Agrowisata Banjarsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Agrowisata Banjarsari
JenisAgrowisata
LokasiBanjarsari, Bandar Kedungmulyo, Jombang, Jawa Timur[1]
Area10 Ha[2]
Dimiliki olehPemerintah Kabupaten Jombang
Dioperasikan olehPemerintah Desa Banjarsari
StatusDibuka sepanjang tahun

Agrowisata Banjarsari (disebut juga Banjarsari Agro Community) merupakan wisata pertanian dan perkebunan yang berada di Desa Banjarsari, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Agrowisata Banjarsari terdapat tanaman pangan seperti jagung, padi dan kedelai. Terdapat pula bermacam-macam sayuran, diantaranya ada bawang merah, terong, labu, pare, cabai dan kacang. Juga bisa dijumpai buah-buahan seperti semangka dan melon dengan border aneka macam bunga mengelilinginya.[2]

Selain berbagai macam tanaman, juga terdapat beberapa jenis hewan. Ada taman kelinci, kolam ikan, serta kera dan ular.

Destinasi wisata buatan ini juga dilengkapi dengan adanya kolam pancing, gubug untuk menikmati kuliner lokal yang menghadap ke kolam ikan, serta sirkuit.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mulanya lahan Agrowisata Banjarsari diproyeksikan sebagai lahan pembenihan pertanian yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sekaligus menjadi wisata edukasi pertanian.

Setelah diresmikan pada 4 Oktober 2017 lalu, kawasan yang diberi nama Banjarsari Agro Community (BAC) itu dikelola oleh pihak Pemerintahan Desa Banjarsari, sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Agrowisata Banjarsari berada di jalan utama Desa Banjarsari, tepatnya di belakang kantor Kecamatan Bandar Kedungmulyo.[2] Jika dari arah Surabaya menggunakan jalan Tol Mojokerto - Kertosono, maka pilih jalur exit tol Mojokerto - Kertosono menuju jalan Embong Miring. Letak Agrowisata Banjarsari 200 meter dari jalan tersebut.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Banjarsari Agro Community Jombang Destinasi Wisata Berbasis Pertanian". FaktualNews.co. 2018-03-07. Diakses tanggal 2020-02-11. 
  2. ^ a b c Syafií, Moh. (2019-01-28). "Pesona Taman Edukasi Pertanian, Destinasi Wisata Bumdes Banjarsari". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-02-11.