American

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kata American dalam bahasa Inggris memiliki arti yang beragam berdasarkan konteks yang digunakan seperti historis, geografis, atau politis. Kata American diturunkan dari America, istilah yang awalnya untuk menyebut seluruh benua Amerika (juga disebut belahan Bumi barat). Dalam beberapa ungkapan, istilah ini masih memiliki pengertian Pan-Amerika, tetapi kemudian penggunaannya berevolusi seiring berjalannya waktu dan, untuk berbagai alasan historis, kata ini secara spesifik hanya digunakan untuk menyebut seseorang atau sesuatu dari Amerika Serikat.

Dalam bahasa Inggris modern, American biasanya merujuk pada seseorang atau sesuatu yang berkaitan dengan Amerika Serikat; di antara penutur bahasa Inggris pengertian ini hampir universal, meskipun dalam penggunaan yang berbeda tetap membutuhkan spesifikasi.[1] Meskipun begitu, beberapa ahli bahasa di masa lampau berpendapat bahwa "American" harusnya diperluas juga untuk meliputi seseorang atau segala hal dari setiap tempat di benua Amerika.[2][3]

Kata ini bisa digunakan sebagai adjektiva ataupun kata benda (yaitu sebuah demonim). Dalam penggunaan adjektival, kata ini berarti "dari atau berhubungan dengan Amerika Serikat"; misalnya, "Elvis Presley was an American singer" (Elvis Presley merupakan seorang penyanyi dari Amerika Serikat) atau "the man prefers American English" (seorang pria lebih memilih bahasa Inggris Amerika). Dalam bentuk kata bendanya, kata ini biasanya berarti penduduk atau warga negara Amerika Serikat, meskipun juga digunakan untuk seseorang yang identitas etnisnya hanya "American". Kata benda ini jarang digunakan dalam bahasa Inggris untuk merujuk pada seseorang yang tidak ada kaitannya dengan Amerika Serikat ketika melibatkan pengertian geografis.[1]Templat:Not verified in body Ketika digunakan bersama sebuah kualifikasi tata bahasa, kata adjektiva American dapat berarti "dari atau berkaitan dengan benua Amerika", seperti dalam Latin American (Amerika Latin) atau Indigenous American (penduduk pribumi Amerika). Lebih jarang, bentuk adjektiva bisa memiliki arti ini tanpa sebuah pengkualifikasi, seperti dalam "American Spanish dialects and pronunciation differ by country" (dialek dan pelafalan bahasa Spanyol Amerika berbeda-beda di setiap negara) atau nama-nama organisasi seperti Organization of American States dan American Registry for Internet Numbers (ARIN). Jenis ketiga dari istilah ini secara khusus berkaitan dengan penduduk asli Amerika, contohnya, "In the 16th century, many Americans died from imported diseases during the European conquest" (Pada abad ke-16, banyak penduduk Amerika yang meninggal akibat penyakit yang ditularkan saat penaklukan oleh bangsa-bangsa Eropa), meskipun penggunaan ini sangat jarang, dan sebagai gantinya "indigenous", "First Nations" atau "Amerindian" dianggap lebih mudah dipahami dan lebih banyak diterima.

Bentuk majemuk yang menjelaskan sebuah kelompok etnis minoritas, misalnya "African-Americans" juga secara khusus merujuk pada seseorang di atau dari Amerika Serikat, seperti halnya prefiks "Americo-". Contohnya, Americo-Liberians dan bahasa mereka Merico namanya berasal dari fakta bahwa mereka merupakan keturunan dari pemukim Afrika-Amerika, yaitu orang Kulit hitam yang sebelumnya diperbudak di Amerika Serikat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wilson, Kenneth G. (1993). The Columbia Guide to Standard American EnglishPerlu mendaftar (gratis). New York: Columbia University Press. hlm. 27–28. ISBN 0-231-06989-8.  View at Bartleby
  2. ^ Mencken, H. L. (December 1947). "Names for Americans". American Speech. 22 (4): 241–256. doi:10.2307/486658. JSTOR 486658. 
  3. ^ Avis, Walter S.; Drysdale, Patrick D.; Gregg, Robert J.; Eeufeldt, Victoria E.; Scargill, Matthew H. (1983). "American". Gage Canadian Dictionary (edisi ke-pbk). Toronto: Gage Publishing Limited. hlm. 37. ISBN 0-7715-9122-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]