Algorave

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Algorave
Informasi umum
Genre terkaitMusik elektronik, musik komputer, musik generatif, musik dansa elektronik, tekno
LokasiSeluruh dunia
Event/acara terkaitFestival musik, rave, festival musik dansa elektronik, pesta sirkuit
Topik terkaitMusik elektronik langsung, VJ, pengkodean langsung

Algorave (lakuran dari algoritme dan rave) adalah acara di mana orang-orang menari mengikuti musik yang dihasilkan dari algoritme komputer, sering kali menggunakan teknik pengkodean langsung (live coding).[1] Alex McLean dari Slub dan Nick Collins adalah orang yang pertama kali mengungkapkan kata "algorave" pada tahun 2011, dan acara pertama dengan nama tersebut diselenggarakan di London, Inggris.[2] Sejak saat itu, Algorave menjadi sebuah gerakan, banyak acara Algorave yang kemudian diselenggarakan di seluruh dunia.[3][4]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Algorave dapat mencakup berbagai jenis gaya dan genre musik, termasuk beberapa bentuk kompleks dari musik techno minimalis. Musik ini juga mencakup gerakan yang digambarkan sebagai titik pertemuan antara filosofi hacker, budaya geek, dan clubbing. Meskipun pengkodean langsung adalah hal yang biasa, musik algoritmik terkadang didefinsikan sebagai "sepenuhnya atau sebagian besar dicirikan oleh emisi berturut-turut kondisional berulang", yang juga mendefiniskan musik rave ("sepenuhnya atau sebagian besar ditandai dengan emisi suksesi ketukan berulang”). Meskipun musisi algorave sering diserupakan dengan DJ, musik ini sebenarnya adalah musik langsung atau improvisasi. Musik ini biasanya dibuat dengan menulis atau memodifikasi kode, alih-alih mencampur rekaman musik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dazed. "What on earth is livecoding?". Dazed. 
  2. ^ Cheshire, Tom (29 August 2013). "Hacking meets clubbing with the 'algorave'". Wired Magazine. Diakses tanggal 29 August 2013. 
  3. ^ Marvin, Rob (21 April 2014). "Algoraves: Dancing to live coding". SD Times. Diakses tanggal 24 April 2016. 
  4. ^ "Algorave: The live coding movement that makes next-level electronic music". Mixmag. Diakses tanggal 2017-04-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]