Air Terjun Maredred

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Air Terjun Maredred di Kampung Sakartemin Distrik Fakfak Timur, Kabupaten Fakfak Papua Barat Indonesia
Air Terjun Maredred di Kampung Sakartemin Distrik Fakfak Timur, Kabupaten Fakfak Papua Barat Indonesia

Air Terjun Maredred adalah salah satu air terjun di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat Indonesia yang secara administratif terletak di Kampung Sakartemin, Distrik Fakfak Timur, Kabupaten Fakfak. Air Terjun Maredred menyediakan pemandangan air terjun yang langsung jatuh dari dinding-dinding tebing yang mengapitnya serta terdapat pula aliran sungai.[1] Pemandangan yang akan ditemui di sekitar air terjun ini ialah hutan hujan tropis dengan mayoritas tanaman Pohon Pala Fakfak (Myristica fragrans).

Air Terjun Maredred memiliki ekosistem yang masih alami dengan hutan hujan tropis dan tanaman Pohon Pala Fakfak (Myristica fragrans) serta berbagai jenis burung diantaranya Burung Nuri, Burung Kaka Tua dan Burung Cenderawasih.

Air Terjun Maredred juga dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Fakfak dengan nama Air Terjun Sakartemin karena terletak di Kampung Sakartemin Distrik Fakfak Timur namun, nama yang digunakan secara resmi dan dijadikan nama objek wisata oleh pemerintah Kabupaten Fakfak yakni Air Terjun Sakartemin. Adapun masyarakat setempat membagi air terjun ini menjadi dua yaitu Air Terjun Sakartemin i dan Air Terjun Sakartemin ii.

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Waktu yang diperlukan untuk mencapai Air Terjun Maredred dari Ibu Kota Kabupaten Fakfak kurang lebih dapat ditempuh hingga empat puluh lima menit, sedangkan lama waktu tempuh menuju lokasi Air Terjun Maredred dari pusat Kampung Sakartemin sekitar dua jam perjalanan dengan menyusuri aliran sungai hingga menuju lokasi Air Terjun Maredred. Selama perjalanan pengunjung wisata akan menikmati pemandangan aliran sungai beserta dinding tebing batu yang mengapitnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chandrawinata, Nadine (24/03/2011). "Matahari Ceria Fakfak". detikcom. Diakses tanggal 11/07/2020.