Alis dari Bretagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alis dari Bretagne
Dame de Pontarcy suo jure
Comtesse Blois
Medali Alis
Kelahiran6 Juni 1243
Château de Suscinio, Sarzeau, Morbihan, Bretagne
Kematian2 Agustus 1288 (usia 45)
Pemakaman
Biara La Guiche, Chouzy-sur-Cisse, Prancis
AyahYann I
IbuBlanche dari Navarra
PasanganJean I
AnakJeanne

Alis dari Bretagne atau Alix, Dame de Pontarcy, Comtesse Blois (6 Juni 1243 – 2 Agustus 1288), merupakan seorang wanita bangsawan Breton yang berasal dari Wangsa Dreux sebagai putri sulung Yann I, Adipati Bretagne. Ia menikah dengan Jean I, Comte Blois. Alis dikenal sebagai pendiri rumah-rumah keagamaan seperti Biara La Guiche, di mana ia kemudian dimakamkan.

Château de Suscinio, di, Sarzeau, Morbihan, tempat kelahiran Alis dari Bretagne

Alis, yang dinamakan seperti neneknya, Alix dari Thouars, lahir pada tanggal 6 Juni 1243 di Château de Suscinio di Sarzeau, Morbihan, Bretagne.[1] Ia adalah putri sulung Yann I, Adipati Bretagne dan Blanche dari Navarra, putri Thibaut I dari Navarra dan Agnes dari Beaujeu. Alis memegang gelar Dame de Pontarcy dengan haknya sendiri.

Château de Brie-Comte-Robert

Suatu hari setelah kontrak ditandatangani pada tanggal 11 Desember 1254, ia menikah dengan Jean I, Comte Blois dari Wangsa Chatillon. Setelah itu ia bergelar Comtesse Blois. Ia membawa gelar-gelarnya di Pontarcy dan de Brie-Comte-Robert sebagai maharnya, yang dinamakan seperti moyangnya Robert I dari Dreux. Pernikahan tersebut menghasilkan seorang putri yang bernama Jeanne, menjadi ahli waris gelar dan wilayah ayahandanya. Pada tahun 1270, suaminya ditunjuk sebagai Letnan Jenderal Prancis.

Melalui pernikahan Alis dengan Jean, Château de Brie-Comte-Robert diserahkan ke Wangsa Châtillon.

Alis dan Jean mendirikan beberapa rumah keagamaan seperti Biara La Guiche di dekat Blois pada tahun 1277. Ia menjanda pada tanggal 28 Juni 1279. Pada tahun 1287, tahun sebelum kematiannya sendiri, Alis melakukan perjalanan ke Palestina. Dari sana ia berangkat ke Suriah, di mana ia menugaskan pembangunan dua menara benteng di Ptolemais.[2]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Alis meninggal pada tanggal 2 Agustus 1288 dan dimakamkan di Biara La Guiche yang ia dirikan. Ayahandanya, Adipati Yann, telah meninggal dua tahun sebelumnya. Putrinya, Jeanne, yang suo jure Comtesse Blois menikah dengan Pierre, Comte Perche dan Alençon, putra Raja Louis IX dari Prancis dan Marguerite dari Provence. Namun, karena kedua putranya dari pernikahannya yang kedua meninggal semasa bayi, garis keturunan Alis punah setelah kematiannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Charles Cawley, Medieval Lands, Brittany
  2. ^ (Prancis) Histoire du diocèse et de la ville de Chartres By Jean Baptiste Souchet, vol. 3, 1869 - Société archéologique d'Eure-et-Loir - p. 74
Alis dari Bretagne
Didahului oleh:
Wangsa Dreux
Dame de Pont-Arcy Diteruskan oleh:
Jeanne