Angel (seri TV 1999)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Angel (serial))

Angel
GenreSupernatural
Drama komedi
Fantasi
Laga
Horor
PembuatJoss Whedon
David Greenwalt
PemeranDavid Boreanaz
Charisma Carpenter
Glenn Quinn
Alexis Denisof
J. August Richards
Amy Acker
Vincent Kartheiser
Andy Hallett
James Marsters
Mercedes McNab
Penggubah lagu temaDarling Violetta
Negara asalAmerika Serikat
Jmlh. musim5
Jmlh. episode110
Produksi
Produser eksekutifJoss Whedon
David Greenwalt
Tim Minear
Jeffrey Bell
David Fury
Durasi42 menit
Rilis asli
JaringanThe WB
Rilis5 Oktober 1999 (1999-10-05) –
19 Mei 2004 (2004-5-19)
Acara terkait
Buffy the Vampire Slayer

Angel adalah serial televisi Amerika Serikat yang merupakan spin-off dari serial Buffy the Vampire Slayer. Serial ini juga dibuat oleh pencipta serial Buffy, Joss Whedon, dengan berkolaborasi bersama David Greenwalt. Angel pertama kali ditayangkan pada 5 Oktober 1999. Seperti juga Buffy, Angel diproduksi oleh Mutant Enemy.

Pada empat musim serial ini, diceritakan bahwa Angel bekerja sebagai detektif pribadi di kota Los Angeles, California. Hal ini juga meliputi pertarungannya dengan kekuatan jahat dan kerja samanya dengan manusia, selain itu ada juga konfliknya dengan dirinya sendiri.

Serial ini memiliki suasana yang lebih gelap. Pada tiga musim pertama ketika Angel ditayangkan bersama dengan Buffy, ternyata serial Buffy meraih rating yang lebih tinggi daripada Angel.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Topping, Keith, Hollywood Vampire, (3rd edition, includes Season 4) Virgin Books (2004), page 360: "During [November–December 2002], Angel was getting slightly higher ratings than Buffy, aided by a new Sunday-slot and the popular series Charmed as its lead-in show." Also see Wahoske, Matthew J., "Nielsen Ratings For Buffy The Vampire Slayer, Angel, And Firefly Diarsipkan 2008-02-16 di Wayback Machine.", Insightbb.com (2004)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]