Ahmet Ertegün

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ahmet Ertegün (31 Juli 192314 Desember 2006) adalah pendiri dan eksekutif Atlantic Records.

Ertegün juga mendirikan tim sepak bola New York Cosmos dari Liga Sepak bola Amerika Utara. Bersama kakaknya, Ertegün memainkan peranan penting dalam menghadirkan bintang-bintang sepak bola seperti Pelé, Carlos Alberto dan Franz Beckenbauer untuk bermain di klub ini. Mereka menjadikan Cosmos sebuah tim impian. Kecintaaan mereka akan sepak bola menyebabkan lahirnya klub Cosmos ini.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ahmet Ertegün dilahirkan di Istanbul, Turki, namun pada 1935 ia pindah bersama keluarganya ke Washington, D.C., Amerika Serikat, ketika ayahnya, Münir Ertegün, diangkat menjadi duta besar Turki untuk Amerika Serikat. Ahmet lulus dari St. John's College pada 1944.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Ahmet Ertegün bersama teman-temannya, Tom Dowd (produser), Herb Abramson dan lain-lainnya mendirikan Atlantic Records pada akhir 1940-an sebagai sebuah perusahaan rekaman independen. Dengan keikutsertaan Jerry Wexler, perusahaaan ini kemudian menjadi raja rekaman dalam musik jazz dan pop pada 1960-an. Sukses pertama mereka didapat dalam musik rhythm and blues (R&B), dengan pemusik-pemusik seperti Joe Turner, Ruth Brown, The Clovers, The Drifters, dan Ray Charles. Tentang Charles, Ahmet Ertegün pernah berkata, "Pertama kali saya bertemu Ray saya katakan kepadanya, 'Anda yang paling hebat, tahu.'"

Mereka menghadirkan gaya jazz (dan banyak seniman jazz) ke dalam musik R&B dan ikut serta dalam mengubah genre yang kurang mendapat perhatian ini menjadi salah satu gaya musik utama. Ahmet Ertegün mengarang sejumlah musik blues klasik, termasuk Chains of Love dan Sweet Sixteen, dengan nama samaran A. Nugetre (Ertegün ditulis terbalik).

Lagu-lagu ini mula-mula dibawakan oleh Big Joe Turner dan melanjutkan repertoir B.B. King. "Nugetre" juga menulis lagu top Ray Charles "Mess Around", dengan kata-kata yang banyak meminjam dari Pinetop Smith.

Nasuhi diyakinkan untuk bergabung dengan Atlantic pada 1955 dan menjadi wakil-presiden yang menangani jazz dan departemen piringan hitam.

Pada 1960-an, Ahmet mendengar contoh rekaman Led Zeppelin dan mengetahui bahwa mereka akan menjadi kelompok terkenal setelah mendengar beberapa lagu pertamanya. Dengan segera ia mengontrak mereka. Ia juga meyakinkan Crosby, Stills and Nash untuk mengizinkan Neil Young untuk bergabung dengan tur mereka, dan dengan demikian membentuk Crosby, Stills, Nash and Young. Ertegün menolong memperkenalkan Amerika kepada blue-eyed soul (soul bermata biru) ketika ia menemukan The Rascals di sebuah kelab malam di Westhampton pada 1965 dan mengontrak mereka dengan Atlantic. Mereka berhasil menduduki tempat ke-13 dari rekaman tunggal top 40 dalam empat tahun dan dimasukkan ke dalam Rock-n-Roll Hall of Fame pada 1997.

Kecelakaan dan kematian[sunting | sunting sumber]

Ahmet Ertegün terluka setelah terjatuh dalam sebuah pertunjukan Rolling Stones pada 29 Oktober 2006. Ertegun, 83 (tahun), tergelincir dan kepalanya terbentur di belakang panggung sementara band itu tampil dalam perayaan ulang tahun ke-60 bekas Presiden Bill Clinton di New York, hari Minggu 29 Oktober 2006.[1] Kondisinya sempat stabil, namun kemudian berubah menjadi parah, (seperti yang diumumkan oleh tokoh Led Zeppelin, Jimmy Page, ketika namanya dimasukkan ke dalam Daftar Tokoh Musik Terkemuka Britania Raya (UK Music Hall of Fame)[2] dan mengalami koma dan meninggal dunia pada 14 Desember 2006 dengan ditemani keluarganya di Rumah Sakit Presbiterian New York Presbyterian Hospital-Pusat Medis Weill Cornell.[3][4] Ia dimakamkan pada 18 Desember di taman sufi tekke, Özbekler Tekkesi di Sultantepe, Üsküdar, İstanbul di sebelah makam kakaknya Nasuhi Ertegün, ayahnya Münir Ertegün dan kakek buyutnya Şeyh İbrahim Edhem Efendi, yang pernah menjabat sebagai pemimpin tekke ini di negara kelahirnya Turki, dengan dihadiri ratusan pelayat Mika dan anggota-anggota keluarga Ertegun, tokoh-tokoh kehormatan Turki dan seniman termasuk seniman Atlantic Kid Rock ikut hadir.[1] Sebuah acara kenangan akan diadakan di New York pada hari Tahun Baru, demikian diumumkan seorang juru bicara Atlantic Records.

Budaya pop[sunting | sunting sumber]

Dalam Ray, film biografi Ray Charles, Ahmet Ertegün diperankan oleh Curtis Armstrong. Dalam Beyond the Sea, film biografi tentang Bobby Darin, Ahmet diperankan oleh Tayfun Bademsoy.

Ahmet Zappa diberi nama mengikuti nama Ertegün, yang berperanan penting dalam awal karier Frank Zappa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]