan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pat Braden. "Alfa Corse/Autodelta History". velocissima.com. Diakses 2007-08-31. 
  2. ^ "Autodelta - a history". italiancar.net. Diakses 2007-08-31. 
  3. ^ "Carlo Chiti". historicracing.com. Diakses 2007-08-31.