Andi Bintang Makkulau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Andi Bintang
Bupati Sinjai ke-4
Masa jabatan
1971–1983
PresidenSoeharto
GubernurAchmad Lamo
Andi Oddang
Sebelum
Pendahulu
Drs. H. M. Nur Tahir
Pengganti
H. Andi Arifuddin Mattotorang, S.H.
Informasi pribadi
LahirBone, Indonesia
KebangsaanIndonesia
HubunganAndi Patellui Petta Sau Arung Sumaling (kakek)
Andi Sudarmi Makkulau (saudara kandung)
Andi Bulan Makkulau
Andi Surya Makkulau (saudara kandung)
Andi Terbit Makkulau (saudara kandung)
Andi Sakka Makkulau (saudara kandung)
Andi Kaharuddin Makkulau (saudara kandung)
Andi tambasmi Makkulau (saudara kandung)
Andi Alimuddin Makkulau (saudara kandung)
AnakAndi Binawan Bintang
Andi Darmawan Bintang
Andi Irawan Bintang
Andi musykernawati Bintang
Orang tuaAndi Makkulau Petta Tone (ayah)
Andi Jawariah Petta Sagga (ibu kandung)
Alma materUniversitas Gadjah Mada
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Drs. H. Andi Bintang Makkulau atau lebih dikenal dengan nama Andi Bintang adalah Bupati Sinjai keempat yang menjabat pada tahun 1971-1983 adalah anak dari bangsawan Bugis Andi Makkulau bin Andi Patellui Petta Sau (Arung Sumaling Bone) yang merupakan anak dari La Pamulu To Paraungi Arung Cabalu Bulukumba, putra Raja Bone XXIV La Mappasessu To Appatunru dan Besse Langello, raja dan tokoh pejuang wanita yang berpengaruh di Kerajaan Bulo-Bulo (Gising, 2012)1 dulu yang melakukan perlawanan terhadap penjajah Belanda. Ibundanya, We Dattaro adalah putri dari La Mappamellang Daeng Pasoko dan We Tenri Jai Daeng binti La Mabbakasang Daeng Mallulungang Arung Lamati dan Arung Bulo-bulo. Andi Bintang adalah lulusan terbaik Universitas Gajah Mada Jogjakarta, karier pekerjaannya dimulai dari guru sampai menjadi Bupati Kabupaten Sinjai selama dua periode, dari tahun 1971 sampai 1983. Nama Andi Bintang kemudian diabadikan dalam nama Stadion Andi Bintang, sebuah stadion olahraga di Kabupaten Sinjai yang terletak di Jl. Stadion, Bongki, Sinjai Utara.

Riwayat Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Sebelum pemerintahan Andi Bintang, yaitu Muhammad Nur Thahir, Kehadirannya menggantikan dan menyelesaikan masa jabatan Drs. H. Muh. Nur Tahir yang kurang lebih tiga tahun karena menghadapi kemelut berkepanjangan akibat dari penetapan Menteri Dalam Negeri yang tidak sesuai dengan aspirasi hasil pemilihan DPRD Sinjai, sehingga Andi Bintang Makkulau ditunjuk untuk Menjabat sebagai Kepala Daerah selama tiga tahun untuk menyelesaikan masa jabatan Drs. H. M. Nur Tahir. Kemudian terpilih kembali hingga dua periode sebagai Bupati Kepala Daerah Kabupaten Sinjai. Pada masa pemerintahan sebelumnya, Bupati berfokus pada pembangunan sarana dan prasarana di Kabupaten Sinjai, pengembangan pembangunan dibidang pemerintahan, ekonomi, pendidikan serta sosial dan agama. Lalu pada pemerintahan Andi Bintang di Kabupaten Sinjai, dititikberatkan pada bidang pembangunan dan kelengkapan sarana dan prasarana desa seperti papan potensi kecamatan, pengadaan lembaga sosial desa, pembangunan batas-batas desa, pembangunan stadion, pengadaan sumber air bersih (PDAM) serta pembangunan masjid Nujumul Ittihad yang merupakan masjid kebanggaan Kabupaten Sinjai ketika itu. Kebijakan yang diterapkan Andi Bintang tersebut disesuaikan dengan pola dasar pembangunan Daerah Tingkat II Sinjai dari Repelita I-V sesuai GBHN. Atas dasar itulah maka kucuran dana mulai melimpah ruah dari pusat pemerintahan yang didistribusikan keseluruh daerah Tingkat II di Indonesia, termasuk Sinjai. Lewat kucuran dana pemerataan pembangunan, fasilitas pelayanan mulai ditingkatkan dan dikembangkan terus diantaranya Rumah Jabatan baru, Gedung DPRD (sekarang gedung Dharmawanita), Pasar Sentral (kini pusat pertokoan), dan TPI Lappa. Berdasarkan hasil penelitian Titi Suriani dkk (2015)2 disimpulkan bahwa pada masa pemerintahan Andi Bintang telah memajukan berbagai aspek kehidupan seperti aspek politik pemerintahan, ekonomi, dan bidang sosial budaya tanpa mengesampingkan sektor-sektor lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Gising, Basrah (2002). Sejarah Kerajaan Bulo-bulo, Lamatti & Tondong, Suatu Bentuk manifestasi Sinjai Bersatu. Penerbit Era Media, Makassar.
  2. Suriani, Titi (Juni 2015). "Sinjai Pada Masa Pemerintahan Andi Bintang (1971-1983)". [Pattingaloang]. Vol.2 No. 2.  Universitas Negeri Makassar..

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Drs. H. M. Nur Tahir
Bupati Sinjai
1971–1983
Diteruskan oleh:
H. Andi Arifuddin Mattotorang, SH.

Templat:Topik Sinjai