Argos system

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Balise-Argos Musee du Bourget P1010672.jpg

Argos adalah sebuah sistem berbasis satelit yang mengumpulkan, proses dan menyebarkan data lingkungan dari platform tetap dan seluler di seluruh dunia. Apa yang membuat Argos unik adalah kemampuan untuk menemukan sumber data geografis di mana saja secara jelas di Bumi menggunakan efek Doppler.

Argos didirikan pada tahun 1978 dan sejak saat itu, ia telah memberikan data kepada masyarakat penelitian lingkungan dan perlindungan, dalam banyak kasus, sebaliknya didapat. Sistem ini sepenuhnya terbukti dan sangat handal. Banyak stasiun cuaca terpencil otomatis melaporkan via Argos. Argos adalah komponen kunci dari banyak program penelitian global termasuk: Tropical Suasana Program Ocean- Global (TOGA), Tagging of Pacific pelagis (TOPP), World Ocean Circulation Experiment (WOCE), Argo, dan lain-lain.

Sejak akhir tahun 1980an pemancar Argos secara rutin telah digunakan pada sejumlah besar mamalia laut dan penyu laut dan terus melayani sebagai alat yang paling penting untuk melacak gerakan jarak jauh dari kedua spesies pesisir dan kelautan. Melalui upload data dari, misalnya, transduser tekanan, hal itu juga mungkin untuk memperoleh kekayaan pengetahuan tentang menyelam dan perilaku mencari makan dari hewan tak terkendali di alam liar.

Argos dikembangkan di bawah Nota Kesepahaman (MOU) antara Pusat National d' Etudes Spatiales (CNES, lembaga ruang angkasa Perancis), National Aeronautics and Space Administration (NASA,USA) dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA, USA).

Referensi[sunting | sunting sumber]