Agalychnis callidryas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Agalychnis callidryas
Red-eyed tree frog Costa Rica.JPG
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
Ordo: Anura
Famili: Hylidae
Genus: Agalychnis
Spesies: A. callidryas
Nama binomial
Agalychnis callidryas
(Cope, 1862)

Agalychnis callidryas atau "kodok hijau bermata merah" adalah spesies kodok yang berasal dari hutan hujan Neotropis di Amerika Tengah.

Seperti namanya, kodok ini memiliki mata berwarna merah dan tubuh yang berwarna hijau dengan garis-garis biru. Kakinya berwarna jingga atau merah. Kulit perut kodok ini lembut dan rapuh, sementara punggungnya tebal dan kasar.

Kodok ini memiliki tiga kelopak mata dan merupakan hewan arboreal, atau hewan yang menghabiskan sebagian besar waktunya di pohon. Mereka juga ahli dalam melompat.

Agalychnis callidryas tidak beracun dan menggunakan kamuflase untuk melindungi dirinya. Pada siang hari, mereka tidak bergerak, menutupi bagian birunya dengan kaki belakangnya, menyembunyikan bagian kaki yang terang di bawah perut, dan menutup mata mereka mereka. Maka, mereka tampak berwarna hijau dan tersembunyi di dedaunan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frank Solís, Roberto Ibáñez, Georgina Santos-Barrera, Karl-Heinz Jungfer, Juan Manuel Renjifo & Federico Bolaños (2008). "Agalychnis callidryas". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses October 7, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]