Agus Djamili

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Agus Djamili
Nama lahirAgus Djamili
Nama lainDatuk Rangkayo Batuah
JulukanAgus
Lahir(1923-08-21)21 Agustus 1923
Bukittinggi, Sumatera Barat
Meninggal24 Mei 2007
Jakarta, Jakarta Selatan
Taman Makam Pahlawan KalibataTaman Makam Pahlawan Kalibata
PengabdianIndonesia
Dinas/cabang TNI Angkatan Darat
Pangkat Brigadir Jenderal TNI
NRP11346
KesatuanKehakiman (CKH)
HubunganSudah Menikah
Anak9 Anak

Brigadir Jenderal TNI (Purn.) Agus Djamili, S.H. (lahir 21 Agustus 1923) merupakan seorang perwira tinggi angkatan darat dari Indonesia dan seorang Pejabat Tinggi Negara. [1]

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Agus Djamili lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada tanggal 21 Agustus 1923 dari pasangan Burhanudin Datuk Rangkayo Batuah dan istrinya Halimatussa'dyah. Pendidikan pertama yang ditempuh oleh Agus Djamili adalah Meer Uitgebreid Lager Onderwijs, hingga menempuh pendidikan terakhir di Perguruan Tinggi Hukum Militer Angkatan I.

Pada tahun 1947,Agus Djamili menikah dengan RD HJ. Tjutju Salamah Wiradibrata seorang gadis dari Cianjur anak dari pasangan RD Muhjidin Wiradibrata dan RD Supiah.

Pasangan Agus Djamili dan Tjutju Salamah dikaruniai 9 (Sembilan) Anak, yaitu Indrawati Z Djamili; indratjahya M Djamili, SH, Msi; Indraningsih Chaerani Djamili; Indra Kusuma H. Djamili, SH; Indralina L Djamili; Alm. Indra Sayidina B Djamili, SE; Dra. Indramurni Arliama Djamili; Indrasuci H. Djamili; dan Indrayani Sunandari Djamili, SE.

Tahun 2007, Agus Djamili sempat melakukan perawatan di RSPAD Jakarta dan wafat pada 24 Mei 2007. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Karier militer[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i Bachtiar, Harsya W. (1988). Siapa dia? Perwira Tinggi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD). Jakarta. hlm. 101. ISBN 9789794281000.