Aulis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Aulis adalah kota pelabuhan di Yunani kuno. Aulis terletak di Boiotia di Yunani tengah, di Selat Euripos, berseberangan dengan pulau Euboia.

Aulis tidak pernah menjadi polis merdeka. Aulis dikuasai oleh Thebes pada tahun 378 SM dan kemudian oleh Tangra.[1]

Dalam mitologi Yunani, armada Yunani berkumpul dahulu di Aulis sebelum berangkat untuk menyerang Troya. Akan tetapi keebrangkatan mereka tertunda karena dewi Artemis marah pada Agamemnon, yang telah membunuh seekor rusa di hutan suci Artemis dan menyombongkan diri seabgai pemburu yang lebih hebat daripada Artemis. Maka sang dewi menghentikan angin sehingga armada Yunani tidak dapat berlayar. Agamemnon akhirnya mengurbankan putrinya, Ifigeneia, supaya Artemis tak lagi marah. Kisa tersebut diceritakan dalam Iliad karya Homeros.

Pada tahun 389 SM raja Sparta Agesilaos II meniru Agamemnon dan memilih Aulis sebagai tempat awal untuk berlayar ke Asia. Namun pasukannya dicegat oleh armada Thebes dan diusir keluar dari Boiotia[2] Peristiwa tersebut dianggap sebagai penyebab kebencian pribadi Agesilaos terhadap Thebes,[3] yang sangat berpenagruh terhadap hubungan antara Aparta dan Thebes selama 25 tahun kemudian sampai terjadinya Pertempuran leuktra yang menentukan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Xenophon, Hellenica iii
  2. ^ Xenophon, Hellenica iii
  3. ^ Xenophon, Hellenica iii