Antibodi anti-nuklear

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Antibodi anti-nuclear (ANA, Anti-nuclear antibodies) atau dikenal juga sebagai Faktor anti-nuklear (ANF, Anti-nuclear factor) adalah antibodi yang timbul lebih tinggi ketika terjadi penyakit otoimun. Uji ANA mengukur pola dan jumlah dari otoantibodi yang dapat merusak jaringan tubuh bila jaringan tersebut dianggap sebagai benda asing. Setiap individu memiliki otoantibodi dalam jumlah yang sedikit, namun sekitar 5% dari populasi terdapat otoantibodi yang meningkat. Setengah dari 5% tersebut menderita penyakit otoimun.

Otoimunitas[sunting | sunting sumber]

Titer normal dari ANA adalah 1:40. Titer yang lebih tinggi menandakan sebuah penyakit otoimun. Adanya ANA mengindikasikan lupus erythematosus (terdapat pada 80-90% dari kasus). Hal serupa juga timbul pada 60% kasus sindrom Sjögren, arthritis rheumatoid, hepatitis otoimun, skleroderma, polimiositis, dermatositis, dan berbagai kondisi non-rheumatologis yang berhubungan dengan kerusakan jaringan. ANA juga dirujuk langsung ke kompleks pori nuklear pada sirosis biliaris primer. Kondisi lainnya dengan titer ANA tinggi seperti pada penyakit Addison, purpura trombositopenik primer, penyakit Hashimoto, anemia hemolitik otoimun, diabetes mellitus tipe I, kelainan jaringan ikat campuran.

Antibodi anti-nuklear[sunting | sunting sumber]

Antobodi anti-nuclear adalah antobodi yang tak biasa, dapat dideteksi di darah, memiliki kemampuan untuk mengikat struktur tertentu pada nukleus sel. Nukleus menganduk DNA, materi genetika. ANA ditemukan pada pasien dengan sistem imun yang telah terkan faktor predisposisi dan akhirnya terkena radang serta merusakan jaringan tubuh sendiri.

Dengan ditemukannya titer ANA yang tinggi (1:160 misalnya), berbagai subtipe ANA dapat dibedakan.[1] Berikut adalah subtipe pada sel HEp-2, misalnya:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kavanaugh A, Tomar R, Reveille J, Solomon DH, Homburger HA. Guidelines for clinical use of the antinuclear antibody test and tests for specific autoantibodies to nuclear antigens. American College of Pathologists. Arch Pathol Lab Med 2000;124:71-81. PMID 10629135.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]