Anthurium plowmanii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Anthurium plowmanii

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmonocots
OrdoAlismatales
FamiliAraceae
GenusAnthurium
SpesiesAnthurium plowmanii
Croat, 1987

Anthurium plowmanii atau gelombang cinta adalah tanaman dari genus Anthurium dari keluarga Keladi, Araceae. Tanaman ini berasal dari Peru, Bolivia, dan Brazil. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama Gelombang Cinta.

Ciri-Ciri[sunting | sunting sumber]

Daun dari Anthurium plowmanii tergolong sangat tebal dan kaki menyerupai kulit dengan helaian elips memanjang dan meruncing. Bagian terlebar helaian berada mendekati ujung daun namun masih di sekitar bagian tengah. Tulang daun primer berasa di bagian tengah helaian dan tulang daun lateral memanjang dari tulang primer ke arah tepi helaian. Permukaan daun atas mengkilap dengan tepi daun Bergelombang. Panjang daun Anthurium plowmanii fase juvenile dapat mencapai 2 meter. Tangkai daun berukuran 30-40 centimeter dengan penampang berbentuk C atau U.

Batangnya beruas pendek, setiap ruas merupakan tempat melekatnya daun. Batang Gelombang Cinta biasanya dipenuhi Akar yang berfungsi sebagai penopang tumbuhnya tanaman. Bunga Anthurium plowmanii tumbuh ke atas. Spathe berbentuk lonjong meruncing dan cenderung menekuk keluar bila mekar dengan panjang 5–15 cm dan dapat tumbuh hingga 29 cm dan lebar 5-10 milimeter berwarna violet keunguan dengan bercak hijau atau ungu. Spadiks berwarna ungu gelap berbentuk lonjong mengecil di bagian ujung dengan ukuran 10–45 cm dengan diameter 1–22 cm. Panjang stipe atau tangkainya sekitar 6–10 cm dengan diameter 1.2 cm. Bunga bersifat berumah satu seperti tanaman lain di keluarga Araceae. Bunga bersifat protogini, dimana dalam bunga Yang sama, bunga betina akan matang terlebih dahulu kemudian disusul bunga jantan. Setelah terjadi penyerbukan, maka embrio akan berkembang menjadi Buah matang dengan kulit berwarna merah dengan bentuk bulat memanjang dengan 1 buah mengandung 1-2 biji dengan ukuran 1-2 milimeter. Dengan panjang 1.2-1.5 milimeter. Setiap spadiks dapat mampu menghasilkan 500 hingga 2.000 benih.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Anthurium plowmanii dibudidayakan sebagai tanaman hias daun. Ukuran daunnya yang besar dan Bentuk pinggiran daunnya yang bergelombang membuat tanaman hias ini banyak diminati.

Referensi[sunting | sunting sumber]