Arsène Lupin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Arsène Lupin adalah sebuah karakter fiksi yang diciptakan oleh penulis asal Perancis, Maurice Leblanc (1864-1941). Karakter ini muncul dalam seri buku dari fiksi detektif / kejahatan novel fiksi, serta sejumlah non-kanonik sekuel dan berbagai film, televisi, panggung permainan dan buku komik adaptasi. Arsene Lupin juga merupakan sastra turunan dari "Rocambole" karya Pierre Alexis Ponson du Terrail.

Karakter Lupin pertama kali diperkenalkan dalam sebuah cerita pendek "L'Arrestation d'Arsène Lupin" yang mulai dimuat dalam majalah serial Je Sais Tout, No 6, pada tanggal 15 Juli 1905. Pada mulanya, nama awal dari karakter fiksi ini adalah Arsene Lopin, sampai akhirnya seorang politikus lokal memrotes karena memiliki persamaan nama. Kejadian tersebut mengakibatkan Leblanc membuat perubahan nama menjadi Arsène Lupin.

Lupin merupakan seorang pencuri yang terkenal dengan selalu menjadi buronan polisi Perancis. Ia mencuri barang-barang berharga dari orang-orang kaya di Perancis dan beberapa di antaranya dikembalikan pada rakyat miskin. Meski ia bekerja untuk kebaikan, namun di mata hukum, perbuatannya tetap dikategorikan pelanggaran. Lupin selalu beraksi dengan Gallic-style yang khas saat mengalahkan pernjahat yang lebih buruk daripada dirinya.

Kepopuleran karakter Lupin yang menyebar di seluruh dunia, membuat banyak penulis mengadaptasinya dalam bentuk berbagai macam film, komik, televisi, dan sebagainya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.

Ehehehehe