Anil Ambani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anil Ambani
Lahir 4 Juni 1959 (umur 54)
Bendera India Mumbai, India
Tempat tinggal Mumbai, India
Pekerjaan Pemimpin, Anil Dhirubhai Ambani Group
Kekayaan bersih US$42 billion , lihat daftar milyader (2008)
Pasangan Tina Munim
Situs web
http://www.relianceadagroup.com

Anil Ambani (lahir di Mumbai, India, 4 Juni 1959; umur 54 tahun) adalah seorang pengusaha asal India. Pada tahun 2007, kekayaannya diperkirakan sebesar US$45 miliar, menjadikan ia orang terkaya ke-6 di dunia. Ia juga menjadi orang dengan pertumbuhan kekayaan tercepat di dunia—kekayaannya tumbuh tiga kali lipat dalam satu tahun.[1] Ambani saat ini menjabat sebagai ketua Reliance Capital, Reliance Communications, Reliance Energy dan pernah menjabat sebagai wakil ketua dan direktur pengelola Reliance Industries Limited. Kepemilikannya atas Reliance Communications mencapai 66%.[2]. Grup Reliance adalah salah satu kelompok bisnis terbesar di India yang didirikan oleh ayah Anil Dhirubhai Ambani (1938—2002). Ibunya adlaah Kokilaeben Ambani. Ia menikah dengan Tina Ambani (Munim) yang dikenal sebagai aktris India pada tahun 1980-an. Dari pernikahan itu, ia mendapatkan dua anak, yaitu Jai Anmol dan Jai Anshul.

Total kekayaan investor yang ditanamkan di empat perusahaan Anil Ambani Group—Reliance Communications (RCOM), Reliance Capital (RCL), Reliance Energy (REL) and Reliance Natural Resources Ltd (RNRL)—mencapai 1,42,384 crore rupee. Kekayaan Anil sebagian besar didapatkan dari kepemilikan saham sebesar 65% atas perusahaan RCOM, dengan harga pasar sebesar 1,03,000 crore. Ia juga memiliki lebih dari 50% saham di RCL (harga pasar sekitar Rs 24,000 crore), 35% di REL (harga pasar Rs 12,700 crore) dan 54% di RNRL, dengan harga pasar mencapai Rs 2,600 crore.[3].

Pada tanggal 6 Oktober 2007, kekayaannya diperkirakan mencapai $45 miliar.[4]

Ambani mendapatkan gelar Bachelor of Science dari University of Mumbai dan gelar MBA dari Wharton School di University of Pennsylvania.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]