Argos (sistem satelit)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Argos system)


Argos adalah sebuah sistem berbasis satelit yang mengumpulkan, proses dan menyebarkan data lingkungan dari platform tetap dan seluler di seluruh dunia. Apa yang membuat Argos unik adalah kemampuan untuk menemukan sumber data geografis di mana saja secara jelas di Bumi menggunakan efek Doppler.

Argos didirikan pada tahun 1978 dan sejak saat itu, ia telah memberikan data kepada masyarakat penelitian lingkungan dan perlindungan, dalam banyak kasus, sebaliknya didapat. Sistem ini sepenuhnya terbukti dan sangat handal. Banyak stasiun cuaca terpencil otomatis melaporkan via Argos. Argos adalah komponen kunci dari banyak program penelitian global termasuk: Tropical Suasana Program Ocean- Global (TOGA), Tagging of Pacific pelagis (TOPP), World Ocean Circulation Experiment (WOCE), Argo, dan lain-lain.[1][2][3][4][5]

Sejak akhir tahun 1980an pemancar Argos secara rutin telah digunakan pada sejumlah besar mamalia laut dan penyu laut dan terus melayani sebagai alat yang paling penting untuk melacak gerakan jarak jauh dari kedua spesies pesisir dan kelautan. Melalui upload data dari, misalnya, transduser tekanan, hal itu juga mungkin untuk memperoleh kekayaan pengetahuan tentang menyelam dan perilaku mencari makan dari hewan tak terkendali di alam liar.

Argos dikembangkan di bawah Nota Kesepahaman (MOU) antara Pusat National d'Etudes Spatiales (CNES, lembaga ruang angkasa Prancis), National Aeronautics and Space Administration (NASA,USA) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA, USA).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Argos User's Manual". www.argos-system.org. Diakses tanggal 2020-09-01. 
  2. ^ Argos: Keeping track of the planet Rebecca Morelle, BBC News, 2007-06-07. Retrieved 2007
  3. ^ Robinson, Patrick W.; Costa, Daniel P.; et al. Foraging Behavior and Success of a Mesopelagic Predator in the Northeast Pacific Ocean: Insights from a Data-Rich Species, the Northern Elephant Seal, Public Library of Science
  4. ^ Bhanoo, Sindya N. A Tidal Wave of Data on Elephant Seals, The New York Times website, May 21, 2012. Retrieved May 22, 2012; published in the New York edition, May 22, 2012, p.D3.
  5. ^ Henry, Caleb. "Kinéis takes control of Argos system, finalizes successor constellation plans". SpaceNews. Diakses tanggal 17 July 2019.