Assim Al-Hakeem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Assim al-Hakeem
Nama lainSyekh Assim al-Hakeem
Informasi pribadi
Lahir
Assim bin Luqman al-Hakeem

(1962-11-23)23 November 1962
AgamaIslam
DenominasiSunni
AlmamaterUniversitas Raja Abdul Aziz
Universitas Umm Al-Qura
Pekerjaan
Pemimpin Muslim
Situs webwww.assimalhakeem.net

Assim bin Luqman al-Hakeem (bahasa Arab: عاصم بن لقمان الحكيم; lahir 23 November 1962) adalah seorang tokoh terkemuka dalam Islam.[1] Syekh Assim terkenal sebagai salah seorang pendakwah Islam berbahasa Inggris di Arab Saudi.[2] Di Indonesia, Syekh Assim al-Hakeem mendapatkan popularitas yang tinggi melalui jawaban-jawabannya atas pertanyaan umat yang diunggah ulang melalui media sosial.[3][4][5]. Dalam sebuah video youtube ketika berceramah di Malaysia, Syekh Assim menyatakan bahwa dia juga merupakan keturunan dari Indonesia karena kakeknya merupakan orang asli Medan dan berprofesi sebagai seorang hakim di kesultanan pada saat itu, ayah Syekh Assim dikirim ke Saudi Arabia oleh kakeknya untuk belajar ilmu agama kemudian menjadi warga Saudi Arabia, sehingga Syekh Assim dilahirkan dan tumbuh di Kerajaan Saudi Arabia.[6]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Syekh Assim tumbuh dalam keluarga yang religius. Sejak muda, Syekh Assim sudah tertarik dengan studi Islam. Syekh Assim menyelesaikan sekolah menengah tahun 1980. Ia menerima gelar gelar BA dalam Linguistik dari Universitas Raja Abdul Aziz, Jeddah tahun 1987 dan gelar yang lebih tinggi dalam studi Islam di Universitas Umm Al-Qura, Makkah tahun 1998. Selama beberapa tahun, Syekh Assim telah mempelajari buku-buku ulama besar Syekh Ibnu Utsaimin.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Syekh Assim memulai pengalaman kerjanya pada tahun 1988 dengan bekerja sebagai guru bahasa Inggris di SMA.[2] Syekh Assim adalah Imam Masjid di Jeddah, peran yang telah dipegangnya selama 20 tahun terakhir, di mana Syekh penceramah salat jumat dan ceramah tentang berbagai ilmu pengetahuan Islam.

Syekh Assim al-Hakeem aktif berbahasa Inggris dalam mendakwahkan Islam, Syekh Assim berpartisipasi secara rutin dalam menyiapkan dan membawakan beberapa program bahasa inggris Islami di kanal media sosial, seperti Questions and Answers (ASK HUDA), Umdatul Ahkaam, Youth Talk, dan Mercy to the Worlds. Syekh Assim juga berdakwah di berbagai saluran TV dan radio seperti Al Huda, Peace TV[2], Iqra (dalam bahasa Arab), dan saluran Saudi 2.

Syekh Assim sering bepergian ke Eropa, Asia, dan Timur Tengah untuk menyampaikan ceramah Islam atas undangan organisasi lokal dan internasional, yang sebagian besar dapat ditemukan di YouTube.[7]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Syekh Assim bekerja 8-9 jam sehari. Di sela kesibukannya, Syekh Assim juga pergi ke gym empat hari dalam seminggu, bermain skuas, tenis meja, dan bulu tangkis. Di kelas, ia mengajar berbagai kitab, setelah itu ia pulang untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya. Syekh Assim mengatakan bisa menghabiskan 95% waktunya bersama keluarganya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Biography of Sheikh Assim al-Hakeem (Interview 2010) | ASSIM AL-HAKEEM". web.archive.org. 2018-07-26. Archived from the original on 2018-07-26. Diakses tanggal 2023-05-06. 
  2. ^ a b c "Assim Al Hakeem". web.archive.org. 2018-07-26. Archived from the original on 2018-07-26. Diakses tanggal 2023-05-06. 
  3. ^ Media, Kompas Cyber (2023-05-03). "Siapa Sheikh Assim al-Hakeem yang Viral di Media Sosial? Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-05-06. 
  4. ^ "Sosok Sheikh Assim al-Hakeem, Ulama Arab Viral Jawab Pertanyaan Nyeleneh, Dijuluki Savage Syekh". MSN. Diakses tanggal 2023-05-06. 
  5. ^ "Mengenal Sheikh Assim al-Hakeem, Ulama Arab yang Viral Gara-gara Kerap Jawab Pertanyaan Kocak". Tribunjakarta.com. Diakses tanggal 2023-05-06. 
  6. ^ ‘Savage Syeikh’ : Syaikh Assim Al-Hakim, Jawaban Unik buat Pertanyaan Nyeleneh, diakses tanggal 2023-06-14 
  7. ^ "assimalhakeem - YouTube". www.youtube.com. Diakses tanggal 2023-05-06.