Ary Ginanjar Agustian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian
Pak Ary Ginanjar Agustian
Pendiri ESQ Business School
Masa jabatan
01 Januari 2013 – Now
Informasi pribadi
Lahir Ary Ginanjar Agustian
24 Maret 1965 (umur 49)
Bendera Indonesia Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Alma mater Bendera Indonesia Universitas Udayana, Bali

Tafe College, Adelaide, Australia
Bendera Indonesia Dr. HC/S3 - Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Ary Ginanjar Agustian (Bandung, Jawa Barat, 24 Maret 1965) atau lengkapnya Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian, adalah seorang motivator Indonesia, yang juga seorang tokoh pembangunan karakter[1] dan penggiat transformasi budaya perusahaan. Ia juga presiden direktur dari PT Arga Bangun Bangsa serta pendiri ESQ Leadership Center, pusat penyelenggara program pelatihan ESQ. Selain itu, bersama-sama dengan tokoh pendidikan dan ahli lingkungan[2], Prof. Ir. H. Surna Tjahja Djajadiningrat, MSc., Ph.D mendirikan ESQ Business School. Ia memiliki istri bernama Linda Damayanti dan 6 orang anak : Anjar Yusuf Ramadhan, Erick Bintang Sulaiman, Rima Khansa Nurani, Eqi Muhammad Rikansa, Esqi Gibraltar Ibrahim dan Sakura Azzahra.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Ia telah berkecimpung di dunia bisnis selama lebih dari 25 tahun. Melalui pengalaman nyata dalam dunia bisnis, buku-buku yang dipelajari, serta perenungannya, ia menulis sebuah buku yang sangat fenomenal “ESQ: Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi & Spiritual”. Di dalam buku tersebut ia menyampaikan gagasan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) saja tidak cukup. Untuk menjadi seseorang yang berhasil diperlukan juga kecerdasan emosional (EQ), yang akan memberikan keterampilan dalam bersosialiasi dan berhubungan dengan orang lain, serta kecerdasan spiritual (SQ) yang akan memberikan jawaban atas eksistensi diri. Untuk menggabungkan ketiga kecerdasan tersebut, dirancanglah sebuah konsep yang disebutnya The ESQWay165, yaitu sebuah konsep pembangunan karakter yang komprehensif dan integratif berdasarkan 1 nilai universal, 6 prinsip pembanguan mental, dan 5 langkah aksi.

Tahun 2007, ia mendapat gelar Doctor Honoris Causa di bidang pendidikan karakter oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai penghargaan atas konsep The ESQWay165 sebagai metode pembangunan karakter[3].

Selain di dunia bisnis, ia juga memiliki pengalaman di dunia pendidikan, yaitu sebagai pengajar tetap di Politeknik Universitas Udayana, Jimbaran, Bali selama lima tahun.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia menghabiskan pendidikannya di STP Bandung; Universitas Udayana, Bali; dan di Tafe College, Adelaide, Australia. Dan selain itu, ia juga pernah menjadi pengajar mata kuliah Strategi Pendidikan Karakter pada program pasca sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.


Penghargaan dan Jabatan[sunting | sunting sumber]

Beberapa penghargaan dan jabatan yang pernah disandangnya adalah :

Bisnis pelatihannya melalui program ESQ telah melahirkan ratusan ribu alumni, dan telah diadakan di hampir seluruh kota di Indonesia, dan di Malaysia, Brunei, Singapura, Eropa, Amerika Serikat, dan Australia.

Karya[sunting | sunting sumber]

Selama membangun ESQ, ia menerbitkan berbagai karya dalam bentuk buku, DVD, VCD dan dalam format lainnya.

Buku[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]