Aquaman and the Lost Kingdom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aquaman and the Lost Kingdom
Poster rilis teater
SutradaraJames Wan
Produser
SkenarioDavid Leslie Johnson-McGoldrick
Cerita
  • James Wan
  • David Leslie Johnson-McGoldrick
  • Jason Momoa
  • Thomas Pa'a Sibbett
Berdasarkan
Karakter
dari DC
Pemeran
Penata musikRupert Gregson-Williams
SinematograferDon Burgess
PenyuntingKirk Morri
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 19 Desember 2023 (2023-12-19) (The Grove, Los Angeles)
  • 22 Desember 2023 (2023-12-22) (Amerika Serikat)
Durasi124 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$205–215 juta[2][3]
Pendapatan
kotor
$423.5 juta[4][5]

Aquaman and the Lost Kingdom adalah sebuah film superhero Amerika Serikat tahun 2023 yang didasarkan pada DC karakter Aquaman. Diproduksi oleh DC Studios, Atomic Monster, dan Safran Company, dan didistribusikan oleh Warner Bros Pictures, film ini merupakan sekuel dari Aquaman (2018), dan film ke-15 dan angsuran terakhir dalam DC Extended Universe (DCEU). Film ini disutradarai oleh James Wan dari sebuah skenario oleh David Leslie Johnson-McGoldrick, dan dibintangi oleh Jason Momoa sebagai Arthur Curry / Aquaman, bersama Patrick Wilson, Amber Heard, Yahya Abdul-Mateen II, Randall Park, Dolph Lundgren, Temuera Morrison, Martin Short, dan Nicole Kidman. Dalam film tersebut, Arthur harus bekerja sama dengan saudara tirinya Orm (Wilson) untuk mencegah Black Manta (Abdul-Mateen II) dari membunuh keluarganya dan menggunakan Trisula Hitam yang terkutuk untuk membuat dunia menjadi terlalu panas sambil mencari kerajaan ketujuh di lautan yang hilang.

Momoa menyampaikan sebuah cerita untuk sekuel "Aquaman" selama produksi film pertama. Wan tidak ingin terburu-buru membuat sekuel, namun setuju pada Januari 2019 untuk mengawasi pengembangannya. Johnson-McGoldrick menandatangani kontrak untuk kembali sebagai penulis skenario sebulan kemudian, dan Wan dikonfirmasi akan kembali sebagai sutradara pada Agustus 2020. Dia mengatakan bahwa film ini akan memperluas Aquaman 's pembangunan dunia, dan mengumumkan judul sekuelnya pada bulan Juni 2021. Syuting dimulai pada akhir bulan dan berakhir pada Januari 2022, berlangsung di Inggris, Hawaii, Los Angeles, dan New Jersey, dengan syuting tambahan di Selandia Baru. Dengan anggaran produksi antara $205–215 juta, ini adalah salah satu film termahal yang pernah dibuat.

Aquaman and the Lost Kingdom ditayangkan perdana di sebuah acara penggemar di the Grove, Los Angeles pada 19 Desember 2023, dan dirilis di Amerika Serikat pada 22 Desember, oleh Warner Bros. Pictures. Film ini menerima ulasan negatif dari para kritikus dan telah meraup $423 juta di seluruh dunia.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Beberapa tahun setelah menjadi raja Atlantis,[a] Arthur Curry telah menikah dengan Mera dan memiliki seorang putra, Arthur Jr., sambil membagi hidupnya antara darat dan laut. Sementara itu, David Kane / Black Manta terus berusaha membalas dendam terhadap Arthur atas kematian ayahnya, bekerja sama dengan ahli biologi kelautan Stephen Shin untuk menemukan artefak Atlantis. Dia menemukan trisula hitam yang merasukinya, penciptanya berjanji untuk memberinya kekuatan untuk menghancurkan Arthur.

Lima bulan kemudian, Manta menyerang Atlantis dan membobol cadangan orichalcum untuk menyalakan mesin Atlantis milik Shin. Arthur mengetahui bahwa penggunaan orichalcum, yang mengeluarkan gas rumah kaca dalam jumlah besar, tidak hanya meningkatkan suhu planet dan menyebabkan cuaca ekstrem dan pengasaman laut, tetapi juga hampir menyebabkan kepunahan planet pada masa lalu ketika digunakan oleh kerajaan Atlantis kuno. Untuk mengetahui di mana Manta bersembunyi, Arthur membawa saudara tirinya Orm keluar dari penjara. Informasi membawa mereka ke sebuah pulau vulkanik di Pasifik Selatan, di mana mereka menemukan trisula hitam. Orm mengetahui bahwa trisula tersebut diciptakan oleh Kordax, saudara laki-laki dari King Atlan dan penguasa kerajaan Necrus yang hilang. Kordax dipenjara dengan sihir darah setelah upaya yang gagal untuk merebut takhta. Menyadari bahwa darah dari salah satu keturunan Atlan dapat membebaskan Kordax, keduanya mengetahui bahwa Manta telah menculik Arthur Jr. Para Atlantis, dengan bantuan Shin, menentukan bahwa penjara Necrus terletak di Antartika.

Di Necrus, Arthur bertarung melawan Manta dan hampir terbunuh sebelum Mera datang dan menyelamatkannya. Manta melempar trisula hitam ke arah Mera, namun Orm menangkapnya sebelum mengenai Mera. Roh Kordax meninggalkan Manta untuk Orm, yang dalam keadaan kerasukan, mulai melawan Arthur dan menggunakan darah Arthur untuk membebaskan Kordax. Arthur meyakinkan saudaranya untuk melepaskan kebenciannya terhadapnya, sehingga memungkinkannya untuk menghancurkan Kordax dan trisula hitam. Dengan menghilangnya sihir Kordax, Necrus mulai runtuh. Manta menolak bantuan Arthur dan membiarkan dirinya jatuh ke dalam celah. Atlantis dan Shin melarikan diri ke tempat yang aman dan memutuskan bahwa Orm telah menebus dirinya sendiri. Mereka berencana untuk memberi tahu Atlantis bahwa Orm telah meninggal dengan syarat dia tetap tersembunyi. Percaya bahwa penyatuan kerajaan bawah laut dan dunia permukaan diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada lautan, Arthur mengungkapkan keberadaan Atlantis melalui pengumuman di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menyatakan niatnya untuk menjadikan kerajaan tersebut sebagai negara anggota.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Yang juga muncul adalah Vincent Regan sebagai Atlan, raja pertama Atlantis;[16] Jani Zhao sebagai Stingray, anggota kru Black Manta; Indya Moore sebagai Karshon, sebuah Atlantisan yang memimpin Dewan Atlantis;[16]Templat:Additional citation needed dan Pilou Asbæk sebagai Kordax, Saudara laki-laki Atlan yang merupakan pencipta Trisula Hitam terkutuk dan raja mayat hidup dari kerajaan Necrus yang hilang, yang roh jahatnya merasuki Black Manta.[21][22] Yang juga kembali dari film pertama adalah John Rhys-Davies sebagai suara Raja Air Garam;[23] serta kuda laut raksasa Badai, kuda milik Arthur;[24][8] dan gurita Topo, yang memainkan beberapa alat musik-seperti drum-dan membantu Arthur.[25][26] Wan mengatakan bahwa Topo, yang diciptakan melalui efek visual, adalah karakter "nyata" dalam film ini setelah muncul secara singkat di film pertama, dengan seorang aktor yang sesekali menggantikan Topo dengan sebuah boneka tongkat untuk diperankan oleh Momoa.[25] Momoa mengatakan bahwa Topo menambahkan banyak komedi yang melengkapi Arthur menjadi "sangat asin".[26]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Selama produksi Aquaman (2018), Bintang Jason Momoa mengembangkan sebuah cerita untuk sekuel yang ia berikan kepada ketua Warner Bros Pictures Group, Toby Emmerich, dan produser Peter Safran. Pada bulan Oktober 2018, sebelum film ini dirilis, Momoa mengatakan bahwa ia akan lebih terlibat dalam pengembangan sekuelnya dan berharap syuting akan dimulai pada tahun 2019. Sutradara James Wan mengatakan bahwa ada beberapa alur cerita yang dapat berkembang dari Aquaman, dengan film tersebut memperkenalkan tujuh kerajaan bawah laut yang belum sepenuhnya dieksplorasi.[6][27] Momoa dibayar $15 juta untuk keterlibatannya.[28] Emmerich cukup yakin dengan proyeksi box office untuk film tersebut pada awal Desember untuk mulai mendiskusikan sekuelnya.[29] Pada akhir Januari 2019, ketika Aquaman ditetapkan sebagai film dengan pendapatan tertinggi berdasarkan satu karakter DC Comics, Warner Bros. sedang bernegosiasi dengan Wan untuk mengawasi pengembangan dan penulisan sekuel dengan potensi untuk kembali sebagai sutradara. Geoff Boucher dari Deadline Hollywood mencatat bahwa Wan sangat protektif terhadap sekuel dari film-film sebelumnya Insidious (2010) dan The Conjuring (2013), dan "sangat berinvestasi" dalam pembangunan dunia Aquaman. Wan sebelumnya telah membandingkan dunia Aquaman dengan dunia fiksi lainnya seperti Middle-earth, galaksi Star Wars, dan Dunia Sihir.[30]

Pada awal Februari 2019, Warner Bros. mempekerjakan Noah Gardner dan Aidan Fitzgerald untuk menulis naskah untuk film spin-off Aquaman berjudul The Trench, berdasarkan salah satu kerajaan yang diperkenalkan di film pertama. Film ini diharapkan memiliki anggaran yang lebih kecil dan tidak menampilkan pemeran utama Aquaman, dengan Wan dan Safran sebagai produser. Borys Kit dari The Hollywood Reporter melaporkan bahwa belum ada diskusi serius mengenai sekuel langsung dari Aquaman antara pihak studio, Wan, dan Momoa, karena mereka ingin beristirahat terlebih dahulu,[31] Namun beberapa hari kemudian dia melaporkan bahwa pengembangan aktif pada sekuel sedang berlangsung dengan co-writer film pertama, dan kolaborator Wan yang sering bekerja sama dengan Wan, David Leslie Johnson-McGoldrick yang menandatangani kontrak untuk menulis skenarionya. Wan dan Safran memproduksi sekuel tersebut, meskipun masih belum jelas apakah Wan akan menyutradarainya.[32] Pada akhir Februari lalu, Warner Bros. menjadwalkan "Aquaman 2" untuk rilis pada 16 Desember 2022.[33] Bulan berikutnya, Safran menjelaskan bahwa dia dan Wan tidak ingin terburu-buru dalam membuat sekuel, dan Warner Bros. mendukung hal tersebut, sehingga film ini dijadwalkan untuk rilis empat tahun setelah film pertama. Dia menambahkan bahwa mereka mendekati waralaba Aquaman dengan cara yang mirip dengan Alam Semesta Conjuring, dengan spin-off seperti The Trench yang mengeksplorasi cerita tentang kerajaan bawah laut bersama dengan film induk yang dibintangi oleh Aquaman. Safran mengatakan bahwa Wan mengetahui "arsitektur, gudang senjata, militer, tampilan, nuansa, suasana umum" dari ketujuh kerajaan tersebut dan ingin mengeksplorasi semuanya dalam proyek-proyek mendatang.[34]

Pada bulan Juli 2019, Wan akan menyutradarai film Malignant (2021) sebelum mulai mengerjakan "Aquaman 2".[35] Patrick Wilson mengatakan pada bulan November bahwa ia telah mendiskusikan rencana untuk sekuelnya dengan Wan dan mengindikasikan bahwa ia akan mengulangi perannya sebagai Orm Marius / Ocean Master dari film pertama.[7] Sebulan kemudian, Yahya Abdul-Mateen II mengonfirmasi bahwa ia akan kembali sebagai David Kane / Black Manta, dan ingin menyempurnakan karakternya.[12] Johnson-McGoldrick menyatakan pada bulan Maret 2020 bahwa sekuel ini tidak akan didasarkan pada buku komik tertentu, tetapi mengambil inspirasi dari cerita Aquaman dari Zaman Perak Buku Komik yang menampilkan Black Manta sebagai penjahat.[36] Wan dikonfirmasi akan menyutradarai sekuel ini pada acara virtual DC FanDome pada bulan Agustus, ketika ia mengatakan bahwa film ini akan lebih serius daripada film pertama dan menampilkan tema yang lebih relevan dengan dunia nyata. Dia menambahkan bahwa film ini akan mencakup lebih banyak pembangunan dunia dan eksplorasi kerajaan bawah laut,[37] dan akan menampilkan beberapa elemen horor yang mirip dengan urutan Parit di film pertama.[38] Mampu memperluas pembangunan dunia dari film pertama adalah salah satu alasan utama mengapa Wan memilih untuk menyutradarai sekuelnya, bersama dengan naskah Johnson-McGoldrick yang menurut Wan memiliki "cerita yang sangat keren untuk membawa semua karakter ini kembali, dan kemudian mengembangkannya secara besar-besaran".[39] Safran percaya bahwa humor dalam film ini melebihi humor dalam film pertama.[8]

Amber Heard membantah rumor pada bulan November 2020 bahwa ia tidak akan mengulangi perannya sebagai Mera dari film pertama setelah tuduhan kekerasan dalam rumah tangga yang dibuat terhadapnya oleh mantan suaminya Johnny Depp. Pada bulan itu, sebuah petisi agar Heard dipecat dari waralaba menerima lebih dari 1. 5 juta tanda tangan, dan muncul setelah Warner Bros. mengeluarkan Depp dari Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore (2022) ketika tuduhan yang dibuat oleh The Sun bahwa Depp melecehkan Heard diputuskan "secara substansial benar" dalam gugatan pencemaran nama baik yang diajukan oleh Depp terhadap The Sun.[9][40] Safran mengatakan bahwa mereka tidak pernah mempertimbangkan untuk membuat film tersebut tanpa Heard dan tidak akan bereaksi terhadap "tekanan murni dari penggemar" dari petisi dan percakapan di media sosial.[41] Namun, Heard kemudian menyatakan, selama persidangan pencemaran nama baik yang diajukan oleh Depp melalui sebuah kolom di The Washington Post', bahwa "mereka tidak ingin memasukkannya" ke dalam film tersebut dan dia harus berjuang untuk mempertahankan perannya. Dia mengklaim bahwa revisi dibuat pada naskah yang mengurangi perannya menjadi "versi yang sangat dipangkas", termasuk menghapus adegan aksi untuk karakternya, dan dia tidak dapat menegosiasikan ulang kontraknya;[42] ini adalah perjanjian opsi,[43] dan menetapkan bahwa ia akan mendapatkan $ 2 juta untuk sekuelnya, yang merupakan dua kali lipat dari apa yang ia hasilkan untuk film pertama.[42] Pada saat itu, pada bulan Mei 2022, petisi agar Heard dihapus dari film telah menerima lebih dari 4 juta tanda tangan.[44] DC Films presiden Walter Hamada bersaksi selama persidangan yang sama bahwa studio memang mempertimbangkan untuk melakukan casting ulang Mera, namun hal ini disebabkan oleh kekhawatiran akan kurangnya chemistry Heard dengan Momoa daripada tuduhan pelecehan.[45][46] Tatiana Siegel di Variety juga melaporkan bahwa Heard "hampir dipecat" dari sekuel setelah film pertama dirilis karena masalah ini, tetapi rencana ini dibatalkan setelah mantan pacarnya Elon Musk turun tangan.[3] Hamada menambahkan bahwa sudah menjadi filosofi studio untuk "mempertahankan pilihan mereka" dan tidak menegosiasikan ulang kontrak, dan mengatakan bahwa ukuran peran Heard tidak berubah selama pengembangan sekuelnya. Dia menjelaskan bahwa film tersebut selalu dimaksudkan untuk menjadi "komedi teman" yang berfokus pada hubungan antara Aquaman dan Orm,[45][46] yang dibandingkan Safran dengan karakter Nick Nolte dan Eddie Murphy dalam film 48 Hrs (1982).[8] Wan kemudian mengatakan bahwa film ini ditulis sebagai sebuah cerita "bromance aksi-petualangan" di sekitar hubungan tersebut dibandingkan dengan film pertama, yang berfokus pada hubungan Aquaman dengan Mera.[47][8] Juri dalam persidangan pencemaran nama baik tersebut memutuskan bahwa kolom "Washington Post" yang ditulis Heard telah merusak karier Depp dan dia diperintahkan untuk membayar ganti rugi. Tanggapan media sosial terhadap persidangan tersebut juga sangat mendukung Depp daripada Heard, dengan beberapa meme dan video yang "mengejek kesaksiannya". Pada Juni 2022, muncul laporan bahwa Heard telah dipecat dari film tersebut setelah persidangan, tetapi hal ini juga dibantah.[48] Heard pada akhirnya muncul selama sekitar 20 menit dalam film.[49]

Pra-produksi[sunting | sunting sumber]

Dolph Lundgren mengatakan pada bulan Februari 2021 bahwa ia mengulangi perannya sebagai Nereus dalam sekuelnya, dengan syuting yang diperkirakan akan dimulai akhir tahun itu di London.[17] Sebulan kemudian, tanggal yang direncanakan untuk memulai syuting terungkap pada bulan Juni, meskipun ada potensi untuk hal ini dipengaruhi oleh pandemi COVID-19.[50] Richard Sale juga diungkapkan akan bertugas sebagai desainer kostum, setelah sebelumnya menjadi asisten desainer kostum di Wonder Woman 1984 (2020) dari DC.[50][51] Pada bulan April, Warner Bros. dan DC mengumumkan bahwa pengembangan The Trench tidak lagi berlanjut, dengan studio tidak memiliki ruang untuk spin-off dalam daftar film mereka dan percaya bahwa Aquaman 2 sudah cukup untuk memperluas waralaba untuk saat ini.[52] Di bulan yang sama, Pilou Asbæk mulai melakukan pembicaraan untuk bergabung dengan para pemain film tersebut.[53] Momoa mengatakan pada bulan Mei bahwa ia akan mulai syuting pada bulan Juli,[54] dan Wan mengumumkan sebulan kemudian bahwa sekuelnya berjudul "Aquaman and the Lost Kingdom",[55] dengan Temuera Morrison mengkonfirmasi kembalinya dia sebagai ayah Aquaman Thomas Curry.[18] Willem Dafoe juga dilaporkan akan mengulangi perannya sebagai Nuidis Vulko dari film pertama,[10] namun ia akhirnya tidak jadi tampil, yang menurut Wan disebabkan oleh konflik penjadwalan. Sang sutradara merasa bahwa ketidakhadiran Vulko memungkinkan peran Atlanna untuk diperluas sebagai penasihat putranya tentang cara kerja dunia bawah laut.[56]

Pembuatan film[sunting | sunting sumber]

Fotografi utama dimulai di Warner Bros. Studios, Leavesden di London pada tanggal 28 Juni 2021,[17][57] menggunakan lima panggung, studio backlot, dan tangki eksternal.[58] Pembuatan film dilakukan di bawah judul kerja Necrus,[50] sebuah referensi ke kerajaan bawah laut Necrus yang hilang,[50][21][59][60] yang dalam komiknya merupakan kota bawah laut yang tidak stabil yang menyaingi Atlantis yang tidak dapat berada di lokasi yang sama dua kali dan berasal dari satelit alien. Para komentator merasa bahwa judul kerja ini menyiratkan bahwa Necrus akan ditampilkan dalam film,[50][59][60] yang kemudian dikonfirmasi.[21] Banyak anggota kru yang kembali dari film pertama, termasuk Don Burgess sebagai sinematografer dan Bill Brzeski sebagai perancang produksi.[61][51] Kru efek khusus dan efek visual menciptakan teknologi baru dan rig VFX untuk adegan bawah air dalam film agar lebih mudah bagi para aktor untuk merekam adegan mereka, dengan 100 kamera yang menangkap penampilan dan adegan aksi, yang kemudian diterapkan pada versi 3D para aktor. Pengaturan baru ini dilakukan setelah Wan menemukan bahwa sistem rigging yang digunakan pada film pertama terlalu rumit dan menyebabkan rasa sakit secara fisik bagi para aktor dengan peralatannya, dan Wan menemukan bahwa pengaturan baru ini lebih fleksibel dan aman.[62][63]

Pada bulan Agustus 2021, Wan mengatakan bahwa sekuel ini sangat dipengaruhi oleh film Planet of the Vampires (1965),[64] serta Euro-horror" dan monster stop motion yang dibuat oleh animator Ray Harryhausen. Ia mengatakan bahwa film tersebut memiliki tampilan yang "sangat retro" yang mirip dengan film horor tahun 1960-an, dan menampilkan makhluk mekanis yang mengganggu yang memiliki perasaan "fiksi ilmiah dan horor jadul", yang dihubungkan dengan peran Black Manta dalam film tersebut.[65] Brzeski membandingkan film tersebut dengan karya Harryhausen pada film The 7th Voyage of Sinbad (1958) dan Jason and the Argonauts (1963) untuk menjadi seorang fantastikal petualangan dengan "pencarian dan monster yang hebat", sambil memasukkan isu-isu yang dapat dipahami oleh penonton modern.[8] Wilson mengatakan bahwa mereka mendorong adegan pertarungan dan aksi lebih jauh dari film pertama selain mengeksplorasi hubungan para karakter. Dia juga mengungkapkan bahwa karakter Topo, seekor gurita yang sedang bermain drum, muncul dalam film.[66] Wan mengatakan bahwa, setelah menerima sambutan positif atas penampilan singkat Topo di film pertama, ia dan Johnson-McGoldrick memutuskan untuk memberikan karakter tersebut peran penting dalam sekuelnya,[24] dan percaya bahwa dengan menyertakan Topo dan makhluk lain dari komik Aquaman, para penonton dapat mengetahui bahwa mereka merangkul dunia fiksi karakter tersebut.[24] Wan mengatakan bahwa mendesain kerajaan Necrus yang hilang sangat menyenangkan, dengan mendetailkan kerajaan tersebut sebagai sebuah masyarakat dengan berbagai kendaraan dan senjata, seperti Octobots yang bergerak keluar-masuk air yang ditemui Orm. Dia terinspirasi untuk desain kerajaan oleh komik Aquaman dari Zaman Perak Buku Komik pada tahun 1960-an dan nuansa retronya.[8]

Pengambilan gambar di lokasi dilakukan di pantai Saunton Sands, Devon, pada awal September,[58][67] dan di Piccadilly di Kota Westminster, London.[58] Kemudian pada bulan itu, casting Asbæk dikonfirmasi,[68] menggambarkan saudara King Atlan Kordax;[21][22] Randall Park diungkapkan akan kembali dari film pertama sebagai Dr. Stephen Shin; Vincent Regan telah berperan sebagai raja kuno Atlan, menggantikan Graham McTavish yang secara singkat memerankan karakter tersebut di film pertama; Jani Zhao ditetapkan untuk memerankan Stingray, karakter asli untuk film ini, dalam peran utama berbahasa Inggris pertamanya; dan Indya Moore terungkap akan memerankan Karshon dalam sekuelnya.[16] Setelah melakukan pengambilan gambar 95 persen dari film ini di Inggris,[69] produksi dipindahkan ke Hawaii hingga 9 Desember,[70] untuk pemotretan di lokasi.[71] Pembuatan film juga dilakukan di Jersey City, New Jersey pada tahun itu.[71] Nicole Kidman dikonfirmasi telah mengulangi perannya sebagai ibu Aquaman, Atlanna, tak lama setelah itu.[20] Pembuatan film kemudian dipindahkan ke Los Angeles, dan secara resmi [bungkus (pembuatan film)|dibungkus]] pada tanggal 12 Januari 2022, di Malibu.[69]

Pascaproduksi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2022, Warner Bros. menyesuaikan jadwal perilisannya karena dampak pandemi COVID-19 terhadap beban kerja vendor efek visual. Aquaman and the Lost Kingdom dipindahkan ke 17 Maret 2023, dan The Flash juga dipindahkan dari tahun 2022 ke 2023, untuk memberikan waktu bagi pekerjaan efek visual mereka untuk diselesaikan, sementara Shazam! Fury of the Gods dimajukan dari tanggal perilisan sebelumnya karena film ini akan siap dirilis lebih awal.[72] Wan mengatakan bahwa ia bersyukur atas penundaan ini karena memberikan lebih banyak waktu untuk mengerjakan efek visual dan teknologi baru untuk film ini. Dia mengatakan bahwa meskipun dia menyukai jangka waktu perilisan Natal untuk film ini, film ini tidak akan membuat tanggal perilisan sebelumnya.[73] Dia juga sedang mengerjakan potongan sutradara pada saat ini.[74] Pada bulan Juni 2022, kredit penulisan akhir terungkap: Johnson-McGoldrick menerima kredit skenario, sementara duo Wan dan Johnson-McGoldrick, serta Momoa dan Thomas Pa'a Sibbett menerima kredit cerita.[75] Bulan berikutnya, Momoa mengungkapkan bahwa Ben Affleck mengulangi perannya di DC Extended Universe (DCEU) sebagai Bruce Wayne / Batman untuk pengambilan gambar ulang di backlot Warner Bros. di Burbank, California.[76] Aaron Couch dari The Hollywood Reporter melaporkan segera setelah itu bahwa Michael Keaton telah memfilmkan sebuah adegan sebagai Bruce Wayne / Batman dari Tim Burton Batman (1989) dan Batman Returns (1992). Versi Keaton akan diperkenalkan ke DCEU dalam "The Flash" sebelum rilis film tersebut diundur setelah "Aquaman and the Lost Kingdom". Adegan tersebut dilaporkan membingungkan penonton saat pemutaran uji coba, dan Couch merasa inilah alasan mengapa Affleck bergabung dalam syuting ulang.[77]

Pada bulan Agustus 2022, setelah perusahaan induk Warner Bros. yaitu WarnerMedia bergabung dengan Discovery, Inc. untuk membentuk Warner Bros. Discovery pada awal tahun itu, studio tersebut menunda film tersebut hingga 25 Desember 2023, untuk membantu menyebarkan biaya pemasaran dan distribusi untuk film layar lebarnya.[78] Hal ini mendorong perilisan film tersebut menjadi setelah rencana perilisan "The Flash", yang berarti ada potensi bagi Batman versi Keaton untuk muncul dalam film tersebut, bukan versi Affleck.[79] Pada bulan Oktober, "The Hollywood Reporter" melaporkan bahwa cameo Keaton kemungkinan besar telah dipotong.[80] Pada saat itu, pimpinan film Warner Bros. Michael De Luca dan Pamela Abdy mengatakan kepada Wan untuk mengurangi anggaran untuk syuting ulang, karena anggaran film tersebut telah mencapai $205 juta selama produksi.[81] Pada pertengahan November, Safran telah "memperbaiki" film tersebut, setelah ia menjadi co-CEO DC Studios yang baru dibentuk bersama James Gunn,[82] yang telah memberikan catatan tentang film tersebut pada bulan berikutnya.[83] Momoa mengatakan pada Januari 2023 bahwa ia telah melakukan syuting adegan dengan beberapa aktor sebagai Batman, tetapi tidak yakin mana yang akan dimasukkan dalam potongan akhir.[84]

Pada bulan April 2023, tanggal rilis film ini dimajukan lima hari lebih awal menjadi 20 Desember 2023.[85] Antara pertengahan tahun 2022 dan awal tahun 2023, dua set syuting ulang dilakukan setelah beberapa pemutaran uji coba, dengan De Luca dan Abdy terlibat dalam penyuntingan film. Setelah pemutaran uji coba lebih lanjut pada awal 2023, Gunn berkonsultasi tentang film tersebut dan studio melakukan syuting ulang ketiga, yang meningkatkan anggaran film, yang akan dilakukan di Selandia Baru selama lima hari pada pertengahan Juni bersama Momoa dan Wilson, dan selesai dalam empat hari. Pada saat itu, baik Affleck dan Keaton tidak disertakan dalam potongan terbaru film tersebut karena rencana Gunn dan Safran untuk me-reboot DCEU ke dalam waralaba baru mereka, DC Universe (DCU);[86] tidak ada aktor yang muncul dalam versi final film ini.[87] Setelah syuting ulang, anggaran film ini akhirnya mencapai $215 juta.[3] Pada bulan September, Wan mengatakan bahwa film ini tidak akan terhubung dengan film-film DCEU sebelumnya karena ia tidak yakin apakah film ini akan dirilis sebelum atau sesudah The Flash.[8] Ia menjelaskan bahwa ia telah mengarahkan sejumlah kecil fotografi tambahan, yang ia gambarkan sebagai bagian rutin dari proses produksi, karena sebagian aktor tidak dapat hadir selama pengambilan gambar utama.[8] Bulan berikutnya, film ini ditunda dua hari menjadi 22 Desember 2023.[88] Pada bulan November, Warner Bros. menandatangani kesepakatan pembiayaan bersama multi-tahun baru dengan Domain Capital untuk film-film teater mereka, termasuk "The Lost Kingdom", melalui dana $700 juta dari perusahaan tersebut untuk media dan hiburan.[89]

Kirk Morri kembali sebagai editor dari film pertama,[22][51] dan Nick Davis menjabat sebagai supervisor efek visual, setelah sebelumnya bekerja pada The Dark Knight (2008).[51] Hampir setiap bingkai dalam film ini menampilkan efek visual,[74][86] yang disediakan oleh Cinesite, DNEG, Industrial Light & Magic (ILM), Moving Picture Company (MPC), Scanline VFX,[90] dan Rodeo FX.[91] Wilson mengatakan bahwa mereka menggunakan teknik VFX baru untuk The Lost Kingdom dan The Flash,[66] yang disebut Wan sebagai terobosan.[74]

Musik[sunting | sunting sumber]

Rupert Gregson-Williams mengungkapkan pada bulan Agustus 2021 bahwa ia akan kembali untuk menggubah musik untuk sekuelnya setelah melakukannya untuk film pertama dan Wonder Woman (2017).[92] Lagu "Deep End" dibawakan oleh X Ambassadors dan dirilis sebagai singel pada 17 November 2023.[93] Album soundtrack untuk skor Gregson-Williams dirilis oleh WaterTower Music pada 22 Desember.[94]

Aquaman and the Lost Kingdom (Soundtrack Film Asli)[94]
No.JudulDurasi
1."Deep End (featuring X Ambassadors)"3:01
2."Aquaman and the Lost Kingdom"1:59
3."Manta on the Bridge"3:39
4."Call from the Deep"1:50
5."The Real Superheroes"1:11
6."Not Normal"1:37
7."Necrus Rises"3:01
8."Only Child"2:57
9."Grasshoppers"2:44
10."Mera Joins the Chase"1:54
11."Orichalcum"3:45
12."Black Manta"2:04
13."Swamp Walk"1:31
14."Promise Me"1:21
15."You Wanted Your Revenge"1:35
16."My Eternal Night Is Ending"3:31
17."Go and Feast"2:29
18."Necrus Arrival"3:16
19."Your Blood Will Do"1:37
20."Cave In"2:13
21."A True"2:52
22."The Next Chapter"2:22
Durasi total:52:29

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Wan dan Wilson menggoda rencana untuk film tersebut dalam sebuah panel di acara DC FanDome virtual pada bulan Agustus 2020.[37] Setahun kemudian, di DC FanDome 2021, seni konsep dan cuplikan di balik layar dari pembuatan film terungkap.[13] Pada bulan Februari 2022, cuplikan pertama dari film ini dirilis sebagai bagian dari teaser untuk film DC tahun 2022 milik Warner Bros. yang juga mencakup The Batman, Black Adam, dan The Flash (sebelum Aquaman and the Lost Kingdom dan The Flash ditunda hingga tahun 2023 pada bulan berikutnya).[95][72] Wan mempromosikan film ini di panel CinemaCon Warner Bros. pada bulan April 2022, menampilkan rekaman pesan dari Momoa serta beberapa cuplikan singkat dari film tersebut.[96] Dia kemudian mengungkapkan lebih banyak konsep seni untuk film tersebut ketika tanggal rilisnya ditunda pada bulan Agustus.[79] Trailer pertama dipamerkan selama panel CinemaCon Warner Bros. pada bulan April 2023, yang menunjukkan "bromance" antara Arthur dan Orm di antara cuplikan-cuplikan lainnya.[97] Steve Weintraub di Collider mengatakan bahwa rekaman tersebut terlihat "benar-benar berskala besar" dan menampilkan beberapa adegan aksi.[14] Trailer teatrikal pertama dirilis pada tanggal 14 September 2023.[98]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Aquaman and the Lost Kingdom tayang perdana pada 19 Desember 2023, pada pemutaran acara penggemar di The Grove at Farmers Market di Los Angeles.[99][100][101] Hal ini dicatat oleh Borys Kit dari The Hollywood Reporter karena tidak ada acara karpet merah dan pesta setelahnya, dengan Wan dan Momoa hadir setelah serangkaian karpet biru dan acara penggemar skala kecil di London, Beijing, dan Los Angeles.[99] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Desember 2023,[88] di IMAX, 3D, dan 4DX, di antara format besar premium lainnya (PLF).[101] Awalnya, film ini akan dirilis pada tanggal 16 Desember 2022,[33] tetapi dipindahkan ke 17 Maret 2023, ketika Warner Bros. menyesuaikan jadwal perilisannya karena dampak pandemi COVID-19 terhadap beban kerja vendor efek visual.[72] Kemudian dipindahkan ke tanggal 25 Desember 2023, ketika Warner Bros. Discovery mencoba menyebarkan biaya pemasaran dan distribusi,[78] sebelum bergerak maju ke tanggal 20 Desember,[85] dan kemudian diundur dua hari menjadi 22 Desember.[88]

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Hingga 4 Februari 2024, Aquaman and the Lost Kingdom telah meraup $120.8 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $302.7 juta di wilayah lain, dengan total $423.5 juta di seluruh dunia.[4][5]

Di Amerika Serikat dan Kanada, Aquaman and the Lost Kingdom dirilis bersamaan dengan Migration, Anyone but You, dan The Iron Claw, dan diproyeksikan akan meraup sekitar $40 juta dalam empat hari pembukaannya di akhir pekan.[101] Film ini menghasilkan $13.7 juta pada hari pertama, termasuk $4.5 juta dari pratinjau Kamis malam. Film ini kemudian memiliki akhir pekan pembukaan tradisional sebesar $27.7 juta, terendah keempat dari DCEU dan terburuk kedua dari film yang tidak terpengaruh oleh pandemi COVID-19. Film ini kemudian menghasilkan $ 10.6 juta pada Hari Natal, dengan total empat hari sebesar $ 38,3 juta.[102][2] Pada akhir pekan keduanya, film ini menghasilkan $19.5 juta (turun 30%), menempati posisi kedua di box office di belakang Wonka.[103]

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Film ini menerima ulasan negatif dari para kritikus.[104][105] Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 34% pada 201 ulasan para kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 4.9/10. Konsensus situs web berbunyi: "Jason Momoa tetap menjadi pemeran utama yang cakap dan berkomitmen, tetapi bahkan para penggemar berat DC pun mungkin merasa bahwa "Aquaman and the Lost Kingdom" tetap berpegang teguh pada air yang sama."[106] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, menetapkan skor film 42 dari 100, berdasarkan 43 kritikus, menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[107] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberikan nilai rata-rata "B" pada skala A+ hingga F, sama dengan Batman v Superman: Dawn of Justice dan The Flash sebagai yang terendah di DCEU, sementara PostTrak melaporkan 69% penonton film memberikan nilai positif, dengan 50% mengatakan bahwa mereka akan merekomendasikan film tersebut.[102]

Ulasan awal, yang digambarkan sebagian besar negatif, memuji chemistry antara Momoa dan Wilson meskipun secara keseluruhan kecewa dengan konten dan eksekusi film ini.[108][109] Peter Bradshaw, yang menulis untuk The Guardian, memberikan ulasan satu bintang untuk film ini, dengan mengatakan bahwa "ketika film Aquaman yang pertama sudah cukup bermasalah, ... sekarang kita memiliki sekuel yang mengerikan".[110] The Independent 's Claire Loughrey, yang memberikan satu bintang untuk film ini, menyebutnya sebagai "entri terbaru dalam galeri film waralaba yang tidak memiliki otak" dan "dakwaan yang memberatkan warisan DCEU".[111] Nicholas Barber, yang menulis untuk BBC, memberikan ulasan dua bintang, mengatakan bahwa "satu-satunya aktor yang terlihat menikmati dirinya sendiri adalah Momoa" dan mengomentari "penyuntingan brutal" film tersebut yang "[buru-buru] melalui setiap peristiwa yang berpotensi besar dalam montase dan sulih suara yang kabur".[112] David Fear dari Rolling Stone' menyebut film ini "berantakan secara tonal, dibebani oleh VFX yang berkisar dari 'adegan potongan video game' hingga 'pekerjaan yang terburu-buru di menit-menit terakhir', penceritaan yang rumit namun anehnya tipis, dan senggolan tulang rusuk yang agresif tanpa henti. Bahkan para penggemar berat DC mungkin akan menganggapnya terlalu berlebihan untuk selera mereka."[113] [Brian Lowry dari CNN mengatakan bahwa film ini "tidak memiliki rasa penemuan dan pembangunan dunia yang mendukung film aslinya", menambahkan, "ketiadaan musuh air tawar menciptakan masalah yang berbeda, tidak memiliki elemen baru untuk membedakan film ini dari pendahulunya yang lebih unggul."[114]

Arahan Wan dipuji oleh Alissa Wilkinson di The New York Times dan Phil Owen di GameSpot, dengan Wilkinson memujinya karena telah membuat film yang "melebihi film superhero yang telah kita tonton selama beberapa dekade".[115][116] The A.V. Club 's Matthew Jackson memberikan nilai B, menyebutnya sebagai "jenis film yang ingin meninggalkan semua yang dimilikinya di lapangan, dan menghasilkan film popcorn kinetik, sering kali berserakan, tetapi tetap menghibur yang benar-benar memberi kita semua yang dimilikinya, dan beberapa lagi."[117] Tara McNamara dari Common Sense Media memberikan 3 dari 5 bintang, menulis, "Fantasi aksi ini paling tepat digambarkan sebagai 'kesenangan yang bodoh'; Anda tidak bisa tidak menikmatinya, bahkan jika Anda merasa sel-sel otak menetes dari telinga Anda."[118]

Masa yang mendatang[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2022, The Hollywood Reporter' melaporkan bahwa Warner Bros. sedang mempertimbangkan untuk mengakhiri seri film Aquaman dan memerankan kembali Momoa sebagai karakter Lobo setelah "Aquaman and the Lost Kingdom".[119] Pada Januari 2023, Momoa menyatakan bahwa ia akan "selalu menjadi Aquaman", namun ia merasa bahwa ia juga dapat memerankan karakter lain.[120] Kemudian pada bulan yang sama, co-CEO DC Studios, Gunn dan Safran, mengatakan bahwa ada potensi bagi Momoa untuk mengulangi perannya di DCU, namun keputusan tentang Aquaman belum dibuat. Tidak ada aktor yang akan memainkan banyak karakter, jadi jika mereka memilih Momoa sebagai Lobo, dia tidak akan memerankan Aquaman di DCU. Gunn mengkonfirmasi bahwa Aquaman and the Lost Kingdom, bersama dengan The Flash, akan mengarah ke film pertama DCU Superman: Legacy (2025).[121] Pada bulan September 2023, Gunn mengklarifikasi bahwa apa pun yang dirilis sebelum proyek pertama DCU pada tahun 2024 tidak akan menjadi kanon dari waralaba tersebut, yang membuat para jurnalis mempertanyakan kemungkinan kelanjutan potensial di masa mendatang.[122][123] Wan mengatakan bahwa film kedua akan membantu menyiapkan sekuelnya dan menyatakan ketertarikannya untuk menyutradarai film tersebut setelah istirahat panjang.[8] Bulan berikutnya, Variety melaporkan bahwa tidak ada pemeran utama dari film Zack Snyder yang akan mengulangi peran mereka di DCEU, termasuk Momoa sebagai Aquaman. Namun, Momoa dilaporkan telah melakukan pembicaraan untuk memerankan Lobo dalam Superman: Legacy atau film solo untuk karakter tersebut.[3] Menjelang perilisan "The Lost Kingdom" pada Desember 2023, Momoa mengatakan bahwa ini bisa jadi merupakan kali terakhirnya memerankan Aquaman, menjelaskan bahwa jika film ini diterima dengan baik oleh penonton, sekuelnya bisa saja dibuat, namun ia merasa "tidak terlalu bagus" untuk kembali memerankan peran tersebut.[100] Aktor tersebut mengatakan bahwa ia memiliki banyak ide untuk karakter tersebut, dan mengindikasikan bahwa karakter yang lebih muda, seperti putra Aquaman Arthur Jr., bisa saja tampil dalam film "Aquaman" ketiga. Dia juga mengatakan bahwa tidak ada yang akan menggantikannya sebagai Aquaman.[124] Safran mengatakan pada saat itu bahwa Momoa akan "selalu memiliki rumah di DC" dan bahwa "kita akan melihat apa yang akan terjadi dengannya setelah" film ini.[100]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seperti yang digambarkan dalam Aquaman (2018)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aquaman and the Lost Kingdom (12A)". British Board of Film Classification. December 19, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 19, 2023. Diakses tanggal December 12, 2023. 
  2. ^ a b Rubin, Rebecca (December 24, 2023). "Christmas Box Office: Aquaman 2 Sinks With $40 Million Debut". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 24, 2023. Diakses tanggal December 24, 2023. 
  3. ^ a b c d Siegel, Tatiana (October 10, 2023). "Aquaman 2 Flooded With Drama: Jason Momoa Allegedly Drunk on Set, Amber Heard Scenes Cut, Elon Musk's Letter to WB and More". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 10, 2023. Diakses tanggal October 10, 2023. 
  4. ^ a b "Aquaman and the Lost Kingdom". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal 4 Februari 2024. 
  5. ^ a b "Aquaman and the Lost Kingdom". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal 4 Februari 2024. 
  6. ^ a b Syme, Rachel (October 16, 2019). "Jason Momoa Is King of the Wild Things". Esquire. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal October 17, 2019. Diakses tanggal October 19, 2019. 
  7. ^ a b Davids, Brian (November 13, 2019). "Midway Star Patrick Wilson on HBO's Watchmen, Aquaman 2 and Conjuring 3". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 13, 2019. Diakses tanggal November 14, 2019. 
  8. ^ a b c d e f g h i j Collis, Clark (September 13, 2023). "James Wan dives deep into Aquaman 2 — and the DCU's changing tides". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 14, 2023. Diakses tanggal September 13, 2023. 
  9. ^ a b Hibberd, James (November 12, 2020). "Amber Heard shoots down rumors, says she'll return for Aquaman 2". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 13, 2020. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  10. ^ a b Gonzalez, Umberto (June 10, 2021). "Aquaman 2 Director James Wan Reveals Title for DC Movie Sequel". TheWrap. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal June 10, 2021. Diakses tanggal February 6, 2022. 
  11. ^ Devore, Britta (January 13, 2022). "Aquaman 2 Wraps Filming, Jason Momoa & James Wan Celebrate". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2022. Diakses tanggal February 6, 2022. 
  12. ^ a b Hibberd, James (December 8, 2019). "Watchmen Dr. Manhattan actor on his big twist, epic romance, and nude scene". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2019. Diakses tanggal December 21, 2019. 
  13. ^ a b Couch, Aaron (October 16, 2021). "The Batman Trailer, Looks at The Flash, Aquaman 2 Hit DC FanDome". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 16, 2021. Diakses tanggal October 16, 2021. 
  14. ^ a b Coley, Samantha (April 25, 2023). "Aquaman 2: Jason Momoa Is Working with Patrick Wilson in First Footage | CinemaCon". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 26, 2023. Diakses tanggal April 26, 2023. 
  15. ^ Davis, Brandon (September 14, 2023). "Aquaman 2 Director Reveals Black Manta's Powered Up Villain Role". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 15, 2023. Diakses tanggal September 14, 2023. 
  16. ^ a b c d Kit, Borys (September 24, 2021). "Aquaman and the Lost Kingdom Casts Indya Moore, Jani Zhao and Vincent Regan (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2021. Diakses tanggal September 24, 2021. 
  17. ^ a b c Hussain, Humza (February 1, 2021). "Aquaman 2 Filming In London This Summer, Says Dolph Lundgren". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 1, 2021. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  18. ^ a b Crumlish, Callum (June 13, 2021). "Aquaman 2: Temuera Morrison on returning to DC Comics series in The Lost Kingdom". Daily Express. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 3, 2021. Diakses tanggal July 5, 2021. 
  19. ^ Anderton, Joe (December 21, 2023). "Only Murders in the Building's Martin Short has a surprise Aquaman 2 role". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  20. ^ a b "The Warner Bros. UK 2022 Movie Preview". Warner Bros. Pictures. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2021. Diakses tanggal December 29, 2021. 
  21. ^ a b c d Bonomolo, Cameron (December 20, 2023). "Aquaman 2 Star Reveals Secret Villain". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. 
  22. ^ a b c Gleiberman, Owen (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom Review: Jason Momoa in a Sequel That's 3D but Flat, With Less Screensaver Fun and More 'Dark' Action". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  23. ^ Truitt, Brian (December 21, 2023). "Aquaman 2 movie review: Jason Momoa's big lug returns for a so-so superhero swan song". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2023. 
  24. ^ a b c O, Jimmy (December 11, 2023). "Interview: James Wan Talks Aquaman and the Lost Kingdom and bringing back a fan favorite". JoBlo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2023. Diakses tanggal December 26, 2023. 
  25. ^ a b Travis, Ben (October 23, 2023). "Aquaman's Drumming Octopus Is Back in Sequel The Lost Kingdom: 'Topo Is A Real Character in This One!' – Exclusive". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 23, 2023. Diakses tanggal December 26, 2023. 
  26. ^ a b Massoto, Erick (December 4, 2023). "Jason Momoa Says Topo the Octopus Adds "A Lot of Comedy" to Aquaman and the Lost Kingdom". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 26, 2023. Diakses tanggal December 26, 2023. 
  27. ^ Oller, Jacob (October 19, 2018). "Jason Momoa has already pitched his plan for Aquaman 2 to Warner Bros". Syfy Wire. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2018. Diakses tanggal December 8, 2018. 
  28. ^ Lang, Brent; Donnelly, Matt; Rubin, Rebecca (July 20, 2022). "Movie Stars' Salaries: Joaquin's 20M for Joker 2, Tom Cruise's $100M". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 20, 2022. Diakses tanggal May 20, 2023. 
  29. ^ Siegel, Tatiana (December 6, 2018). "Amber Heard on Her Secret Passion, Elon Musk and a Splashy New Role". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 6, 2018. Diakses tanggal July 18, 2019. 
  30. ^ Boucher, Geoff (January 25, 2019). "James Wan Turns The Tide For Warner Bros. Superhero Business". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 26, 2019. Diakses tanggal January 31, 2019. 
  31. ^ Kit, Borys (February 8, 2019). "Aquaman Spinoff The Trench in the Works (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 9, 2019. Diakses tanggal June 1, 2019. 
  32. ^ Kit, Borys (February 11, 2019). "Aquaman Sequel in the Works, Adds Writer David Leslie Johnson-McGoldbrick". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 12, 2021. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  33. ^ a b McNary, Dave (February 27, 2019). "Aquaman 2 Release Date Set for December 2022". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 27, 2019. Diakses tanggal February 27, 2019. 
  34. ^ Kizu, Kyle (March 5, 2019). "Aquaman: New Details Revealed About The Trench Spinoff and Sequel". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 6, 2019. Diakses tanggal March 6, 2019. 
  35. ^ D'Alessandro, Anthony (July 31, 2019). "James Wan Directing Untitled Horror Project Before Aquaman 2, New Line Will Distribute". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 1, 2019. Diakses tanggal September 23, 2019. 
  36. ^ Ridlehoover, John (March 23, 2020). "Aquaman 2 Is Looking to DC's Silver Age Comics for Inspiration". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 24, 2020. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  37. ^ a b Choe, Brandon (August 23, 2020). "James Wan: Aquaman 2 Is More Serious and Relevant – DC Fandome". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 23, 2020. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  38. ^ Ridlehoover, John (August 16, 2020). "Aquaman 2: James Wan Says He Will Add Some Horror Elements". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 16, 2020. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  39. ^ Vejvoda, Jim (July 20, 2021). "Why James Wan, Who Doesn't Like to Repeat Himself, Returned for Aquaman 2". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 20, 2021. Diakses tanggal July 30, 2021. 
  40. ^ Del Rosario, Alexandra (November 29, 2020). "Petition To Axe Amber Heard From Aquaman 2 Snags Upwards 1.5M Signatures". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 29, 2020. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  41. ^ D'Alessandro, Anthony; Patten, Dominic (July 30, 2021). "Why Filmmakers Kept Amber Heard In Aquaman 2 Amid Depp Fans Protest". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 30, 2021. Diakses tanggal July 30, 2021. 
  42. ^ a b Wang, Jessica (May 16, 2022). "Amber Heard says her Aquaman 2 role was 'pared down' amid Johnny Depp's 'smear campaign'". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 29, 2023. Diakses tanggal December 15, 2023. 
  43. ^ Parkel, Inga (May 25, 2022). "Amber Heard and Jason Momoa 'didn't have a lot of chemistry' in Aquaman, Warner Bros executive says". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 25, 2022. Diakses tanggal September 3, 2023. 
  44. ^ Hibberd, James (May 17, 2022). "Amber Heard Says Aquaman 2 Role Was Reduced Due to Depp Allegations". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 17, 2022. Diakses tanggal May 17, 2022. 
  45. ^ a b Maddaus, Gene (May 24, 2022). "Amber Heard Almost Replaced in Aquaman 2 by Warner Bros". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 24, 2022. Diakses tanggal May 27, 2022. 
  46. ^ a b Cho, Winston (May 24, 2022). "Johnny Depp v. Amber Heard Peels Back Hollywood Secrecy". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 24, 2022. Diakses tanggal May 27, 2022. 
  47. ^ Sharf, Zack (September 14, 2023). "James Wan Confronts Aquaman 2 Reshoot Rumors and Amber Heard Claiming Her Role Was 'Pared Down': The Sequel Never Prioritized Mera". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 16, 2023. Diakses tanggal September 17, 2023. 
  48. ^ Earl, William (June 14, 2022). "Amber Heard Not Fired From Aquaman 2". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2022. Diakses tanggal June 25, 2022. 
  49. ^ Multiple references:
  50. ^ a b c d e Fisher, Jacob (March 12, 2021). "Aquaman 2 Eyes June 2021 Filming Start In UK (Exclusive)". DiscussingFilm. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 12, 2021. Diakses tanggal March 12, 2021. 
  51. ^ a b c d "Aquaman and the Lost Kingdom (2023)". DC.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  52. ^ Couch, Aaron; Kit, Borys (April 1, 2021). "Ava DuVernay's New Gods, James Wan's The Trench DC Movies Not Moving Forward at Warner Bros. (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 7, 2021. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  53. ^ Kroll, Justin (April 15, 2021). "Aquaman 2: Game Of Thrones Alum Pilou Asbaek Joins Jason Momoa In Sequel". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2021. Diakses tanggal April 15, 2021. 
  54. ^ Guttmann, Graeme (May 19, 2021). "Aquaman 2 Starts Filming in July, Confirms Jason Momoa". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 19, 2021. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  55. ^ Couch, Aaron (June 10, 2021). "Aquaman 2 Is Titled The Lost Kingdom". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 11, 2021. Diakses tanggal June 12, 2021. 
  56. ^ Collis, Clark (September 14, 2023). "James Wan confirms Willem Dafoe won't appear in Aquaman and the Lost Kingdom". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 16, 2023. Diakses tanggal September 14, 2023. 
  57. ^ Ferme, Antonio (June 28, 2021). "Aquaman 2, John Wick 4 and Major Blockbusters Begin Production". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 28, 2021. Diakses tanggal June 28, 2021. 
  58. ^ a b c "Aquaman & the Lost Kingdom – Made at WBSL". Warner Bros. Entertainment. December 21, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  59. ^ a b Evangelista, Chris (June 28, 2021). "Aquaman 2 Has Begun Filming Under A Mysterious Working Title". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 17, 2022. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  60. ^ a b Pusey, Michael (July 7, 2021). "Aquaman 2: What Is Necrus? Lost Kingdom Location Explained". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 7, 2021. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  61. ^ Giardina, Carolyn (November 28, 2023). "Forrest Gump DP Don Burgess to Receive ASC Cinematographers Lifetime Achievement Award". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2023. Diakses tanggal December 17, 2023. 
  62. ^ Coleman, Ryan (September 14, 2023). "Aquaman 2 Invented New VFX Rigs To Save The Cast From Extreme Pain". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 15, 2023. Diakses tanggal December 25, 2023. 
  63. ^ Outlaw, Kofi (April 27, 2022). "Aquaman and the Lost Kingdom Director James Wan Used New Tech on Underwater Scenes". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2022. Diakses tanggal December 25, 2023. 
  64. ^ Shepherd, Jack; Graham, Jamie (August 18, 2021). "James Wan talks Aquaman 2: "It's very heavily inspired by Planet of the Vampires"". Total Film. GamesRadar+. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 19, 2021. Diakses tanggal August 19, 2021. 
  65. ^ Travis, Ben (October 21, 2023). "Aquaman And The Lost Kingdom Has 'A Very Retro, '60s Horror Look' Inspired By Harryhausen And Euro-Shockers – Exclusive Image". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  66. ^ a b King, Jack (February 4, 2022). "Aquaman and the Lost Kingdom: Patrick Wilson Teases Crazy, Never-Before Seen VFX Techniques". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 4, 2022. Diakses tanggal December 25, 2023. 
  67. ^ Wyllie, Ami (September 7, 2021). "Aquaman fever grips local beauty spot". Devon Live. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 7, 2021. Diakses tanggal September 11, 2021. 
  68. ^ Kit, Borys (September 24, 2021). "Game of Thrones Actor Pilou Asbæk Joins New Line's Salem's Lot in Key Role (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2021. Diakses tanggal September 24, 2021. 
  69. ^ a b Dominguez, Noah (January 12, 2022). "Aquaman: James Wan Celebrates Last Day of Filming Sequel With Momoa, Wilson". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2022. Diakses tanggal January 13, 2022. 
  70. ^ Perry, Spencer (December 9, 2021). "Aquaman 2: Jason Momoa Confirms Production Wrap on The Lost Kingdom". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 9, 2021. Diakses tanggal December 9, 2021. 
  71. ^ a b Kausch, Katie (August 7, 2022). "These 15 movies were filmed, produced in N.J. towns last year. See if yours made the list." NJ.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 7, 2022. Diakses tanggal August 10, 2022. 
  72. ^ a b c Pedersen, Erik (March 9, 2022). "Warner Bros Release Dates: The Flash, Aquaman, Wonka, Shazam Sequel". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 11, 2022. Diakses tanggal March 9, 2022. 
  73. ^ LaBonte, Rachel (March 10, 2022). "Aquaman 2 Director Reveals Why Movie Was Delayed". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 10, 2022. Diakses tanggal December 25, 2023. 
  74. ^ a b c Erao, Math (March 10, 2022). "Aquaman's James Wan Shares a Sneak Peek at the Lost Kingdom Director's Cut". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 10, 2022. Diakses tanggal December 25, 2023. 
  75. ^ "Aquaman 2". Writers Guild of America East. June 23, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 15, 2022. Diakses tanggal July 10, 2022. 
  76. ^ Villei, Matt (July 28, 2022). "Aquaman 2: Ben Affleck Returns as Bruce Wayne in Sequel; First Image Here". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 28, 2022. Diakses tanggal July 28, 2022. 
  77. ^ Couch, Aaron (August 3, 2022). "Behind the Cancellation of Batgirl". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 4, 2022. Diakses tanggal August 3, 2022. 
  78. ^ a b Kit, Borys; McClintock, Pamela (August 24, 2022). "Aquaman and Shazam! Sequels Change Release Date". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2022. Diakses tanggal August 27, 2022. 
  79. ^ a b Johnston, Dais (August 25, 2022). "Aquaman 2 is delayed again — but it's not all bad news". Inverse. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2022. Diakses tanggal August 27, 2022. 
  80. ^ Couch, Aaron; Galuppo, Mia; Kit, Borys (October 21, 2022). "Marvel, DC Movies: Florence Pugh, Michael Keaton and More Big Paydays". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 21, 2022. Diakses tanggal October 23, 2022. 
  81. ^ Vary, Adam B. (December 14, 2022). "Batman's Future, Aquaman 2 Budget: DC Studios' Tricky Road Ahead". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 15, 2022. Diakses tanggal December 14, 2022. 
  82. ^ Chapman, Wilson (November 15, 2022). "David Zaslav Says 'There's Not Going to Be 4 Batmans' at James Gunn and Peter Safran's DC". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 15, 2022. Diakses tanggal February 10, 2023. 
  83. ^ Bezandis, Michael (December 5, 2022). "James Gunn Says DC Studios Slate Begins After Aquaman Sequel". Heroic Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 6, 2022. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  84. ^ Chitwood, Adam (January 21, 2023). "Michael Keaton's Batman Back in Aquaman 2? Jason Momoa Feeling 'Really F—ing Good' After James Gunn Meeting (Video)". TheWrap. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal January 21, 2023. Diakses tanggal May 11, 2023. 
  85. ^ a b D'Alessandro, Anthony (April 5, 2023). "Aquaman 2 Going Earlier, Minecraft, Wise Guys Get Release Dates". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2023. Diakses tanggal April 5, 2023. 
  86. ^ a b Kit, Borys (July 19, 2023). "Warner Bros.' Quest to Build a Better Aquaman Sequel: 3 Reshoots, Two Batmans and Non-Stop Test Screenings". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 19, 2023. Diakses tanggal July 19, 2023. 
  87. ^ Outlaw, Kofi (December 21, 2023). "Does Batman Appear in Aquaman and the Lost Kingdom?". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  88. ^ a b c Murphy, J. Kim (October 27, 2023). "Aquaman 2 Bumped Two Days, Robert De Niro's Wise Guys Renamed Alto Knights in Move to November 2024". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 27, 2023. Diakses tanggal October 27, 2023. 
  89. ^ Donnelly, Matt (November 14, 2023). "Warner Bros. Pictures Strikes New Co-Financing Deal With Domain Capital (Exclusive)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 14, 2023. Diakses tanggal December 17, 2023. 
  90. ^ Frei, Vincent (December 18, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom". Art of VFX. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  91. ^ "Aquaman and the Lost Kingdom". Rodeo FX. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 25, 2023. Diakses tanggal December 25, 2023. 
  92. ^ "Rupert Gregson-Williams to Return for James Wan's Aquaman and the Lost Kingdom". Film Music Reporter. August 11, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2021. Diakses tanggal August 13, 2021. 
  93. ^ "X Ambassadors's Original Song 'Deep End' from Aquaman and the Lost Kingdom Released". Film Music Reporter. November 16, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 17, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  94. ^ a b "Aquaman and the Lost Kingdom Soundtrack Album Details". Film Music Reporter. December 21, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  95. ^ Grobar, Matt (February 11, 2022). "Warner Bros. Unveils Aquaman 2, Black Adam, The Flash Footage". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 12, 2022. Diakses tanggal February 11, 2022. 
  96. ^ Gardner, Chris; McClintock, Pamela; Giardina, Carolyn (April 26, 2022). "Dwayne Johnson Electrifies CinemaCon as Warner Bros. Debuts Black Adam, Wonka, The Flash and Elvis Footage". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2022. Diakses tanggal April 27, 2022. 
  97. ^ D'Alessandro, Anthony; Goldsmith, Jill; Tartaglione, Nancy (April 25, 2023). "Aquaman & The Lost Kingdom Starring Jason Momoa At Warner Bros CinemaCon". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 25, 2023. Diakses tanggal April 26, 2023. 
  98. ^ Chapman, Wilson (September 14, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom Trailer: Jason Momoa Is Back With a Son, Amber Heard Briefly Returns in DC Sequel". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 16, 2023. Diakses tanggal September 17, 2023. 
  99. ^ a b Bonomolo, Cameron (December 19, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom Skipping Red Carpet Premiere". ComicBook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 19, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  100. ^ a b c D'Alessandro, Anthony (December 21, 2023). "Jason Momoa Says "This Might Be The Last Time" As 'Aquaman'; DC Studio Chief Peter Safran Adds Actor "Will Always Have A Home At DC"". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2023. Diakses tanggal December 21, 2023. 
  101. ^ a b c D'Alessandro, Anthony (December 19, 2023). "Aquaman 2 The Big Fish In Warner Bros Christmas Troika With Wonka & Color Purple, But Holiday Box Office Not Looking Bright – Preview". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2023. Diakses tanggal December 20, 2023. 
  102. ^ a b D'Alessandro, Anthony (December 23, 2023). "Warner Bros Owning Christmas 4-Day Box Office With Aquaman 2 $43M & Wonka $30M+; Illumination's Migration At $18M, Iron Claw Highest A24 CinemaScore With A- & More – Saturday Update". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  103. ^ D'Alessandro, Anthony (December 31, 2023). "Aquaman 2, Wonka & More Propel Christmas Week Box Office To $281M, +14% Over 2022". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 30, 2023. Diakses tanggal December 31, 2023. 
  104. ^ Rubin, Rebecca (December 25, 2023). "Box Office: Aquaman and the Lost Kingdom Leads Christmas Day With Ho-Hum $40 Million". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 27, 2023. Diakses tanggal December 27, 2023. Along with negative reviews and mediocre audience scores, the big-budget sequel is struggling with its lame-duck status in the DC Extended Universe. 
  105. ^ Scott, Ryan (December 26, 2023). "5 Reasons Aquaman And The Lost Kingdom Sank At The Box Office". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 27, 2023. Diakses tanggal January 2, 2024. 
  106. ^ "Aquaman and the Lost Kingdom". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal 4 Januari 2024.  Sunting ini di Wikidata
  107. ^ "Aquaman and the Lost Kingdom". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal 12 Januari 2024. 
  108. ^ Campbell, Christopher (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom First Reviews: Final DCEU Film Offers Few Surprises". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 25, 2023. Diakses tanggal December 25, 2023. 
  109. ^ Parkel, Inga (December 21, 2023). "Aquaman 2 reviews pan Jason Momoa sequel as 'painfully bad'". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2023. Diakses tanggal January 2, 2024. 
  110. ^ Bradshaw, Peter (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom review – terrible Jason Momoa sequel pollutes the DC ocean". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  111. ^ Loughrey, Clarisse (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom review: brainless finale to DC's universe is a damning indictment on its legacy". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  112. ^ Barber, Nicholas (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom review: 'never attempts anything original or honest'". BBC Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  113. ^ Fear, David (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom: The DCEU Goes Out With a Whimper". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  114. ^ Lowry, Brian (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom". CNN Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  115. ^ Wilkinson, Alissa (December 21, 2023). "Aquaman and the Lost Kingdom Review: Back With a Trident and Dad Jokes". The New York Times. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  116. ^ Owen, Phil (December 21, 2023). "Aquaman And The Lost Kingdom Review – A Better Ending Than The DCEU Deserves". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  117. ^ Jackson, Matthew (December 21, 2023). "Aquaman And The Lost Kingdom review: A farewell with a focus on fun". The A.V. Club. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  118. ^ McNamara, Tara. "Aquaman and the Lost Kingdom Movie Review". Common Sense Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 22, 2023. Diakses tanggal December 22, 2023. 
  119. ^ Kit, Borys (December 7, 2022). "Patty Jenkins' Wonder Woman 3 Not Moving Forward as DC Movies Hit Turning Point (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 8, 2022. Diakses tanggal December 7, 2022. 
  120. ^ Sharf, Zack (January 20, 2023). "Jason Momoa on DC Meeting With James Gunn, Lobo Rumours". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 20, 2023. Diakses tanggal April 2, 2023. 
  121. ^ Lussier, Germain (January 31, 2023). "James Gunn DC Slate Q&A: Flash, Aquaman, Crossover, More". Gizmodo. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 31, 2023. Diakses tanggal February 1, 2023. 
  122. ^ D'Alessandro, Anthony (September 28, 2023). "James Gunn Confirms Three Actors In DC Universe; Filmmaker-Studio Boss "Very Happy With The Outcome" Of WGA Strike, But Was "Real Wrench In The Process"". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2023. Diakses tanggal September 29, 2023. 
  123. ^ O'Connell, Sean (September 28, 2023). "James Gunn's Latest DC Comments Are Really Exciting, But Also Really Bad News For Jason Momoa's Aquaman". CinemaBlend. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2023. Diakses tanggal September 29, 2023. 
  124. ^ Ellis, Phillip (December 24, 2023). "Will There Be a Third Aquaman Movie". Men's Health. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 24, 2023. Diakses tanggal January 4, 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]