Atlas Air

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Atlas Air
Atlas Air Logo.svg.png
IATA ICAO Kode panggil
5Y GTI GIANT
Didirikan 1992
Ukuran armada 21
Kota tujuan 101
Kantor pusat Purchase, New York
Orang penting
Situs web http://www.atlasair.com/aa/

Atlas Air ialah pesawat kargo yang bermarkas di Purchase, New York, Amerika Serikat, yang mengoperasikan penerbangan pengangkutan terjadwal atas dasar kontrak ACMI untuk beberapa penerbangan utama dunia, terbang ke 101 kota di 46 negara.[1] Pangkalan krunya termasuk di: Bandara Internasional Miami, Bandara Internasional John F. Kennedy (New York), Bandara Internasional Los Angeles, Bandara Internasional Anchorage dan Bandara Stansted London.

Atlas Air Boeing 747-200

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai ini didirikan pada bulan April 1992 oleh Michael Chowdry, mengkhususkan diri dalam outsourcing kontrak jangka panjang dari pesawat Boeing 747-nya. Maskapai ini mulai beroperasi pada tahun 1993 dengan 1 Boeing 747 dan dikontrak oleh China Airlines. Pada tahun 1995 keduanya mulai berdagang secara terbuka di NASDAQ, dan pada tahun 1997 muncul di New York Stock Exchange. Sebuah tawaran publik saham 4 juta dibuat pada bulan Agustus 1998. Pada tahun 2001 maskapai ini memperkenalkan program baru sewa dan layanan, berdasarkan pada model ACMI (Aircraft-Crew-Maintenance-insurance). Dengan program baru ini, pesawat kargo Atlas Air akan dapat dioperasikan maskapai lain seperti untuk penerbangan carter. Pada bulan Juli 2004 Atlas Air menyempurnakan rencana restrukturisasinya dan muncul dari perlindungan kebangkrutan Chapter 11.[1] Sekarang, AAWWH mengumumkan bahwa DHL sudah membeli hak jangka panjang untuk mengangkut beberapa kargonya di pesawat Polar.

Atlas Air Worldwide Holdings, Inc. (NASDAQ: AAWW) memiliki sepenuhnya Atlas Air,[1] Polar Air Cargo, dan saham dari Global Supply Systems (49%).

Maskapai ini dinamai menurut Dewa Yunani terkenal, Atlas, yang menyangga dunia di bahunya. Lambang maskapai ini adalah seorang lelaki emas menyangga dunia emas.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Atlas Air dan Polar Air Cargo membawa barang ke seluruh dunia, termasuk destinasi seluruh Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Pasifik, juga Amerika. Tujuan khusus bervariasi karena perubahan kebutuhan konsumen dan tren kargo udara musiman.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Directory: World Airlines". Flight International. 27 Maret 2007. hlm. 80. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]