Insidious (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Insidious
Poster Rilis Teater
SutradaraJames Wan
ProduserJason Blum
Oren Peli
Steven Schneider
Ditulis olehLeigh Whannell
PemeranPatrick Wilson
Rose Byrne
Ty Simpkins
Barbara Hershey
Lin Shaye
Andrew Astor
Leigh Whannell
Penata musikJoseph Bishara
Sinematografer
PenyuntingJames Wan
Kirk Morri
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 14 September 2010 (2010-09-14) (TIFF)
  • 1 April 2011 (2011-04-01) (Amerika Serikat)
[6]
Durasi101 menit
Negara
BahasaInggris
Anggaran$1.5 juta[7]
Pendapatan
kotor
$100.1 juta[8]

Insidious adalah sebuah film horor supernatural tahun 2010 yang disutradarai oleh James Wan, ditulis oleh Leigh Whannell, dan dibintangi oleh Patrick Wilson, Rose Byrne, dan Barbara Hershey. Film ini merupakan film pertama dalam seri film insidious dan film ketiga dalam hal kronologi cerita dalam seri ini. Cerita berpusat pada pasangan suami istri yang anak laki-lakinya secara misterius memasuki kondisi koma dan menjadi wadah bagi berbagai entitas iblis di alam astral.

Insidious mengadakan pemutaran perdana di dunia pada tanggal 14 September 2010, di 2010 Toronto International Film Festival (TIFF) dan menerima rilis luas teater pada tanggal 1 April 2011, oleh FilmDistrict. Film ini diikuti oleh dua sekuel, Chapter 2 (2013), The Red Door (2023); dan dua prekuel, Chapter 3 (2015) dan The Last Key (2018).

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pasangan suami istri Josh dan Renai Lambert baru saja pindah ke rumah baru bersama putra mereka, Dalton dan Foster, dan putri mereka yang masih bayi, Cali. Suatu malam, Dalton menyelinap ke loteng, di mana dia bertemu dengan entitas misterius. Keesokan harinya, dia secara tak terduga mengalami koma.

Tiga bulan kemudian, tanpa hasil di rumah sakit, Renai dan Josh membawa Dalton kembali ke rumah. Keluarga tersebut mulai mengalami kejadian paranormal yang menakutkan, termasuk suara-suara aneh dan Keamanan rumah mereka berbunyi dengan sendirinya berulang kali. Foster juga mengklaim bahwa dia telah melihat Dalton yang koma berjalan di sekitar rumah dan Renai menemukan jejak tangan berdarah di tempat tidur Dalton. Kemudian, Renai mulai melihat Penampakan hantu berambut panjang dan jahat yang mencoba menyerangnya. Keluarga Lambert memutuskan untuk pindah, dengan Renai percaya bahwa rumah itu berhantu.

Namun, aktivitas supranatural berlanjut di rumah baru mereka ketika Renai melihat hantu seorang anak kecil yang mengenakan pakaian zaman dulu. Ibu Josh, Lorraine, datang dan menjelaskan bahwa dia bermimpi buruk tentang setan dengan wajah merah di kamar tidur Dalton. Dia kemudian melihat iblis yang sama di belakang Josh, dan kamar tidur Dalton diobrak-abrik oleh kekuatan tak terlihat. Lorraine memanggil cenayang Elise Rainier dan penyelidik paranormal Specs dan Tucker.[9] Di kamar tidur Dalton, Elise melihat penampakan setan berwajah merah.

Elise menjelaskan bahwa Dalton tidak sedang koma; dia terlahir dengan kemampuan untuk perjalanan astral dan tanpa sadar telah melakukannya dalam tidurnya, percaya bahwa dia hanya bermimpi. Kali ini dia telah melakukan perjalanan terlalu jauh dan terperangkap dalam dimensi api penyucian yang disebut The Further', sebuah tempat yang dihuni oleh roh-roh yang tersiksa dari orang yang telah meninggal. Tanpa kesadarannya, tubuhnya koma, tetapi roh-roh ingin menggunakannya agar mereka dapat kembali memasuki dunia fisik. Josh menuduh Elise sebagai penipu dan mengusirnya, tetapi kemudian menemukan gambar di kamar Dalton yang tampaknya mengkonfirmasi teori Elise.

Josh membawa Elise dan timnya kembali. Setelah upaya pemanggilan arwah gagal total, Elise menjelaskan bahwa dia telah mengenal Lorraine selama puluhan tahun, dan sebelumnya pernah membantu Josh saat masih kecil. Josh juga memiliki kemampuan untuk memproyeksikan astral, tetapi Penghambatan memori telah menekan ingatannya bertahun-tahun yang lalu dengan bantuan Elise, setelah dia membantunya mengalahkan roh parasit dari seorang wanita tua jahat yang ingin kerasukan setan merasukinya. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan Dalton adalah Josh pergi ke The Further dan menyelamatkannya.

Elise membuat Josh berada dalam kondisi hipnotis dan dia mampu memproyeksikan dirinya ke dalam "The Further". Dia menemukan jalan menuju Dalton, bertemu dengan banyak hantu berbahaya dan mengerikan di sepanjang jalan. Dia membebaskan putranya, tetapi mereka dikejar dan diserang oleh iblis berwajah merah sementara roh-roh The Further menyerang dunia nyata dan meneror Renai, Elise, dan yang lainnya. Josh dihadapkan pada wanita tua yang menyiksanya saat kecil. Dia mencoba untuk mengatasi rasa takutnya, dan wanita itu tampak mundur darinya. Josh dan Dalton terbangun di dunia nyata dan roh-roh yang menyerang menghilang.

Keluarga tersebut merayakan kemenangan mereka, percaya bahwa mimpi buruk telah berakhir. Elise merasakan ada yang tidak beres dengan Josh. Ketika dia mengambil fotonya, Josh menjadi marah dan mencekiknya. Renai menemukan mayat Elise dan melihat foto yang diambilnya. Foto tersebut mengungkapkan bahwa Josh sekarang dirasuki oleh hantu wanita tua dari masa kecilnya, yang terakhir telah menyelinap ke dalam tubuhnya saat ia berhadapan dengan wanita itu di "The Further". Josh muncul di belakang Renai dan Cliffhanger, dia terkesiap ketakutan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Patrick Wilson sebagai Josh Lambert
    • Josh Feldman sebagai young Josh
  • Rose Byrne sebagai Renai Lambert
  • Lin Shaye sebagai Elise Rainier
  • Ty Simpkins sebagai Dalton Lambert
  • Barbara Hershey sebagai Lorraine Lambert
  • Leigh Whannell sebagai Specs
  • Angus Sampson sebagai Tucker
  • Andrew Astor sebagai Foster Lambert
  • Heather Tocquigny sebagai Perawat Kelly
  • Corbett Tuck sebagai Perawat Adele
  • Ruben Pla sebagai Dr. Sercarz
  • John Henry Binder sebagai Ayah Martin
  • Christopher Marr Besina sebagai Hantu
  • Marfren Cubar sebagai Pohon
  • Joseph Bishara sebagai Lipstick-Face Demon
  • J. LaRose sebagai Iblis berambut panjang
  • Philip Friedman sebagai The Old Woman
  • Kelly Devoto dan Corbett Tuck sebagai Gadis Boneka
  • Ben Woolf sebagai Dancing Boy
  • Lary Crews sebagai Ayah Hantu Bersiul
  • Jose Prendes sebagai Top Hat Guy
  • Caslin Rose sebagai Hantu / Pemutarbalikkan

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film ini merupakan hasil dari kesuksesan seri Saw (Waralaba) karya Wan.[10] Wan menyutradarai film Saw pertama pada tahun 2004, dan meskipun ia menyatakan dalam sebuah wawancara dengan Entertainment Weekly bahwa ia "sangat bangga" dengan film tersebut, ia juga merasa bahwa film tersebut, khususnya, kekerasan dan gore di dalamnya, membuat beberapa orang merasa tidak nyaman dan membuat mereka ragu-ragu untuk bekerja sama dengannya.[10] Wan kemudian membuat "Insidious" untuk membuktikan bahwa ia dapat membuat film tanpa tingkat kekerasan seperti yang ada di seri "Saw".[10]

Pembuatan film[sunting | sunting sumber]

Fotografi utama untuk Insidious diselesaikan selama tiga minggu pada tahun 2010, dari akhir April hingga pertengahan Mei di Gedung Herald Examiner Building yang bersejarah di pusat kota Los Angeles.[11] Mengenai jadwal syuting yang lebih singkat, aktor Patrick Wilson (aktor Amerika Serikat) menjelaskan, "Kami memiliki hari-hari yang panjang dan banyak halaman dalam sehari, dan kami tidak mendapatkan banyak liputan atau latihan. Namun untungnya, keuntungan membuat film yang tidak memiliki anggaran besar-dan alasan mengapa biasanya dilakukan seperti itu-adalah jika para pembuat film merasa seperti, 'OK, kami tidak akan mengorbankan apa pun di layar,' dan menurut saya mereka tidak melakukannya, maka mereka dapat memiliki kendali penuh. Jadi kami berada di tangan yang tepat."[12]

Musik[sunting | sunting sumber]

Skor musik untuk Insidious dikomposisikan oleh Joseph Bishara, yang juga muncul dalam film tersebut sebagai iblis.[11] Tampil dengan kuartet dan piano, sebagian besar skornya diimprovisasi dan disusun dalam proses penyuntingan, meskipun beberapa sesi perekaman dimulai sebelum pembuatan film.[13] Ketika menjelaskan pendekatan soundtrack film ini, sutradara James Wan menjelaskan, "Kami ingin agar sebagian besar adegan-adegan yang menakutkan dimainkan secara hening. Namun, yang ingin saya lakukan dengan soundtrack adalah membuat Anda tegang dengan nada biola yang sangat keras, seperti nada biola yang menggaruk-garuk, bercampur dengan beberapa dentingan piano yang sangat aneh dan tiba-tiba, Anda akan merasa, 'Apa yang baru saja terjadi di sana?'"[14]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan teatrikal[sunting | sunting sumber]

Insidious tayang perdana di dunia dalam program Midnight Madness di Toronto International Film Festival pada tanggal 14 September 2010. Kurang dari 12 jam setelah pemutarannya, hak distribusi AS untuk film ini dan hak distribusi di seluruh dunia untuk sekuelnya diambil alih oleh Sony Pictures Worldwide Acquisitions.[15][16] Pada tanggal 29 Desember 2010, diumumkan bahwa film ini akan dirilis secara teatrikal pada tanggal 1 April 2011 oleh perusahaan film yang saat itu masih baru, FilmDistrict.[17] Film ini juga diputar di South by Southwest pada pertengahan Maret 2011.[18]

Home Media[sunting | sunting sumber]

Insidious dirilis dalam bentuk DVD dan Blu-ray pada tanggal 12 Juli 2011 melalui Sony Pictures Home Entertainment.[19] Konten bonus Blu-ray mencakup tiga fitur: Horror 101: Seminar Eksklusif, On Set With Insidious, dan Insidious Entities.[20] Sehari sebelum perilisan film ini di media dalam negeri, Sony Pictures dan Fangoria menyelenggarakan pemutaran film secara gratis di Silent Movie Theater di Los Angeles yang diikuti dengan tanya jawab interaktif dengan sutradara James Wan dan penulis skenario Leigh Whannell.[21]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan $13,3 juta, menjadikannya Nomor. 3 di box office Amerika Serikat di belakang Hop (film) dan Source Code. Dengan anggaran $1,5 juta, film ini telah meraup total US$54 juta di Amerika Serikat dan US$46,1 juta di seluruh dunia, dengan total US$100,1 juta di seluruh dunia.[22]

Tanggapan kritis[sunting | sunting sumber]

Agregat ulasan Rotten Tomatoes melaporkan bahwa 66% kritikus memberikan ulasan positif terhadap film ini berdasarkan 176 ulasan; skor rata-rata adalah 6,00/10. Konsensus kritisnya adalah: "Selain babak akhir yang goyah, Insidious adalah wahana rumah hantu yang sangat menakutkan dan menyenangkan."[23] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 52 dari 100 berdasarkan 30 kritikus, yang mengindikasikan "ulasan campuran atau rata-rata".[24] Roger Ebert memberi film ini dua setengah bintang dari empat bintang dan menulis, "Tergantung pada karakter, suasana, kejadian-kejadian yang licik dan ketakutan yang memuncak. Film ini tidak terlalu bagus, tapi penonton akan mendapatkan apa yang mereka harapkan."[25]

Sejumlah ulasan negatif melaporkan bahwa paruh kedua film ini tidak sesuai dengan perkembangan paruh pertama. Mike Hale dari The New York Times menulis bahwa "analogi terkuat untuk paruh kedua Insidious adalah salah satu yang mungkin tidak dicoba oleh para pembuat film: film ini terasa seperti versi yang kurang puitis dari sebuah dongeng M. Night Shyamalan."[26] Demikian pula, James Berardinelli berkomentar,"Jika ada keluhan yang bisa disampaikan tentang Insidious, maka itu adalah bahwa paruh kedua film ini tidak mampu memenuhi standar yang sangat tinggi yang ditetapkan oleh paruh pertama."[27] Ethan Gilsdorf dari The Boston Globe menulis bahwa "film ini dimulai dengan menjanjikan" tetapi "kereta gila Insidious sepenuhnya keluar dari jalur ketika pembuat film menjadi tidak masuk akal dan beberapa hal yang aneh dijelaskan sebagai tembakan ganda kerasukan setan dan proyeksi astral."[28]

Ulasan positif berfokus pada kemampuan para pembuat film untuk membangun ketegangan. John Anderson dari The Wall Street Journal menjelaskan [a]pa yang membuat sebuah film menakutkan bukanlah apa yang muncul dari lemari. Melainkan apa yang mungkin muncul dari lemari. Darah, darah, dan kebisingan dari begitu banyak film horor melewatkan poin yang mengerikan: Para pengamat film jauh lebih yakin, secara naluriah, bahwa apa yang tidak kita ketahui pasti akan menyakiti kita... Insidious membuktikan bahwa orang-orang ini dapat membuat film yang beroperasi pada tingkat yang sama sekali berbeda, tanpa darah atau tipu muslihat yang jelas. Dan membuat daging merinding."[29] Michael Phillips dari Chicago Tribune menulis: "sutradara James Wan dan penulis skenario Leigh Whannell mengagumi semua jenis ketakutan, dari yang terang-terangan hingga yang sangat halus. Film ini berada di titik tengah yang efektif di antara kedua ekstrem tersebut."[30] Peter Travers dari Rolling Stone berkomentar: "Ini adalah film rumah hantu yang lebih baik dari rata-rata, sebagian besar karena Insidious memutuskan untuk membuat penonton takut tanpa menyemprotnya dengan darah."[31] Christy Lemire dari Associated Press menyatakan: "'Insidious adalah jenis film yang dapat Anda tonton dengan mata tertutup dan tetap merasa asyik."[32]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Hasil Penghargaan Kategori Penerima
2011 Menang Fright Meter Awards Best Horror Film James Wan
Leigh Whannell
2011 Nominasi Fright Meter Awards Best Director James Wan
2011 Nominasi Fright Meter Awards Best Actress Rose Byrne
2011 Menang Fright Meter Awards Best Supporting Actress Lin Shaye
2011 Nominasi Fright Meter Awards Best Screenplay Leigh Whannell
2011 Nominasi Saturn Awards Best Supporting Actress Lin Shaye
2011 Nominasi 2011 Scream Awards Best Horror Film
2011 Nominasi 2011 Scream Awards Best Horror Actor Patrick Wilson
2011 Nominasi 2011 Scream Awards Best Horror Actress Rose Byrne

Sekuel dan prekuel[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Sekuel, Insidious: Chapter 2, dirilis pada hari Jumat, 13 September 2013.[33]

Film kelima, Insidious: The Red Door, yang merupakan sekuel langsung dari Chapter 2, dirilis pada tanggal 7 Juli 2023.

Prekuel[sunting | sunting sumber]

Angsuran ketiga, Insidious: Chapter 3, dengan Leigh Whannell sebagai sutradara dan penulis, dirilis pada tanggal 5 Juni 2015, dengan pendapatan kotor box office yang tinggi dan tanggapan kritis yang beragam.[34]

Angsuran keempat, dengan Adam Robitel sebagai sutradara dan Whannell sebagai penulis film,[35] Insidious: The Last Key dirilis pada 5 Januari 2018, dan menerima ulasan yang beragam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Insidious". American Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2019. Diakses tanggal November 22, 2016. 
  2. ^ a b c d "Insidious (2011)". British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-22. Diakses tanggal 2013-11-12. 
  3. ^ "INSIDIOUS". Stage 6 Films. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-25. Diakses tanggal 2020-12-18. 
  4. ^ McClintock, Pamela (26 April 2011). "'Insidious' Is the Most Profitable Film of 2011". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 April 2023. Diakses tanggal 16 April 2023. 
  5. ^ a b c "LUMIERE : Film: Insidious". European Audiovisual Observatory. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-03-05. Diakses tanggal 2016-10-13. 
  6. ^ Karen Benardello (30). "Haunted House Film Insidious To Be Released on April Fool's Day". Shockya.com. Crave Online. Diakses tanggal 28 August 2012. 
  7. ^ Kaufman, Amy (March 31, 2011). "Movie Projector: "Hop" will jump over rivals this weekend". Los Angeles Times. Tribune Company. Diakses tanggal April 1, 2011. 
  8. ^ "Insidious (2011)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2011-07-18. 
  9. ^ "Insidious: Lin Shaye Membicarakan Kunci Terakhir dan Perjalanan Elise". Collider. 4 Januari 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Januari 2018. Diakses tanggal 15 November 2019. 
  10. ^ a b c Collis, Clark. "Sutradara James Wan berbicara tentang 'The Conjuring' dan 'Insidious 2' serta mengonfirmasi bahwa kita akan melihat lebih banyak lagi [spoiler] di 'Fast & Furious 7'". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 November 2015. Diakses tanggal 18 Februari 2016. 
  11. ^ a b Turek, Ryan (18 Mei 2010). "Laporan Set Eksklusif: James Wan Berbicara Tentang Insidious". Shock Till You Drop. Crave Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Oktober 2012. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  12. ^ Gingold, Michael (1 April 2011). ""INSIDIOUS": Menimbulkan Rasa Takut". Fangoria. Diakses tanggal 6 Juni 2013. [pranala nonaktif permanen]
  13. ^ Comerford, Jason (2011). "Insidious oleh Joseph Bishara". Howlin' Wolf Records. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Februari 2012. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  14. ^ Messer, Ron (4 April 2011). "Wawancara James Wan & Leigh Whannell INSIDIOUS; Kreator SAW Juga Membahas Proyek Sci-Fi Tanpa Judul, NIGHTFALL, dan Remake Horor Terbaru". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Juni 2013. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  15. ^ Kenigsberg, Ben (15 September 2010). "Toronto International Film Festival 2010: Insidious, Super, dan Rabbit Hole". Time Out Chicago. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Mei 2011. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  16. ^ Fleming, Mike Jr. (15 September 2010). "Sony Pictures Worldwide Membeli 'Insidious'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2013. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  17. ^ Fischer, Russ (29 Desember 2010). "Film 'Insidious' Karya James Wan Akan Dirilis pada 1 April 2011". /Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Juni 2013. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  18. ^ Keegan, Rebecca (10 Februari 2013). "SXSW: 'Insidious' memimpin gerombolan fiksi ilmiah dan horor di Texas [diperbarui]". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Agustus 2014. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  19. ^ "Amazon.com: Insidious [Blu-ray]". Amazon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Juni 2013. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  20. ^ Katz, Josh (25 Mei 2011). "Insidious Blu-ray". Blu-ray.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2012. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  21. ^ Katz, Josh (30 Juni 2011). "Special Screening: Insidious". Blu-ray.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 April 2012. Diakses tanggal 6 Juni 2013. 
  22. ^ Box Office Mojo. "Insidious". Box Office Mojo. IMDb.com, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Mei 2012. Diakses tanggal 1 Agustus 2012. 
  23. ^ "Insidious (2011)". Rotten Tomatoes. Fandango. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Agustus 2017. Diakses tanggal 31 Maret 2022. 
  24. ^ "Insidious". Metacritic. CBS Interactive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Maret 2014. Diakses tanggal 9 Agustus 2021. 
  25. ^ Ebert, Roger (31 Maret 2011). "Insidious". Chicago Sun-Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juni 2011. Diakses tanggal 26 Mei 2011 – via Rogerebert.com. 
  26. ^ Hale, Mike (2011-03-31). "Movie Review – Insidious". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-11. Diakses tanggal 2011-04-09. 
  27. ^ James Berardinelli (2011-04-02). "Insidious". Reelviews.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-16. Diakses tanggal 2011-04-09. 
  28. ^ Ethan Gilsdorf (2011-04-01). "Insidious". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-29. Diakses tanggal 2011-04-09. 
  29. ^ John Anderson (2011-04-01). "'Insidious': Menakutkan dengan Pandangan yang Tidak Diketahui". The Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-17. Diakses tanggal 2011-04-09. 
  30. ^ Michael Phillips (2011-03-31). "Insidious Movie Review". Chicago Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-22. Diakses tanggal 2011-04-09. 
  31. ^ Peter Travers (2011-03-31). "Insidious". Rolling Stone. Diakses tanggal 2011-04-09. 
  32. ^ Lemire, Christy (2011-03-30). "Review: 'Insidious' mixes shocks and laughs". Boston.com. Associated Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-29. Diakses tanggal 2016-10-13. 
  33. ^ J.B. (30 November 2011). "Insidious 2 sedang dalam proses pengerjaan menurut pendaftaran domain oleh Sony Pictures". Fusible.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Mei 2012. Diakses tanggal 28 August 2012. 
  34. ^ Chitwood, Adam (16 September 2013). "INSIDIOUS: BAB TIGA Melangkah Maju; Leigh Whannell Kembali Menulis Naskah". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Januari 2020. Diakses tanggal 5 Juni 2020. 
  35. ^ Barkan, Jonathan (16 Mei 2016). "'Insidious 4' Umumkan Penulis, Sutradara, dan Tanggal Rilis". Bloody Disgusting. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 April 2023. Diakses tanggal 15 Juli 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]