Antoine de Saint-Exupéry

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Antoine de Saint-Exupéry
Pekerjaan Penerbang, penulis
Kebangsaan Perancis
Periode menulis 1929-1948 (posthumous)
Aliran sastra Otobiografi, Belles-Lettres, Cerita Anak-anak
Pasangan Consuelo Gómez Carillo de Saint-Exupéry, (1931-meninggal)

Antoine de Saint-Exupéry (lahir di Lyon, Perancis, 29 Juni 1900 – meninggal di Marseilles, Perancis, 31 Juli 1944 pada umur 44 tahun) merupakan seorang penulis dan pilot berkebangsaan Perancis. Dia menjadi terkenal saat menuliskan karya Le Petit Prince (Sang Pangeran Kecil). Pada 31 Juli 1944, dia hilang dalam penerbangan di Mediterania.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Monumen Saint-Exupéry di Tarfaya (Cabo Juby, lokasi dari persinggahan Aéropostale

Antoine-Marie-Roger de Saint-Exupery, lahir di Lyon, Prancis, dari sebuah keluarga bangsawan, merupakan anak ketiga dari lima bersaudara pasangan dari Marie de Fonscolombe dan Count Jean de Saint Exupéry, seorang broker asuransi yang meninggal sebelum anaknya keempatnya lahir.

Setelah gagal dalam ujian akhir sekolah, Saint-Exupéry memasuki École des Beaux-Arts untuk belajar arsitektur. Pada tahun 1921, ia masuk militer dan tergabung dalam Resimen ke-2 Chasseurs (kavaleri ringan), dan kemudian dikirim ke Strasbourg untuk dilatih sebagai pilot. Tahun berikutnya, ia memperoleh lisensinya dan ditawarkan untuk dipindah ke angkatan udara.

Mengikuti keinginan dari keluarga tunangannya (novelis Louise Leveque de Vilmorin) ia menetap di Paris dan bekerja di kantor. Namun pada akhirnya pasangan itu memutuskan pertunangan. Tahun 1926 ia bergabung dengan Latecoere (nantinya berganti nama menjadi Aeropostale) sebagai salah satu penerbang pelopor yang membuka jalur pos menuju koloni-koloni Afrika dan Amerika Selatan. Ia diangkat menjadi kepala lapangan terbang di Cape Juby, Maroko, di mana salah satu tugasnya adalah menyelamatkan pilot yang terdampar dari sncaman suku pemberontak. Di pos ini, ia menulis "Southern Mail" (Courrier Sud, 1929).

Naskah "Night Flight" (Vol de Nuit) yang membawakannya penghargaan Prix Femina, ditulis saat ia bertugas sebagai direktur Aeroposta Argentina. Pada tahun 1931, ia menikahi Consuelo Suncin, wanita Salvador yang ditemuinya ketika bertugas di Argentina. Exupery jatuh di gurun Libya pada 30 Januari 1935, nyaris mati kehausan selama tiga hari. Kisah bertahan hidupnya dituangkan dalam "Wind, Sand and Stars" (Terre des Hommes, 1939). Pada Perang Dunia II ia bergabung dalam skuadron pengintai samapi menyerahnya Prancis pada musim panas 1940. Ia hidup dalam pengasingan di Amerika antara tahun 1941-1943. Di sana ia menulis "Letter to A Hostage" (Lettre a un Otage) dan "The Little Prince" (Le Petit Prince), setelah sebelumnya menulis "Flight to Arras" (Pilote de Guerre, 1942) yang masuk dalam bestseller Amerika selama 6 bulan.

Sekembalinya di Prancis, Exupery membujuk komandan tentara Sekutu di Mediterania agar mengizinkannya terbang lagi. Ia terbang ke Borgo di Corsica pada 31 Juli 1944 dan tak pernah kembali lagi.

Karya literatur[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]