Andrea Agnelli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Andrea Agnelli
Andrea Agnelli sedang menyaksikan pertandingan Juventus di stadion
Lahir 6 Desember 1975 (umur 39)
Turin, Italia
Almamater St Clare's International School
Universitas Bocconi
Pekerjaan Pengusaha
Tahun aktif 2001–kini
Tempat kerja FIAT
Dikenal karena Presiden Juventus FC
Pasangan Emma Winter
Orang tua Umberto Agnelli (ayah)
Allegra Caracciolo (ibu)
Kerabat John Elkann (sepupu)

Andrea Agnelli (lahir di Turin, Italia, 6 Desember 1975; umur 39 tahun) adalah seorang pebisnis dari Italia, ia saat ini menjabat sebagai presiden dari klub sepak bola Italia Juventus.[1] Ia juga menjabat sebagai anggota dewan kehormatan bagi Fiat dan Exor.

Andrea merupakan putra dari Umberto Agnelli, dan merupakan anak laki-laki terakhir sampai saat ini yang menggunakan nama keluarga "Agnelli". Ia sekolah di St Clare's International School di Oxford dan kemudian melanjutkannya lagi di Universitas Bocconi. Ia juga sempat bekerja paruh waktu untuk Piaggio, Auchan dan Ferrari.[2]

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Andrea Agnelli merupakan putra dari Umberto Agnelli dan Allegra Caracciolo. Ia merupakan saudara Giovanni Alberto Agnelli, dan orang terakhir (sampai saat ini) yang masih memakai nama belakang keluarga "Agnelli". Andrea muda bersekolah di St Clare's International School di Oxford, Inggris. Ia kemudian melanjutkan pendidikan tingginya ke Universitas Bocconi di Milan. Selama karirnya ia telah memperoleh pengalaman kerja yang beragam, baik di luar negeri dan di Italia. Pekerjaan awal utamanya adalah sebagai staf pemasaran di perusahaan-perusahaan besar seperti Piaggio, Auchan dan Ferrari.

Dari 2001 sampai 2004 Agnelli bekerja di Philip Morris International. Pada tahun 2007 ia membentuk perusahaan bernama Lamse, S.p.A. dan ia menjabat sebagai petinggi eksekutif di perusahaannya tersebut. Selain itu keterlibatannya di dunia olahraga juga ia mulai dengan menjadi salah satu pengurus pada klub golf Royal Park & Country Club I Roveri pada tahun 2008. Pada 29 September 2008 ia kemudian diangkat sebagai direktur dari Federasi Golf Italia.

Seiring dengan statusnya sebagai salah satu anak dari pendiri Fiat, Andrea mulai terlibat langsung dalam beberapa kegiatan perusahaan keluarganya tersebut. Pada tahun 2005-2006 ia mengambil pekerjaan dalam pengembangan strategis di perusahaan IFIL. Pada 30 Mei 2004 ia kemudian diangkat mnenjadi direktur Fiat dan kemudian sejak tahun 2006 ia menjadi salah satu anggota pengurus IFI (kemudian Exor), yang menjadi induk perusahaan Fiat.

Karier olahraga[sunting | sunting sumber]

Presiden Juventus F.C.[sunting | sunting sumber]

Semangat turunan dari keluarganya yang merupakan pemilik Fiat juga menurun kepada Andrea untuk terjun di bagian divisi olahraga dari perusahaan otomotif raksasa Italia tersebut. Andrea kemudian memulai bekerja di Juventus, di mana ia sebelumnya bekerja sebagai asisten di sektor komersial. Pada tanggal 28 April 2010 ia kemudian diumumkan oleh saudara sepupunya, John Elkann untuk menjadi presiden baru klub sepakbola Italia tersebut menggantikan Jean-Claude Blanc. Ia kemudian menjadi orang dengan nama belakang Agnelli keempat yang menjabat sebagai presiden Juventus. Sebagai awal kepemimpinannya, Andrea kemudian menunjuk Giuseppe Marotta sebagai staf asisten tim, dan Luigi Del Neri sebagai pelatih.[3]

Selain itu di bawah pimpinan Andrea Agnelli juga Juventus mengajukan banding atas kasus Calciopoli yang dijatuhkan oleh FIGC kepada kejaksaan tinggi Italia dengan harapan bisa mengembalikan dua gelar Scudetto yang dicabut. Namun permintaan tersebut ditolak oleh kejaksaan Italia karena kurangnya bukti dan keterlambatan Juventus dalam mengajukan tuntutan balik.[4]

Para 8 September 2011 ia meresmikan stadion baru Juventus yaitu Juventus Stadium yang menjadi rumah dari pertandingan kandang Juventus mulai musim 2011-12.[5]

Kemungkinan kembali ke Ferrari[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah jumpa pers usai pertandingan perdana Juventus di Liga Serie A 2011-12 yang juga berlangsung secara bersamaan dengan GP Italia 2011, Andrea mengungkapkan keinginannya memimpin tim Scuderia Ferrari di masa yang akan datang.[6] Pembalap yang ia inginkan untuk bekerjasama dengannya adalah Sebastian Vettel.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Del Piero welcomes new era at Juventus". ESPN. 22 May 2010. Diakses 27 May 2010. 
  2. ^ (Italia) Biography from Exor website
  3. ^ "Juve, John Elkann disegna il futuro "Andrea Agnelli sarà il presidente"" [Juve, John Elkann marks the future: "Andrea Agnelli will be the president"] (dalam bahasa Italian). Lastampa.it. 28 April 2010. Diakses 01 June 2011. 
  4. ^ "Sepak Bola : Gugatan Juve Ditolak, Scudetto 2006 Tetap Milik Inter". Detik.com. 2 Juli 2011. Diakses 10 Oktober 2011. 
  5. ^ "New stadium, opening ceremony on 8th September". Juventus Football Club S.p.A. official website. 14 July 2011. Diakses 23 July 2011. 
  6. ^ "Agnelli happy to hear Vettel’s Ferrari desire". Yalla F1. 13 September 2011. Diakses 10 Oktober 2011. 
  7. ^ GMM (13 September 2011). "F1: Vettel's Ferrari interest 'very good' - Agnelli". Motorsport.com. Diakses 10 Oktober 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]