Angkatan Darat Tentara Rakyat Korea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angkatan Darat Tentara Rakyat Korea
조선인민군 륙군
Chosŏn-inmin'gun lyug'gun
Lambang Angkatan Darat Rakyat Korea
Aktif20 Agustus 1947
Negara Korea Utara
AliansiKim Jong-un
Tipe unitAngkatan darat
Jumlah personel950.000 personel aktif
7.620.000 personel cadangan[1]
Bagian dariTentara Rakyat Korea
Peralatan~4.300 tank
~2.500 IFV
~8.600 artileri
~5.500 MLRS
PertempuranPerang Korea
Konflik Zona Demiliterisasi Korea
Tokoh
Panglima Tertinggi Pemimpin Besar Kim Jong-un
Komandan Jenderal Ri Yong-gil
Insignia
Bendera

Angkatan Darat Tentara Rakyat Korea atau Angkatan Darat Rakyat Korea (Korea: 조선인민군 륙군; Hanja: 朝鮮人民軍 陸軍; Alih aksara: Chosŏn-inmin'gun lyug'gun) atau sering disingkat KPAGF adalah cabang utama Tentara Rakyat Korea, yang bertanggung jawab atas operasi militer berbasis darat dari negara Korea Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tank T-34 Korea Utara yang hancur selama Perang Korea

Angkatan Darat Tentara Rakyat Korea dibentuk pada 20 Agustus 1947. Jumlahnya lebih banyak dan persenjataannya lebih banyak daripada tentara Korea Selatan saat pecahnya Perang Korea pada Juni 1950 sebelum didorong kembali oleh serangan balasan gabungan pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Republik Korea. Formasi pasukan darat Korea Utara yang bertempur dalam Perang Korea termasuk Korps I, Korps II dan III. Korps IV dan Korps V, Korps VI dan VII dibentuk setelah pecahnya perang. Divisi termasuk Divisi Lapis Baja ke-105, Divisi Infanteri ke-1, ke-2, ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7, ke-8, ke-9, ke-10, ke-12, ke-19, dan ke-43. Selama Perang Korea, itu juga berisi sejumlah unit independen seperti Resimen Infanteri ke-766.

Pada tahun 1960, KPAGF mungkin berjumlah kurang dari 400.000 personel jumlahnya tidak meningkat jauh hingga tahun 1972. Kekuatan tersebut kemudian berkembang secara besar-besaran selama dua dekade berikutnya. Pada tahun 1992, ada 950.000 personel.[2] Sebelum perluasan pasukan darat Korea Utara ini, jumlah tentara Korea Selatan melebihi KPAGF. Sejak tahun 1970-an, Korea Selatan mulai melampaui Korea Utara dalam hal ekonomi. Dengan demikian, Korea Selatan dapat memodernisasi pasukannya, yang pada gilirannya memperingatkan Korea Utara, dan mengakibatkan perluasan angkatan bersenjata Korea Utara. Ukuran, organisasi, disposisi, dan kemampuan tempur Angkatan Darat memberi militer Pyongyang, meskipun secara teknologi lebih rendah, opsi yang memungkinkan baik untuk operasi ofensif terbatas untuk menyerang bagian bawah semenanjung atau untuk operasi pertahanan terbatas terhadap ancaman yang dirasakan dari Korea Selatan.

Seiring berjalannya waktu, organisasi ini telah menyesuaikan diri dengan keadaan unik dari masalah militer yang dihadapi KPA dan dengan evolusi doktrin dan pemikiran militer Korea Utara.

Abad ke-21[sunting | sunting sumber]

Tentara Korea Utara mengawasi di DMZ

Pada tahun 2003 dilaporkan bahwa sebagian besar pasukan darat aktif dikerahkan dalam tiga formasi— formasi operasional depan yang terdiri dari empat korps infanteri; didukung oleh formasi operasional kedua dari dua korps mekanik, korps lapis baja, dan korps artileri; dan cadangan strategis dari dua korps mekanik yang tersisa dan korps artileri lainnya.[3] Pasukan ini termasuk Korps Mekanik ke-806 dan ke-815 serta Korps Lapis Baja ke-820. Pasukan ini ditempatkan di sepanjang jalur komunikasi utama utara-selatan yang menyediakan akses cepat dan mudah ke jalan pendekatan ke Korea Selatan. KPAGF telah menempatkan sejumlah besar artileri, termasuk beberapa palsu, terutama sistem jarak jauh, dekat dengan Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea.

Kepangkatan[sunting | sunting sumber]

Pangkat[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Tentara Rakyat Korea memiliki enam kategori peringkat; marsekal (-Su), jenderal (-Jang), perwira senior (-Jwa, "Komandan"), perwira junior (-Wī, "Pemimpin"), bintara (-Sa), dan tamtama (-Pyŏngsa, "Prajurit" dan -Chŏnsa, "Serdadu").

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "mnd.go.kr" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-08-08. Diakses tanggal 2022-01-18. 
  2. ^ "Korean People's Army - North Korean Special Weapons Agencies". web.archive.org. 2008-04-15. Archived from the original on 2008-04-15. Diakses tanggal 2022-01-18. 
  3. ^ "North Korea's Military Strategy" (PDF).