Aulopiformes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aulopiformes
Aulopus purpurissatus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Superordo:
Cyclosquamata
Ordo:
Aulopiformes

Famili

Lihat teks

Sinonim

Macristidae

Aulopiformes adalah salah satu ordo ikan bersirip kipas laut yang anggotanya beragam. Di dalamnya terdiri dari famili dan genus ikan yang masih ada maupun yang sudah punah. Namanya berarti "berbentuk Aulopus". Aulopus sendiri merupakan salah satu genus ikan dalam ordo ini. Namanya berasal dari gabungan antara sebuah kata dalam bahasa Yunani Kuno yakni αὐλός (Aulos, artinya "seruling" atau "pipa") dengan sebuah kata dalam bahasa Latin yakni forma ("bentuk luar"). Penamaan dengan Aulos mengacu pada bentuknya yang memanjang dari kebanyakan jenis ikan dalam ordo ini.

Daftar famili[sunting | sunting sumber]

Subordo Alepisauroidei
Subordo Chlorophthalmoidei
Subordo Enchodontoidei
Subordo Giganturoidei
Subordo Synodontoidei

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Woodhouse, S.C. (1910). "Flute". English-Greek Dictionary - A Vocabulary of the Attic Language. Broadway House, Ludgate Hill, E.C.: George Routledge & Sons Ltd. hlm. 330. 
  • Glare, P.G.W., ed. (1982). "forma". Oxford Latin Dictionary (edisi ke-1st). Oxford: Oxford University Press. ISBN 0-19-864224-5. 
  • Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2006). "Aulopiformes" in FishBase. April 2006 version.
  1. ^ Uyeno, Teruya. "A Miocene alepisauroid fish of a new family, Polymerichthyidae, from Japan." Bull. Nat. Sci. Mus 10 (1967): 383-394.