Air Alps

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Air Alps
Airalpslogo.png
IATA ICAO Kode panggil
A6 LPV ALPAV
Didirikan 1998
Hub Bolzano
Hub sekunder Rome-Fiumcino
Kota fokus Salerno
Ukuran armada 5
Kota tujuan 7
Slogan perusahaan Discover the sky
Kantor pusat Bandar Udara Innsbruck
Innsbruck, Austria
Orang penting
Situs web Airalps.at

Air Alps(Air Alps Aviation) (IATA: A6, ICAO: LPV, dan Panggilan: Alpav)[1] merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Innsbruck, Austria. Maskapai regional independen ini melayani 10 kota di Italia dari Milan dan Roma, penerbangan internasional dari Milan, juga penerbangan charter. Alitalia bertukar kode dengan semua penerbangan Air Alps. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Innsbruck, dengan hub di Bandara Internasional Malpensa, Milan dan Bandara Internasional Leonardo da Vinci, Roma[2].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai penerbangan ini diresmikan pada tahun 1998 dan memulai operasinya pada 28 Maret 1999 dengan 2 pesawat Dornier 328, menambah tiga pesawat pada 2000 dan menambah satu pesawat setiap tahunnya. Maskapai ini didirikan oleh Air Engadina yang memegang 49% sahamnya, sedimentary 51% lainnya dimiliki oleh Dietmar Leitgeb, presiden dan CEO Air Engadina. Pada 2001, sebuah grup investor dari Tirol Selatan mendapat bagian saham yang terbesar. Pada Oktober 2005, sebuah perjanjian pertukaran kode antara Alitalia dan semua jaringan penerbangan Air Alps diresmikan. Saham maskapai ini dimiliki oleh konsorsium Alpen-Air (89.82%), Sudtiroler Transportstrukturen (7%), dan Beteiligungs-und Finanzierungs (3.18%)[2].

Destinasi[sunting | sunting sumber]

[rujukan?]

Air Alps mengoperasikan penerbangannya menuju beberapa destinasi berikut ini (Juli 2006; semua penerbangan merupakan hasil pertukaran kode dengan Alitalia):

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada Air Alps telah mencakup pesawat berikut ini (Mei 2007):

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Airline Codes retrieved 20 April 2007
  2. ^ a b "Directory: World Airlines". Flight International. 2007-03-27. hlm. 52.